PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII
Keywords:
Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share, Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Pelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari pada tingkat pendidikan mulai dari jenjang Sekolah Dasar, sampai dengan perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif berupa Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Nasional Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Nasional Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Nasional Makassar, yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Pembelajaran Think Pair Share dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol sebesar 73,15 sedangkan pada kelas eksperimen hasil pemahaman konsep siswa sebesar 84,95. Uji Independent Sample t-tes menunjukan bahwa nilai tHitung = 8,930 > ttabe1 = 2,02439 dapat dilihat dari taraf signifikansinya apabila H0 = Sig ≥ 0,05 diterima atau H1 = Sig < 0,05 diterima diketahui nilai signifikansi 0,088. karena nilai Sig 0,088 < 0,05 dengan demikian H1 diterima, maka ada pengaruh signifikansi model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Nasaional Makassar.
Downloads
References
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789
Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 140–150. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.140-150
Fikri, K. A. I., Nurtini, S., Pribadi, I. W., & Yucery, H. S. (2025). Analisis Pemahaman Konsep Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Menggunakan Soal Hots Berdasarkan Teori APOS. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 13(2), 93–106. https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.21405
Fransiska, F., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 383–393. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393
Haratua, C. S., Lestari, A., Abdul, R. C., Haryanti, W. D., Suratno, S., & Ardiansyah, T. (2025). Peran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam Menghadapi Tantangan SDM di Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 218–224. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6635
Khaerunnisa, E., Aliyudin, A., Ruhiat, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2025). Model Pengembangan Disposisi Produktif Berbasis Pemahaman Konsep Dengan Mediator Kelancaran Procedural, Kompetensi Strategis, Penalaran Adaptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 324. https://doi.org/10.24127/ajpm.v14i1.11442
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 69. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7149
Masana, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 153–159. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45814
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Miatun, A., & Ulfah, S. (2023). The Limited Face-To-Face Learning Implementation: Gender and Math Anxiety Towards Mathematical Conceptual Understanding. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 895–908. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1200
Permana Sutisna, A., Subarjah, H., & Studi PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang Jl Mayor Abdurachman No, P. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan RME (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2929
Rahma, S., Andi Mattoliang, L., & Sriyanti, A. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 13(2), 117–127. https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.22047
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 99. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185
Sari, A. S. P., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251–3265.
Sofnidar, S., Putri, R. I. R., & Ramalisa, Y. (2024). Pengaruh Realistic Mathematics Education Immediate Positive Feedback Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4), 1382. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9601
Syukriani, A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). Investigating adaptive reasoning and strategic competence: Difference male and female. AIP Conference Proceedings, 1867. https://doi.org/10.1063/1.4994436
Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, St. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.