PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII

Authors

  • Yovita Jenung Universitas Patompo
  • Andi Syukriani Universitas Negeri Makassar
  • Agusalim Juhari Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Pelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari pada tingkat pendidikan mulai dari jenjang Sekolah Dasar, sampai dengan perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif berupa Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Nasional Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Nasional Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Nasional Makassar, yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Pembelajaran Think Pair Share dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol sebesar 73,15 sedangkan pada kelas eksperimen hasil pemahaman konsep siswa sebesar 84,95. Uji Independent Sample t-tes menunjukan bahwa nilai tHitung = 8,930 > ttabe1 = 2,02439 dapat dilihat dari taraf signifikansinya apabila H0 = Sig ≥ 0,05 diterima atau H1 = Sig < 0,05 diterima diketahui nilai signifikansi 0,088. karena nilai Sig 0,088 < 0,05 dengan demikian H1 diterima, maka ada pengaruh signifikansi model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Nasaional Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, N. F., & Juhari, A. (2024). Analisis Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Geometri. Issues in Mathematics Education (IMED), 8(2). https://doi.org/10.35580/imed.v8i2.5372
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789
Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 140–150. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.140-150
Fikri, K. A. I., Nurtini, S., Pribadi, I. W., & Yucery, H. S. (2025). Analisis Pemahaman Konsep Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Menggunakan Soal Hots Berdasarkan Teori APOS. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 13(2), 93–106. https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.21405
Fransiska, F., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 383–393. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393
Haratua, C. S., Lestari, A., Abdul, R. C., Haryanti, W. D., Suratno, S., & Ardiansyah, T. (2025). Peran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam Menghadapi Tantangan SDM di Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 218–224. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6635
Khaerunnisa, E., Aliyudin, A., Ruhiat, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2025). Model Pengembangan Disposisi Produktif Berbasis Pemahaman Konsep Dengan Mediator Kelancaran Procedural, Kompetensi Strategis, Penalaran Adaptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 324. https://doi.org/10.24127/ajpm.v14i1.11442
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 69. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7149
Masana, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 153–159. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45814
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Miatun, A., & Ulfah, S. (2023). The Limited Face-To-Face Learning Implementation: Gender and Math Anxiety Towards Mathematical Conceptual Understanding. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 895–908. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1200
Permana Sutisna, A., Subarjah, H., & Studi PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang Jl Mayor Abdurachman No, P. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan RME (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2929
Rahma, S., Andi Mattoliang, L., & Sriyanti, A. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 13(2), 117–127. https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.22047
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 99. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185
Sari, A. S. P., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3251–3265.
Sofnidar, S., Putri, R. I. R., & Ramalisa, Y. (2024). Pengaruh Realistic Mathematics Education Immediate Positive Feedback Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4), 1382. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9601
Syukriani, A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). Investigating adaptive reasoning and strategic competence: Difference male and female. AIP Conference Proceedings, 1867. https://doi.org/10.1063/1.4994436
Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, St. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Jenung, Y. ., Syukriani, A. ., & Juhari, A. . (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 725–739. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/6193