KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4964

Authors

  • Andi Syukriani Universitas Negeri Makassar
  • Agusalim Juhari Universitas Negeri Makassar
  • Irene Noni Beoang Universitas Patompo

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Matematika, Program Linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kemampuan matematika pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Calon subjek berasal dari salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta tingkat XI di pinggiran kota Makassar. Subjek dipilih yang komunikatif dan berdasarkan kemampuan matematikanya dengan  mengacu pada rentang nilai KKM di sekolah tersebut. peneliti sebagai instrumen utama menggunakan instrumen pendukung berupa pedoman wawancara yang  divalidasi oleh dua validator. Teknik analisis meliputi mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan (verifikasi). Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi waktu dan kelengkapan referensi. Hasil penelitian adalah subjek berkemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan komunikasi terkait konsep dan fakta yang benar tetapi tidak sistematis, memberikan contoh benar, menjelaskan ide matematika terkait prosedur yang benar tetapi tidak detail. Subjek berkemampuan sedang memiliki kemampuan komunikasi terkait konsep dan fakta yang tidak tepat karena menggunakan kalimat prosedur penyelesaian soal, tidak memberikan contoh yang tepat tetapi menggunakan ciri umum dan kalimat instruksi penyelesaian soal sebagai contoh, menjelaskan ide matematika terkait prosedur penyelesaian soal dengan tidak benar karena lebih menggunakan kalimat strategi penyelesaian soal. Subjek berkemampuan rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis  atas konsep dan fakta yang sangat minim dan penuh keragu-raguan serta menggunakan sedikit ciri umum prosedur penyelesaian soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajai, J. T., & Imoko, B. I. (2015). Gender Differences in Mathematics Achievement and Retention Score: A Caseof Problem-Based Learning Method. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(1), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.21890/ijres.76785
Amir, N. F., & Juhari, A. (2024). Analisis Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Geometri. https://doi.org/10.35580/imed.v8i2.5372
Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463–474. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.629
Lisnani, & Pranoto, Y. H. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Cerita Si Unyil Berbasis ICT. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.605
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
Nctm, T., Pssm, T., Nctm, T., Nctm, T., Nctm, T., Standards, T. A., & Council, N. (2000). Number and Operations Standard : Measurement Standard : • Understand measurable attributes of objects and the units , systems , and Geometry Standard : Algebra Standard : Data Analysis and Probability : • Formulate questions that can be addressed with dat.
Saputra, J., Amalia, R. N., & Fisher, D. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN QUIZIZZ. 9(1), 72–85. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.8859
Syukriani, A. (2023). Strategic Competencies of Prospective Teacher Students Based on Cognitive Style and Gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.30595/alphamath.v9i1.17202
Syukriani, A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). Investigating adaptive reasoning and strategic competence: Difference male and female. 020033. https://doi.org/10.1063/1.4994436

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Syukriani, A. ., Juhari, A. ., & Beoang, I. N. . (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 363–374. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4964