ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4987

Authors

  • Hamzah Upu Universitas Negeri Makassar
  • Nurwati Djaman Universitas Negeri Makassar
  • Agusalim Juhari Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Yusran Basri Universitas Negeri Makassar
  • Ratnasari Dewi Universitas Negeri Makassar

Keywords:

kemampuan awal, pemecahan masalah, Pythagoras

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas IX UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar yang berjumlah 363 peserta didik. Metode pengambilan subjek penelitian dengan memberikan tes kemampuan awal berupa soal-soal yang berkaitan dengan teorema Pythagoras berupa soal essay agar terpilih subjek yang mempunyai kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah masing-masing 1 orang perkategori. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa soal tes kemampuan awal, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) subjek berkemampuan awal tinggi pertama mampu menyelesaikan masalah konteks tipe aplikasi maupun analaisis dan masalah konten tipe aplikasi, sedangkan subjek berkemampuan tinggi kedua tidak mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis, (ii) subjek berkemampuan awal sedang mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis dan masalah konten tipe analisis, tapi tidak mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis , (iii) subjek berkemampuan awal rendah tidak mampu menyelesaikan semua masalah yang diberikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Membangun Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 256–262.
Kadir, K. (2017). Penggunaan Konteks Dan Pengetahuan Awal Matematika Dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52–66.
Prasetyo, N. H., & Ramlah, R. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Soal TIMSS Ditinjau Dari Kemampuan Awal. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1147-1156
Rosalinda, M., Purba, S, C,. & Manalu, R, U. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Statistika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Brillo Journal, 1(2), 49-59.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Upu, H. ., Djaman, N. ., Juhari, A. ., Basri, M. Y. ., & Dewi, R. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 406–415. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4987