ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4987
Keywords:
kemampuan awal, pemecahan masalah, PythagorasAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas IX UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar yang berjumlah 363 peserta didik. Metode pengambilan subjek penelitian dengan memberikan tes kemampuan awal berupa soal-soal yang berkaitan dengan teorema Pythagoras berupa soal essay agar terpilih subjek yang mempunyai kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah masing-masing 1 orang perkategori. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa soal tes kemampuan awal, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) subjek berkemampuan awal tinggi pertama mampu menyelesaikan masalah konteks tipe aplikasi maupun analaisis dan masalah konten tipe aplikasi, sedangkan subjek berkemampuan tinggi kedua tidak mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis, (ii) subjek berkemampuan awal sedang mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis dan masalah konten tipe analisis, tapi tidak mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis , (iii) subjek berkemampuan awal rendah tidak mampu menyelesaikan semua masalah yang diberikan
Downloads
References
Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal untuk Membangun Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 256–262.
Kadir, K. (2017). Penggunaan Konteks Dan Pengetahuan Awal Matematika Dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52–66.
Prasetyo, N. H., & Ramlah, R. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Soal TIMSS Ditinjau Dari Kemampuan Awal. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1147-1156
Rosalinda, M., Purba, S, C,. & Manalu, R, U. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Statistika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Brillo Journal, 1(2), 49-59.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.