MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR ACTIVE LEARNING ALJABAR LINEAR LANJUT

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5755

Authors

  • Nasrullah Universitas Negeri Makassar
  • Khadijah Khadijah Universitas Negeri Makassar
  • Ahyani Mirah Liani Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Lingkungan Belajar, Active Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi bagaimana hasil penerapan instruksi dan aktivitas-aktivitas pembelajaran melalui Active Learning yang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis bagi mahasiswa calon guru dalam mata kuliah Aljabar Linear Lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Neger Makassar. Sebanyak 32 mahasiswa terlibat dalam lingkungan belajar Active Learning. Teknik pengumpulan data dengan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis, Observasi Aktivitas Pembelajaran, dan Portofolio. Teknik analisis data dengan tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, pemeriksaan keabsahan data (triangulasi dan generalisasi hasil penelitian) dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui Active Learning  meliputi aspek mendemonstrasikan berpikir tingkat tinggi dengan menafsirkan arti apa yang ditulisnya (interpretasi), menganalisis, mengidentifikasi dan mengevaluasi inferensi, implikasi, dan konsekuensi, mengevaluasi, mngidentifikasi dan mempertimbangkan pengaruh dari masalah kontekstual, dan Regulasi-Diri/ Kemandirian. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan meliputi aktivitas individu dan beberapa aktivitas kelompok dengan menuliskan jawaban secara manual (tulis tangan) di kertas jawaban, aktivitas dengan melibatkan spreadsheet, aktivitas dengan Geogebra, dan aktivitas praktek dengan Geogebra. Semakin kompleks dan bertahapnya aktivitas pembelajaran yang diberikan dalam lingkungan belajar Active Learning, maka semakin berkembang keterampilan berpikir kritisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbott, J. I., & Palatnik, B. R. (2018). Students’ perceptions of their first accounting class: implications for instructors. Accounting Education, 27(1), 72–93. https://doi.org/10.1080/09639284.2017.1381032
Butler, M. G., Church, K. S., & Spencer, A. W. (2019). Do, reflect, think, apply: Experiential education in accounting. Journal of Accounting Education, 48, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2019.05.001
Cloete, M. (2018). The impact of an integrated assessment on the critical thinking skills of first-year university students. Accounting Education, 27(5), 479–494. https://doi.org/10.1080/09639284.2018.1501717
Daff, L., Tame, C., & Sands, J. (2024). A course design approach that encourages reflective practice habits. The International Journal of Management Education, 22(2), 100990. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.100990
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396
Goosen, R., & Steenkamp, G. (2023). Activating accounting students’ decision-making skills through a reflective self-assessment workshop on learning styles. The International Journal of Management Education, 21(3), 100858. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100858
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37. https://www.kompasiana.com/aufazakian0630/62a1bd252098ab6c3265f015/kesiapan-guru-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka-belajar
Nasrullah; Khadijah; Liani, A. M., & Sabir, N. F. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika di Kabupaten Jeneponto melalui Pembuatan LKPD Berbasis GeoGebra. 3, 232–238.
Nasrullah;, & Layn, M. R. (2024). MASALAH PECAHAN MELALUI GAYA KOGNITIF SISWA Pendidikan Matematika , Universitas Negeri Makassar , Makassar , Indonesia Pendidikan Matematika , Universitas Muhammadiyah Sorong , Indonesia Abstrak Abstrak PENDAHULUAN Kemampuan berpikir kritis adalah suatu k. 2(2), 90–100.
Nasrullah. (2023). Connecting Teacher ’ S Activity and Students ’ Achievement Toward Numeracy Competency in Learning Mathematics. Pedagogy, 8(1), 196–211.
Nasrullah, Khadijah, & Liani, A. M. (2024). PKM Pembuatan LKPD Berbasis Geogebra untuk Guru. September, 720–726.
Nurhidayati, S. R., Kholis, N., Sumbawati, M. S., & Zuhrie, M. S. (2024). ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL MATA DIKLAT DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA KELAS X DI SMK NEGERI 7 KOTA BEKASI Santi Rosyidah Nurhidayati Meini Sondang Sumbawati Nur Kholis Muhamad Syariffuddien Zuhrie Abstrak PENDAHULUAN Pandemi covi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(03), 189–199.
Papageorgiou, E. (2023). The inclusion of critical thinking in an accounting curriculum: Students’ perceptions. Journal of Education, 91, 132–154. https://doi.org/10.17159/2520-9868/i91a08
Rossouw, M., & Steenkamp, G. (2025). Developing the critical thinking skills of first year accounting students with an active learning intervention. International Journal of Management Education, 23(1). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2024.101086
Sapitri, S., & Hartono, H. (2015). Keefektifan Cooperative Learning Stad Dan Gi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 273. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7346
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Sutamrin, S., Rahman, A., Rusli, R., Ahmar, A. S., & Khadijah, K. (2022). Optimization of Digital-Based Library Services in MAN 1 Bulukumba. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 454–463. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1336
Turner, M., & Tyler, M. (2023). Demonstrating critical thinking in accounting: applying a competency framework. Accounting Education, 32(6), 713–734. https://doi.org/10.1080/09639284.2022.2105653
Turner, P. D. (1997). Document resume c?515 -. Paper, 1, 12. https://eric.ed.gov/?id=ED417056

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Nasrullah, N., Khadijah, K., & Liani, A. M. . (2025). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR ACTIVE LEARNING ALJABAR LINEAR LANJUT. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 211–226. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5755