PERAN PENILAIAN YANG EFEKTIF DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN GURU DI KELAS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5904

Authors

  • Ahyani Mirah Liani Universitas Negeri Makassar
  • Asmaun Universitas Negeri Makassar
  • Asmaul Husnah Nasrullah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Kata Kunci: Penilaian, Pengambilan Keputusan, Pembelajaran, Efektif.

Abstract

Penilaian dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Dengan penilaian yang tepat, siswa dapat menerima umpan balik yang bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajarnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penilaian yang efektif dapat berperan dalam pengambilan keputusan oleh guru didalam kelas untuk keberlanjutan proses pembelajaran. Penelitian ini mengungkapkan bahwa evaluasi yang dilakukan secara efektif dalam pengambilan keputusan oleh guru menjadi lebih informatif serta menjadi pengukur dalam menilai efektivitas metode pengajaran dan melakukan penyesuaian kembali. Hasil dari penilaian yang efektif akan menjadi dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih besar oleh guru didalam kelas bahkan dalam konteks pendidikan, seperti pemilihan program remedial, penempatan siswa, atau pengembangan kurikulum. Penilaian yang efektif dalam pengambilan keputusan oleh guru akan menekankan pentingnya melihat pendidikan sebagai suatu proses dinamis yang melibatkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan siswa dan efektivitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
Djuanda, Isep, Sri Andriyani.(2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Evaluasi Formatif dan Gaya Kognitif pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Education and Development, 10(2), 643-647.
Fatimah, S. (2020). Urgensi Kompetensi Penilaian Dan Pengambilan Keputusan Bagi Guru. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 189-198.
Gistituati, N. (2023). Penilaian Kinerja Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 04 Sikabu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6402-6411.
Hadiana, D. (2015). Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15-26.
Handayani, Fitri. (2022) . Penilaian dan Jenis Tes yang Dibuat oleh Guru di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 726-737.
Hidayat, T. H. (2015). Penilaian yang Efektif Bidang Studi Matematika ditinjau dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 1172–1180.
Kemendikbud, P. P. P., & Abduh, M. (2019). Model penilaian formatif pada pembelajaran abad ke-21 untuk sekolah dasar.
Kuraesin, E. (2020). Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 167-174.
Magdalena, I., Afianti, N. A., & Yanti, A. A. (2020). Penilaian Hasil Belajar Siswa Dengan Kurikulum 2013 di SD Islam Asysyakirin. PANDAWA,2(3), 466-476.
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67-73.
Suyitno, S. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu,6(1), 58-65.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Liani, A. M., Asmaun, A., & Nasrullah, A. H. (2025). PERAN PENILAIAN YANG EFEKTIF DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN GURU DI KELAS . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 393–409. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5904