PERAN PENILAIAN YANG EFEKTIF DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN GURU DI KELAS
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5904
Keywords:
Kata Kunci: Penilaian, Pengambilan Keputusan, Pembelajaran, Efektif.Abstract
Penilaian dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Dengan penilaian yang tepat, siswa dapat menerima umpan balik yang bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajarnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penilaian yang efektif dapat berperan dalam pengambilan keputusan oleh guru didalam kelas untuk keberlanjutan proses pembelajaran. Penelitian ini mengungkapkan bahwa evaluasi yang dilakukan secara efektif dalam pengambilan keputusan oleh guru menjadi lebih informatif serta menjadi pengukur dalam menilai efektivitas metode pengajaran dan melakukan penyesuaian kembali. Hasil dari penilaian yang efektif akan menjadi dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih besar oleh guru didalam kelas bahkan dalam konteks pendidikan, seperti pemilihan program remedial, penempatan siswa, atau pengembangan kurikulum. Penilaian yang efektif dalam pengambilan keputusan oleh guru akan menekankan pentingnya melihat pendidikan sebagai suatu proses dinamis yang melibatkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan siswa dan efektivitas pembelajaran.
Downloads
References
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
Djuanda, Isep, Sri Andriyani.(2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Evaluasi Formatif dan Gaya Kognitif pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Education and Development, 10(2), 643-647.
Fatimah, S. (2020). Urgensi Kompetensi Penilaian Dan Pengambilan Keputusan Bagi Guru. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 189-198.
Gistituati, N. (2023). Penilaian Kinerja Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 04 Sikabu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6402-6411.
Hadiana, D. (2015). Penilaian hasil belajar untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(1), 15-26.
Handayani, Fitri. (2022) . Penilaian dan Jenis Tes yang Dibuat oleh Guru di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 726-737.
Hidayat, T. H. (2015). Penilaian yang Efektif Bidang Studi Matematika ditinjau dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 1172–1180.
Kemendikbud, P. P. P., & Abduh, M. (2019). Model penilaian formatif pada pembelajaran abad ke-21 untuk sekolah dasar.
Kuraesin, E. (2020). Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 167-174.
Magdalena, I., Afianti, N. A., & Yanti, A. A. (2020). Penilaian Hasil Belajar Siswa Dengan Kurikulum 2013 di SD Islam Asysyakirin. PANDAWA,2(3), 466-476.
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67-73.
Suyitno, S. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu,6(1), 58-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.