EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4965

Authors

  • Ilham Minggi Universitas Negeri Makassar
  • Khadijah Khadijah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Multimedia Pembelajaran Matematika, Teorema Pythagoras, Efektivitas Multimedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran matematika pada materi Teorema Pythagoras. Sebelum uji efektivitas, multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan mengalami revisi berulang kali sehingga didapatkan hasil yang valid untuk digunakan. Penelitian dilaksanakan di SMPN 6 Makassar, dan subjek penelitiannya adalah Siswa kelas VIII. Data dianalisis secara kuantitatif dan diarahkan untuk menjelaskan keefektifan multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan. Keefektifan multimedia pembelajaran dapat dilihat dari kategori hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan bersifat efektif, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 78,03 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,21. Diperoleh 85,29% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (2) dengan menggunakan multimedia pembelajaran matematika, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap multimedia pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok dalam pembelajaran berbasis multimedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. In Journal on Mathematics Education (Vol. 9, Issue 2, pp. 227–238). https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238
Apsari, Y., Mulyani, E. R., & Lisdawati, I. (2019). Students’ Attitudes Toward Implementation of Project Based Learning. Journal Of Educational Experts (JEE), 2(2), 123. https://doi.org/10.30740/jee.v2i2p123-128
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927
Copriady, J. (2014). Self - Motivation as a mediator for teachers’ readiness in applying ICT in teaching and learning. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(4), 115–123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.529
Endang Rahmijati. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Melalui Penggunaan Multimedia. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 161–176. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.129
Hertina, Y. D. W. N. S. D. R. (2018). Perancang Aplikasi Pengenalan Listrik Kerakyatan Berbasis Multimedia. Petir, 11(1), 60–66. https://doi.org/10.33322/petir.v11i1.11
Hillmayr, D., Ziernwald, L., Reinhold, F., Hofer, S. I., & Reiss, K. M. (2020). The potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. Computers and Education, 153(September 2018), 103897. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103897
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37. https://www.kompasiana.com/aufazakian0630/62a1bd252098ab6c3265f015/kesiapan-guru-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka-belajar
Jayusman, J. (2019). Pelatihan dan Pendampingan untuk Pembuatan dan Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah pada Mgmp Sejarah Kabupaten Rembang. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 141–146. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29723
Khadijah, K. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mengoptimalkan Pembelajaran dengan Alat Peraga Teorema Pythagoras. Equals, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.581
Kucirkova, N., Evertsen-Stanghelle, C., Studsrød, I., Jensen, I. B., & Størksen, I. (2020). Lessons for child–computer interaction studies following the research challenges during the Covid-19 pandemic. International Journal of Child-Computer Interaction, 26, 100203. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2020.100203
Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Students’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101
Nurliza, D. M., & Rosyidi, A. haris. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Desimal Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa SMP Kelas VII. MATHEdunesa, 2(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/3877/6423
Patricia Aguilera-Hermida, A. (2020). College students’ use and acceptance of emergency online learning due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 1(July), 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011
Sutamrin, S., Rahman, A., Rusli, R., Ahmar, A. S., & Khadijah, K. (2022). Optimization of Digital-Based Library Services in MAN 1 Bulukumba. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 454–463. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1336

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Minggi, I., & Khadijah, K. (2024). EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 375–383. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4965