ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGITIGA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3991

Authors

  • Variska Eka Variska Pendidikan
  • Fatqurhohman Fatqurhohman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Christine Wulandari Suryaningrum Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kemampuan Spasial, Gaya Belajar, Luas dan Keliling Segitiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan masalah segitiga ditinjau dari gaya belajar visual siswa SMP. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang memiliki gaya belajar visual berdasarkan tes tulis yang telah dikerjakan dari kelas tersebut diambil siswa kategori kemampuan tinggi dan sedang. Teknik-pengumpulan_data menggunakan-tes-tertulis-dan-wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat subjek yang memiliki-kemampuan-kategori-tinggi-dan-kemampuan kategori-sedang. Subjek 1 dapat memenuhi 3 tahapan yang ada pada kemampuan spasial yaitu Visualisasi Spasial, Orientasi Spasial, dan Relasi Spasial. Sedangkan subjek 2 belum mampu memenuhi tahap ketiga tersebut. Sehingga berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa kemampuan spasial siswa sangat berpengaruh terhadap hasil pengerjaan siswa pada saat menghadapi permasalahan. Guru diharapkan dalam proses pembelajaran lebih sering memberikan soal pemecahan masalah siswa, dan setiap siswa memiliki kemampuan spasial yang berbeda dalam menyelesaikan suatu masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, R. D., Mulyanti, Y., & Nurcahyono, N. A. 2020. “Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pythagoras.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 6 (1): 149–56.
Damanik, R. N., & Nasution, H. 2024. “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tps Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 9 (1): 243–57.
Fitri. N. 2017. “Kemampuan Spasial Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Universitas Islam Negeri ArRaniry Darussalam-Banda Aceh, 12–16.
Fajri, H. N., Johar, R., & Ikhsan, M. (2016). Peningkatan kemampuan spasial dan self-efficacy siswa melalui model discovery learning berbasis multimedia. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 180-196.
Husnaini, M, Pasandaran, R. F, Karmila, & Sukmawati. 2024. “Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp/Mts Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 9 (1): 303–18.
Mahfuddin, M., & Caswita, C. 2021. “Analisis Kemampuan Masalah Pada Soal Berbasis High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Spasial.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10 (3): 1696–1708.
Ningsih, I. 2020. “Kemampuan Spasial Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Prosiding Sesiomadika 2 (1c).
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. 2016. “Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.” Jurnal Psikologi Undip 15 (1): 56–63.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 7 (2): 163–177.
Siagan, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. 2019. “Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability.” International Electronic Journal of Mathematic 14 (2).
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya.” Jurnal Tadris Matematika 1 (2): 137-144.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Variska, V. E., Fatqurhohman, F., & Suryaningrum, C. W. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGITIGA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 128–137. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3991