ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA MENURUT TEORI BRUNER DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4107

Authors

  • Erlina Dwi Yanti Erlina Universitas Muhammadiyah Jember
  • Christine Wulandari Suryaningrum Universitas Muhammadiyah Jember
  • Lady Agustina Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Perbedaan Gender, Segitiga.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahman siswa dalam menyelesikan pada materi segitiga ditinjau dari perbedaan gener siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang memiliki kemampuan pemahaman konsep berdasarkan LKPD yang telah dikerjakan dari kelas tersebut diambil siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari gender. Teknik pengumpulan data menggunakan LKPD dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat subjek yang memiliki kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari gender. Subjek 1 memenuhi 7 indikator kemampuan pemahaman konsep dengan baik, sedangkan subjek 2, subjek 3, dan subjek 4 terdapat dua indikator yang masih belum terpenuhi. Sehingga berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa sangat berpengaruh terhadap hasil penyelesaian siswa pada saat dihadapkan dengan suatu permasalahan. Guru diharapkan dalam proses pembelajaran lebih sering memberikan latihan soal terkait dengan materi yang sedang diberikan, dan setiap siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematik siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1143-1154.
Hakim, I. D., & Ramlah, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1015-1026.
Hikmah, R. (2017). Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 271-280.
Jati, H. S., Amalia, H., Putri, A. A., Faradillah, A., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 1-8.
Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA berdasarkan gender. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347-354.
Prakoso, F., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2021, August). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan newman pada materi persamaan linear satu variabel ditinjau dari gender. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 6, pp. 84-87).
Rohimah, I. (2013). Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soalbidang Datar (Studi Kasus KelasVII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan) (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150-163.
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321-331.
Wiradintara, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach). Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 2(1), 47-51.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Erlina, E. D. Y., Suryaningrum, C. W. ., & Agustina, L. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA MENURUT TEORI BRUNER DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 193–206. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4107