Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Osing Banyuwangi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5543

Authors

  • Siti Ummaidah Aidah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fatqurhohman Fatqurhohman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Chusnul Khotimah Galatea Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kata Kunci: LKPD, Etnomatematika, Berpikir Kreatif

Abstract

Permasalahan yang terjadi ialah bahan ajar yang digunakan kurang menarik untuk peserta didik dikarenakan gambar dan tulisan berwarna hitam putih. Guru masih mengandalkan bahan ajar dari buku paket peserta didik, serta pendekatan pembelajaran yang kurang bervariatif membuat peserta didik kurang diberi ruang untuk berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peserta didik membutuhkan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual yang memuat aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik secara langsung dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Osing Banyuwangi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan LKPD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian kelas IX berjumlah 6 peserta didik untuk uji coba skala kecil dan 28 peserta didik untuk uji skala luas SMPN 1 Srono. Adapun rata-rata skor kevalidan dari tiga ahli mendapat skor penilaian 97,78% dikatakan (Sangat Layak), sedangkan data kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dengan skor penilaian 81,07 % dikatakan (Layak). Dengan demikian, LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Osing Banyuwangi telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas IX untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: Power Math Edu, 1(1), 103–112.
Ginantara, A., & Aguss, R. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Permainan Bola Besar Sebagai Sumber Belajar Di Sma Negeri 1 Trimurjo. Journal Of Physical Education, 3(2), 26–33.
Hidayat, R. (2019). Peran penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218.

Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open–Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 9-16.
Ivana, M., Saryantono, B., & Rahmawati, F. (2021). Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika dengan motif tapis lampung untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 bandar lampung. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1-20.

Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 38–43.
Lilis Oktavia , Fatqurhohman, Nurul Imamah AH., L. A. (2024). Pengembangan lkpd berbasis rme dengan pendekatan etnomatematika pada materi garis dan sudut. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 97–106.
Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4 (1), 27–41.
Milala, H. F., Endryansyah, E., Joko, J., & Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran menggunakan adobe flash player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 195-202.

Nadila Shabira, E. A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Euclid, 10(1), 147–165.
Nur, R., Rochmad, & Kharis, M. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Problem Based Learning Bertema. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 185–189.
Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh metode mind mapping terhadap strategi thinking aloud pair problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Journal on Education, 1(2), 271-278.
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025-4035.
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.
Triyani, R., Pamungkas, A. S., & Santosa, C. A. H. F. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 34–52.
Wuri Astiwi, D. H. S. (2024). Pengembangan e-LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi dengan Model PAKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(03), 118–132.

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Aidah, S. U., Fatqurhohman, F., & Galatea, C. K. . (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Osing Banyuwangi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 93–107. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5543