Kesulitan Matematika pada Materi Segitiga Perspektif Kepribadian Tipe Koleris

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4094

Authors

  • Merlin Cristianda Ayu Lestari Merlin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fatqurhohman Fatqurhohman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Chusnul Khotimah Galatea Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kesulitan Siswa, Tipe Kepribadian, Kesulitan Konseptual, Kesulitan Prosedural, Kesulitan Teknik.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesulitan siswa dari kelas VIIA dan VII B ditinjau dari tipe kepribadian koleris di SMPN 2 Tempurejo, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data melalui tes tertulis dan wawancara semi terstruktur. Peneliti menggunakan subjek pada siswa kelas VII A dan VII B yang memiliki tipe kepribadian koleris berlokasi di SMPN 2 Tempurejo. Data subjek diperoleh 3 jenis kesulitan siswa meliputi, kesulitan konseptual, kesulitan prosedural, dan kesulitan teknik. Kesulitan konseptual meliputi, tidak menuliskan dan salah dalam menuliskan rumus serta simbol. Kesulitan prosedural meliputi, tidak menuliskan diketahui, ditanyakan, maupun kesimpulan, salah menuliskan informasi diketahui pada soal, ketidakjelasan menuliskan informasi ditanyakan, salah menuliskan langkah-langkah penyelesaian pada soal, tidak menuliskan langkah penyelesaian sama sekali. Kesulitan teknik meliputi, tidak menuliskan satuan pada angka yang memiliki satuan atau pada jawaban, tidak menuliskan satuan salah dalam menuliskan satuan pada jawaban, salah dalam menuliskan satuan pada jawaban akhir, dan salah dalam melakukan operasi hitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibulasyhar, M. (2019). Karakteristik Kepribadian Manusia. 6–21.
Agustina, R., Sujadi, I., & Pangadi. (2013). Proses Berpikir Siswa Sma Dalam Penyelesaian Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4), 370–379.
Awaliyah, I. K., Shodiq, L. J., Savvy, P., & Faizati, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP KELAS VIII Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Tipologi Hipocrates- Galenus. Jurnal Gammath, 6(2), 139–154.
Fatqurhohman, F. (2021). Characteristics of Students In Resolving Word Problems Based on Gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.42
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP. Journal On Education, 1(1), 58–65.
Pamungkas, D. Y., & Siswanto, R. D. (2021). Identifikasi Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2324–2343. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.789
Septiani, N. W. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1–14.
Sholikha, A. M., & Arif, M. (2021). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Relasi Logik Dan Fungsi Gerbang Logika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates Galenus. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 8(1), 73–80. https://doi.org/10.21107/edutic.v8i1.12044
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Sulistyoningrum, E., Kartinah, K., & Sudargo, S. (2021). Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 322–329. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7684

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Merlin, M. C. A. L., Fatqurhohman, F., & Galatea, C. K. . (2024). Kesulitan Matematika pada Materi Segitiga Perspektif Kepribadian Tipe Koleris. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 224–232. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4094