PENGARUH MATHEMATICALS BELIEF DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 3 PALOPO

Keywords: Mathematical Belief, Self Regulated Learning, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mathematical belief  membuat siswa mengeluh dan mengalami kesulitan saat belajar matematika. Akibatnya, kepercayaan matematika siswa dapat mempengaruhi kinerja mereka dalam pembelajaran matematika sehingga siswa membutuhkan pengetahuan siswa tentang strategi belajar yang efektif dan bagaimana serta kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya yang disebut dengan Self Regulated Learning. Selain itu banyaknya penemuan ahli sebelumnya yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara komponen metakognitif dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu berdasarkan temuan maupun asumsi logis peneliti sebelumnya maka peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dengan melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Mathematical belief  dan Self Regulated Leraning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN 3 Palopo”. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yaitu penelitian yang mencari hubungan sebab akibat dari beberapa variabel yang diteliti. Desain penelitian expost facto yang digunakan adalah Desain Kuantitatif Asosiatif. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan cara membuat undian dari seluruh populasi yang telah ditentukan yaitu kelas X (sepuluh) yang terdiri dari 11 kelas untuk menentukan 3 kelas yang menjadi sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, teknik tes, teknik nontes (kuesioner). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Regresi Berganda  untuk mengetahui pengaruh Mathematical belief  dan Self Regulated Leraning terhadap Hasil Belajar Matematika. Hasil penilitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Mathematical belief  dan Self Regulated Leraning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN 3 Palopo. Dimana data hasil analisis uji-F, memperlihatkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,0001 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi α) dan nilai F hitung yang diperoleh adalah 16,885 lebih besar dari nilai F tabel yaitu 2,35  yang memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh mathematicalbelief dan self regulated learning siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran matematika di SMAN 3 Palopo. Nilai koefisien determinasi adalah 0,264  yang menunjukkan bahwa pengaruh mathematical belief dan self regulated learning siswa secara simultan terhadap hasil belajar kelas X pada mata pelajaran matematika adalah sebesar 26,6% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain Nilai koefisien determinasi adalah 0,264  yang menunjukkan bahwa pengaruh mathematical belief dan self regulated learning siswa secara simultan terhadap hasil belajar kelas X pada mata pelajaran matematika adalah sebesar 26,6% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianto, M. (2012) Penigkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking, 193.
Masnani, Ma’rufi, & Ilyas, M. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Aplikasi Pembelajaran Online dan Self regulated learning terhdap hasil belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid 19. 13, 75–84.
Sejati, O. E. W. (2015). Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) dalam Pendekatan Penemuan Terbimbing. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 883–890.
Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355–1362. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.745
Tanzila, S., & Nasution, H. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 21. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i2.233
Published
28-05-2024
How to Cite
Iswan, I., Ma’rufi, M., Ilyas, M., & Alam, S. (2024). PENGARUH MATHEMATICALS BELIEF DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 3 PALOPO. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 186-198. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3782