Analisis Nilai Pendidikan Moral dalam Novel 'Si Anak Pemberani' Karya Tere Liye: Sebuah Pendekatan Richard Eyre

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3466

Authors

  • Maya Intan Universitas Negeri Makassar
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar
  • Juanda Juanda Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Keywords:

Nilai Pendidikan, Karya Sastra, dan Moral

Abstract

Peranan karya sastra selalu mengandung nilai-nilai yang dapat memberikan kesan positif. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan pelajaran dan pengajaran bagi manusia. Novel 'Si Anak Pemberani' banyak mengandung nilai pendidikan berupa nilai moral dari teori Linda dan Richard Eyre. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam novel dengan fokus pada nilai keberadaan dan nilai memberi. Metode dalam penelitian meliputi kata, frasa, klausa, kalimat, narasi dan dialog. Hasil penelitian ditemukan nilai-nilai moral yaitu keberanian, kejujuran, kedamaian, kemandirian atau potensi, kedisiplinan atau modernisasi, dan kesetiaan atau kesucian. Nilai-nilai memberi adalah kesetiaan, rasa hormat, cinta kasih, kebaikan dan keramahan, serta keadilan dan belas kasihan. Kontribusi hasil penelitian ini dapat memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan atau dukungan dalam pengajaran bahasa atau sastra dan bagi penelitian selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan teori yang lebih luas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, K. K., & Ni Made Verayanti Utami. (2023). Respect Value Found in Turning Red Movie. ELYSIAN JOURNAL : English Literature, Linguistics and Translation Studies, 3(2), 62–71. DOI: https://doi.org/10.36733/elysian.v3i2.4941

Agustina, kadek L. S. (n.d.). Analisis Nilai Moral yang Dicerminkan Tokoh-tokoh dalam Film Eternals. 4, 2023.

Alvian Guntur Prasetya Aziz, Taufik Dermawan, & Dwi Sulistyorini. (2024). Paradigma Etika Lingkungan dalam Novel Kekal Karya Jalu Kencana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 416–425. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3242

Arafah, B., Abbas, H., & Hikmah, N. (2021). Saving the environment: Environmental lessons in colin thiele’s february dragon. Journal of Language Teaching and Research, 12(6), 935–941. DOI: https://doi.org/10.17507/jltr.1206.09

Arafah, B., Room, F., Suryadi, R., La Ode, M. I. H. B., Juniardi, Y., & Takwa. (2024). Character Education Values in Pullman’s The Golden Compass. Journal of Language Teaching and Research, 15(1), 246–254. DOI: https://doi.org/10.17507/jltr.1501.27

Arafah, B., Thayyib, M., Kaharuddin, & Sahib, H. (2020). An anthropological linguistic study on maccera’ bulung ritual. Opcion, 36(Special Edition 27), 1592–1606.

Babaee, R., & Yahya, W. R. B. W. (2014). Significance of Literature in Foreign Language Teaching. International Education Studies, 7(4), 80–85. DOI: https://doi.org/10.5539/ies.v7n4p80

Eyre, L. and R. (1993). Teaching Your Children Values.

Fajriani, N., & Juanda, A. 2. (2024). Kajian Sosiologi Sastra Novel Karya Mahfud Ikhwan dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra. Bahasa Dan Sastra, 10(1), 680–690. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3007

Ferliana, A., Juwati, & Nugroho, A. (2022). Pemberani Karya Tere Liye Melalui. KASTRAL: Kajian Satra Nusantara Linggau, 2(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.55526/kastral.v2i2.277

Ida Sukowati, & Ihsan, B. (2022). Dampak Kearifan Lingkungan Berdasarkan Kajian Ecocriticism Dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 22–31. DOI: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i2.1857

Inderasari, E. (2022). Pemertahanan Lingkungan Dari Eksploitasi Kapitalis Di Bukit Barisan Dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye (Environmental Protection from Capitalist Exploitation Along The Barisan Mountains in Tere Liye’s Novel Si Anak Pemberani). Kandai, 18(1), 112. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.2560

Jamaludin, Z., Sumbi, A. K., & Bolo, K. F. (2023). Kemampuan Menemukan Nilai-Nilai Dalam Cerpen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kecamatan : Journal Of Social Science, 3, 6464–6483.

Juanda, Iswan Afandi, A. F. Y. (2024). Literasi Cerpen Digital dan Karakter Siswa Peduli Lingkungan. Science Signaling, 11(551), 746–759.

Juanda, A. dan. (2023). Dolphin Conservation in Pengelana Laut Short Story: Greg Garrard’s Ecocriticism Study. Theory and Practice in Language Studies, 13(9). DOI: https://doi.org/10.17507/tpls.1309.17

Juanda, & Afandi, I. (2024). Assessing text comprehension proficiency: Indonesian higher education students vs ChatGPT. XLinguae, 17(1), 49–68. DOI: https://doi.org/10.18355/XL.2024.17.01.04

Kaharuddin, A. (2019). the Power of English: Recognizing and Utilizing the Tremendous Impact of the English Language on the Community. English Language Teaching for EFL Learners, 1(1), 39. DOI: https://doi.org/10.24252/elties.v1i1.7625

Khoerunnisa, N., Indonesia, S., & Maret, U. S. (2024). Kritik Ekologi Dalam Antologi Puisi Kekasih Teluk Karya Saras Dewi : Analisis Teori Lawrence Buell Sebagai Alternatif Materi Ajar Mengidentifikasi Makna Puisi yang Dibaca untuk Siswa SMA. 10(1), 993–1009. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3423

Liye, T. (2022). Si Anak Pemberani (A. R. (ed.)). PT Sabak Grip Nusantara.

Manderes, A. (2022). Nilai Moral Keluarga Dalam Film “Miracle in Cell No.07” Karya Lee Hwan Kyung Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra. Kompetensi, 2(9), 1666–1684. DOI: https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i9.4981

Novianti, I., & Budiantoro, W. (2021). Nilai-Nilai Moral Islam dan Keseteraan Gender dalam Novel Eliana Karya Tere Liye. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 16(2), 213–238. DOI: https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i2.4835

Permatasari, N. E. (2021). Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kepedulian Lingkungan Alam dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 14–24. DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v12i1.299

Prastyaningsih, H., Ramdhani, S., & Anggraini, N. (2021). Nilai Pendidikan Lingkungan dalam Buku Kumpulan Puisi Selama Laut Masih Bergelombang Karya Mariati Atkah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 367–375.

Putri, I. M., Syarfuni, & Mulyani. (2023). An Analysis Moral Value in Cruella Movie. Journal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 2.

Putri, S. Y., Adji, S. E. P., & Taum, Y. Y. (2023). Eksploitasi Alam dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye: Kajian Ekokritik. Sintesis, 17(1), 59–72. DOI: https://doi.org/10.24071/sin.v17i1.5158

Qur’ani, H. B., Anggraini, P., & Widodo, J. (2021). Nilai-Nilai Nasionalisme Tokoh Eliana dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(3), DOI: https://doi.org/10.24036/jbs.v9i3.111981

Riskiyah, F., & Setiawati, E. (2022). Analisis Kontribusi Perempuan Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Novel Si Anak Pemberani. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 6(2). DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2022.006.02.6

Sinarawerdhi, I. G. A. I., & Ni Made Verayanti Utami. (2023). Dealing with Emotions in “Inside Out” Movie: Moral Value Analysis. ELYSIAN JOURNAL : English Literature, Linguistics and Translation Studies, 3(3), 157–166. DOI: https://doi.org/10.36733/elysian.v3i3.4974

Siti Maidah, N., Syasi, M., Ulfah, N., Sunan Gunung Djati Bandung, U., & Kesehatan Surakarta, P. (2021). Pesan Moral dari Anak Yatim Pemberani dalam Cerita Anak Syajaratu Al-Hayati Karya Kamil Kailani. 8585. DOI: https://doi.org/10.15575/azzahra.v2i1.10450

Published

2024-03-25

How to Cite

Maya Intan, Johar Amir, & Juanda, J. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Moral dalam Novel ’Si Anak Pemberani’ Karya Tere Liye: Sebuah Pendekatan Richard Eyre. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1320–1334. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3466

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>