Kajian Sosiologi Sastra Novel Karya Mahfud Ikhwan dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra

  • Nur Fajriani R Pascasarjana UNM
  • Anshari Anshari Universitas Negeri Makassar
  • Juanda Juanda Universitas Negeri Makassar
Keywords: Sastra, Novel Mahfud Ikhwan, Pembelajaran Sastra

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) konteks sosial pengarang, (2) cermin masyarakat, (3) fungsi sosial sastra dalam novel Dawuk dan Anwar Tohari Mencari Mati karya Mahfud Ikhwan. Data dalam penelitian ini adalah data tulis, yaitu kutipan-kutipan (berupa kata, frasa, maupun kalimat) yang menunjukkan konteks sosial pengarang, cermin masyarakat dan fungsi sosial sastra dalam Novel Dawuk dan Anwar Tohari Mencari Mati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup tiga langkah kegiatan yaitu teknik baca, teknik catat dan teknik interpretasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup empat langkah yaitu identifikasi, klasifikasi, pengkategorian dan mendeskripsikan hasil penelitian dengan menggunakan kajian sosiologi sastra Ian Watt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel ditemukan data mengenai konteks sosial pengarang dalam novel Dawuk dan Anwar Tohari Mencari Mati karya Mahfud Ikhwan, yaitu mengungkapkan bahwa latar belakang pengarang sebagai penulis dan lulusan sastra Indonesia mempengaruhi penceritaan dalam novel, gambaran masyarakat yang tercermin dalam yaitu realitas buruh migran di Malaysia, kesenjangan sosial hingga kearifan lokal, selanjutnya fungsi sosial dalam novel Dawuk dan Anwar Tohari Mencari Mati karya Mahfud Ikhwan, yaitu sebagai penghibur sekaligus perombak masyarakat yang mengamalkan nilai-nilai religiusitas dan nilai moral serta memiliki relevansi dengan pembelajaran sastra di perguruan tinggi, tepatnya pada mata kuliah sosiologi sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damono, S. D. (1978). Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Idrus, M. (2007). Makna Agama dan Budaya bagi Orang Jawa. Journal Portal Universitas Islam Indonesia, 30(66), 391–401.

Ikhwan, M. (2017). Dawuk Kisah Kelabu Dari Rumbuk Randu. Serpong: Marjin Kiri.

Ikhwan, M. (2021). Anwar Tohari Mencari Mati. Serpong: Marjin Kiri.

Irma, C. N. (2017). Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Karya Punakawan Menggugat Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 1-9.

Juanda. (2012). Peran Sastra Anak dalam Pembiasaan Membaca Sejak Anak Usia Dini sebagai Pondasi Pembentukan Karakter yang Beridentitas Nasional. Prosiding Konferensi Internasional Kesusastraan XXII UNY-HISKI. 104.

Juanda. (2016). Pendidikan Lingkungan Peserta Didik Melalui Sastra Anak Berbasis Lokal. Conference: Konferensi Internasional Kesusastraan XXV, UNY Yogyakarta: Vol 1.

Juanda. (2018). Fenomena Eksploitasi Lingkungan Dalam Cerpen Koran Minggu Indonesia Pendekatan Ekokritik. AKSIS Jurnal, 2(2), 165-189.

Ratna, N. K. (2013). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparman, S., Nurahmad, M., & Muklim, M. (2023). Transkripsi Fonetik Cerita Rakyat Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(3), 155-161.

Tube, B. (2018). Kritik Sosial dan Nilai-nilai Pendidikan Novel Lembata Karya F. Rahardi. Jurnal Prolitera, Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. 1(1), 51-63.

Published
28-01-2024
How to Cite
Nur Fajriani R, Anshari, A., & Juanda, J. (2024). Kajian Sosiologi Sastra Novel Karya Mahfud Ikhwan dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 680-690. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3007
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)