Pengaruh Media Sosial terhadap Pemerolehan Bahasa Remaja
Abstract
Dunia yang semakin canggih ini, masyarakat tidak bisa terlepas dengan adanya teknologi informasi dan digital. Salah satu dampaknya adalah penggunaan sosial media yang tidak bisa lepas dengan kehidupan yang sangat modern ini. Di usia remaja, sangat rentan dengan penggunaan sosial media. Dengan mengakses sosial media, remaja bisa memperoleh kosa kata dan bahasa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi pengaruh media sosial terhadap pemerolehanbahasa remaja usia 15-16 tahun di SMK N 1 Tapalang, Mamuju, Sulawesi Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu mendeskripsikan hasil penelitian berupa temuan mengenai kata-kata dan bahasa yang diperoleh dari sosial media. Data penelitian ini bersumber dari lima remaja yang berusia sekitar 15 dan 16 tahun yang merupakan siswa kelas X AKL yang berjenis kelamin perempuan. Data penelitian ini didaptakan melalui tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan simak sadap. Peneliti mengobservasi penggunaan media sosial siswa dan memberikan kartu data yng berisi pertanyaan tentang kata-kata dan bahasa baru yang didaptakan dari media sosial setiap harinya yang dimulai tanggal 27 November sampai 4 Desember 2023.untuk mempperoleh data yang lebih, peneliti melakukan wawqancara kepada kelima subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial sanagat berpengaruh dalam pemerolehan Bahasa remaja usia 15 dan 16 tahun. Dengan penggunaaan media sosial, kelima subjek peelitian memperoleh 82 kata baru dalam kurun waktu satu pekan. Kata-kata yang diperoleh dikategorikan menjadi 7 bagian, yaitu kata dari bahasa Inggris sebanyak 52.44%, Akronim sebanyak 21.95%, bahasa gaul sebanyak 17.07%, bahasa Jawa sebanyak 3.66%, istilah sebanyak 2.44%, dan masing-masing bahasa Sansekerta dan teknis sebanyak 1.22%. Hasil penelitian ini sanagat bermanfaat bagi guru untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia terutama pada aspek berbicara dan menulis
Downloads
References
Firdausah & Fitriyah, 2021. Pemerolehan Bahasa: Teori dan Analisis. Djiwa Amata. Tulungagung. Jawa Timut.
Harlin, (2019). Pemakaian Bahasa dalam Media Sosial. Kantor Bahasa Maluku.https://kantorbahasamaluku.kemdikbud.go.id/2019/09/pemakaian-bahasa-dalam-media-sosial/
Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Mulyaningsih, Indriya. (2022). Kebiasaan Berbahasa di Media Sosial: Kajian Psikolinguitik. Aksara. 35 (1). 106-115. https://aksara.kemdikbud.go.id/index.php/aksara/article/view/1237
Subyantoro, (2020). Teori Pemerolehan Bahasa. CV Mahata Magna Raharja Tama. Yogyakarta.
Tamsiruddin & Juanda. (2023). Peran Media Sosial dalam Pemerolehan Bahasa Remaja. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahsa dan Sastra, 9 (1), 142-152. http://eprints.unm.ac.id/31259/1/Peran%20Media%2 0Sosial%20dalam%20Pemerolehan%20Bahasa%20Remaja.pdf
Wardhani, (2020) Pandangan Gen Z terhadap Bahasa Inggris di Ranah Media Sosial. (Salinga) 289-295.http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/index
Widawati, R, Rahayu. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Kebiasaaan Berbahasa.Prosiding SAGA.1(1), 404-414. http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/download/1093/383
Widiarto, D. Sugeng & Fibria, Dinda (2022). Penggunaan Bahasa Gaul di Sosmed. Journal Communication Specialist. vol 1, no 2, 179-186. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/
Copyright (c) 2024 Arsam Arsam, Johar Amir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.