Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa: Analisis Profil dan Problematika Pembelajaran

  • Zain Syaifudin Nakrowi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang S. Ansori Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yuliana Setyaningsih Universitas Sanata Darma
Keywords: Profil Pembelajaran, Berbipir Kritis, Menulis Argumentasi

Abstract

Kemampuan menulis argumen sangatlah penting dan kompleks. Oleh karena itu, penelitian mengenai kemampuan menulis argumentasi sering dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas menulis argumentasi siswa untuk memetakan profil dan problematika pembelajaran menulis argumentasi. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji kemungkinan konsep berpikir kritis sebagai model pembelajaran menulis argumentasi. Metode yang digunakan adalah metode campuran. Statistik sederhana digunakan untuk analisis kualitatif. Objek penelitiannya adalah 173 siswa dari 5 (lima) SMA Negeri di Jawa Tengah. Hasil penelitiannya adalah: 1) tingkat kemandirian berpikir siswa rendah; sebanyak 69,94% karya siswa tidak lolos uji kemiripan; 2) Rata-rata hasil karya siswa secara keseluruhan berada pada klasifikasi rendah dengan perolehan skor 1,19 dari rentang 0,00-4,00; 3) Secara konseptual, berpikir kritis dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran menulis argumentasi. Berdasarkan hasil tersebut maka penguatan literasi, keteladanan, dan melibatkan berpikir kritis sangat penting dalam pembelajaran menulis argumentasi. Guru dan siswa harus meningkatkan kemampuan literasinya. Literasi sangat penting dalam menulis argumen. Struktur jaminan tersebut hanya akan terpenuhi apabila penulis mempunyai kemampuan literasi yang baik. Siswa harus diberikan contoh bagaimana memperoleh dan menggunakan informasi dalam menyusun teks argumentatif. Selain itu, siswa harus terbiasa menentukan tujuan, merumuskan pertanyaan, menggali informasi, menarik kesimpulan, membuat konsep, melihat berbagai asumsi, mempertimbangkan implikasi, dan mengkonstruksi sudut pandang. Dengan cara ini, siswa dapat menyusun argumen dengan struktur klaim, landasan, pernyataan, jaminan, dan sanggahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amielia, S. D., Suciati, S., & Maridi, M. (2018). Enhancing Students’ Argumentation Skill Using an Argument Driven Inquiry-Based Module. Journal of Education and Learning (EduLearn). https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i3.8042

Anderson, M & Anderson, K. (2003). Text types in english 3. Journal of Controlled Release.

Bandura, A. (1976). Social Learning Theory. Englewood cliffs: Prentice Hall.

Anna, S., & Suparman, S. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Mengunakan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(2).

Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.

Deane, P., & Song, Y. (2014). A case study in principled assessment design: Designing assessments to measure and support the development of argumentative reading and writing skills. Psicologia Educativa. https://doi.org/10.1016/j.pse.2014.10.001

Knapp, P., & Watkins, M. (2005). Genre, text, grammar: Technologies for teaching and assessing writing. University of New South Wales Press Ltd.

Liu, F., & Stapleton, P. (2020a). Counterargumentation at the primary level: An intervention study investigating the argumentative writing of second language learners. System. https://doi.org/10.1016/j.system.2019.102198

Liu, F., & Stapleton, P. (2020b). Counterargumentation at the primary level: An intervention study investigating the argumentative writing of second language learners. System. https://doi.org/10.1016/j.system.2019.102198

Marni, S., Suyono, Roekhan, & Harsiati, T. (2019). Critical thinking patterns of first-year students in argumentative essay. Journal for the Education of Gifted Young Scientists. https://doi.org/10.17478/jegys.605324

Nadzir, I., Seftiani, S., & Permana, Y. S. (2019). Hoax and Misinformation in Indonesia: Insights from a Nationwide Survey. ISEAS, 5(2).

Nakrowi, Z. S., Ansori, D. S., Mulyati, Y., & Setyaningsih, Y. (2023). The use of intellectual standards to assess the quality of students’ argumentative writings. LITERA, 22(2), 200–212. https://doi.org/10.21831/ltr.v22i2.60465

Paul, R., & Elder, L. (2020). The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts and Tools (Vol. 33).

Piaget, J. (1957). Logic and Psychology. United States: Basic Books. https://doi.org/10.4324/9780203788042

Sahin, M. C. (2009). Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.258

Shao, X., & Purpur, G. (2016). Effects of Information Literacy Skills on Student Writing and Course Performance. Journal of Academic Librarianship. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.08.006

Shinta, D. K., & Filia, F. (2020). Improving students’ arguments through collaborative learning. Indonesian Journal of Applied Linguistics. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i2.28602

Stavans, A., Seroussi, B., & Zadunaisky Ehrlich, S. (2019). Literacy-Related Abilities’ Effects on Argumentative Text Quality Structure. Journal of Literacy Research. https://doi.org/10.1177/1086296X19859515

Suherli, M. S. A. S. Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. http://buku.kemdikbud.go.id

Suseno, M. (1984). Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Orang Jawa. In PT Gramedia Pustaka Utama.

Syerliana, L., Muslim, & Setiawan, W. (2018). Argumentation skill profile using “toulmin Argumentation Pattern” analysis of high school student at Subang on topic hydrostatic pressure. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012031

Toulmin, S. E. (2003). The uses of argument: Updated edition. In The Uses of Argument: Updated Edition. https://doi.org/10.1017/CBO9780511840005

Tri Aulia Sefi Indra Gumilar untuk SMA, F., Kelas, S. X., & dan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, B. (n.d.). SMA/SMK Kelas X Cerdas Cergas Cerdas Cergas.

Wingate, U. (2012). Using Academic Literacies and genre-based models for academic writing instruction: A “literacy” journey. Journal of English for Academic Purposes. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2011.11.006

Wolfe, C. R., Britt, M. A., & Butler, J. A. (2009). Argumentation schema and the myside bias in written argumentation. Written Communication. https://doi.org/10.1177/0741088309333019

Published
17-01-2024
How to Cite
Zain Syaifudin Nakrowi, Dadang S. Ansori, Yeti Mulyati, & Yuliana Setyaningsih. (2024). Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa: Analisis Profil dan Problematika Pembelajaran. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 508-518. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3107
Section
Articles