Cerita Rakyat Asia Tenggara:Kajian Komparatif Sebagai Alternatif Bahan Ajar BIPA

  • Nanda Gultom Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Sastra Bandingan, Bahan Ajar, Cerita Rakyat, BIPA

Abstract

Bahan ajar dengan materi sastra merupakan hal krusial dalam pembelajaran BIPA. Salah satu materi sastra dalam BIPA adalah sastra lisan atau lebih khusus cerita rakyat. Cerita rakyat mengandung unsur budaya dari komunitas pemilik cerita tersebut. Cerita rakyat tidak menutup kemungkinan akan memiliki cerita yang sama dengan daerah lainnya, karena pada hakikatnya cerita rakyat disampaikan secara lisan. Berkaitan dengan itu dalam penelitian ini dianalisis beberapa cerita rakyat dari berbagai negara di Asia Tenggara dengan kajian komparatif atau sastra bandingan. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan yang menjadikan sastra sebagai salah satu topik pembelajaran bagi BIPA, maka hasil perbandingan unsur instrinsi dan budaya dalam cerita rakyat ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk pengembangan bahan ajar bagi pemelajar BIPA. Perbandingan cerita rakyat ini dapat menjadi salah satu kajian lintas budaya. Penelitian ini menganalisis cerita rakyat Malin Kundang dari Indonesia, Pulau Jelapi dari Thailand, Sitanggang dari Malaysia dan Nakhoda Manis dari Brunei Darussalam. Berdasarkan hasil analisis terdapat kemiripan diantara keempat cerita dari segi unsur intrinsik dan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damono, S. D. 2011. Sastra Bandingan. Cirendeu: Editum.

Esten, Mursal. 2009. Kesustraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.

Halimah dkk. 2019.Sastra bandingan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII.

Hutomo, Suripan Sadi. 1993. Merambah Matahari: Sastra dalam Perbandingan. Surabaya:Gaya Masa.

Lazar, Gillian. 2009. Literature and language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Maley, A., 1998. Resource Book for Teacher, Oxford: Oxford University Press.

Ratna, N. K. 2010. Metodologi Penelitian (Kajian Budaya dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Remak, Henry H.H. 161. “Comparative Literature: Its Definition and Function.” comparative Literature: Methode and Perspective. Ed. Newton P. Stallknecht and Horst Frenz. Southern Illinois: Edwardsville.

Rusyana. Yus. 1982. Metode Pembelajaran Sastra. Bandung. Gunung Larang.

Ryan, Michael. 2011. Setyawan, A. et al., Pengenalan Budaya Lokal Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing ( BIPA ) Di,” in The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 2017, vol. 1, no. 1, pp. 118–124.

Sarjono, Haryadi., dan Julianita, Winda. 2013. SPSS VS LISREL : Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Penerbit Selemba Empat.

Zepetnek, S.T. 1998. Comparative Literature (Theory, Method, Application). Netherlands: Rodovi B.V.

Published
09-09-2023
How to Cite
Gultom, N., & Yeti Mulyati. (2023). Cerita Rakyat Asia Tenggara:Kajian Komparatif Sebagai Alternatif Bahan Ajar BIPA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1090-1098. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2937
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)