Unsur Budaya Teks Cerita Rakyat Danau Toba dalam Buku Bahan Ajar Bipa Sahabatku Indonesia untuk Pemelajar Bipa 4

  • Rosa Lamria Mardiana Simbolon Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Unsur Budaya, Teks Cerita Rakyat, Danau Toba

Abstract

Pengajaran BIPA bagi pemelajar memiliki tujuan bukan hanya untuk memperlancar berbahasa Indonesia tapi juga memperkenalkan budaya Indonesia. Pemerolehan pengenalan budaya Indonesia dalam proses pembelajaran BIPA dapat ditemukan dalam suatu teks narasi, salah satunya adalah cerita rakyat. Salah satu cerita rakyat Indonesia yang dapat ditemukan yakni Legenda Danau Toba seperti yang disajikan dalam buku Sahabatku Indonesia bagi Pemelajar BIPA level 4 yang diterbitkan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Teks cerita rakyat menjadi sarana yang efektif dalam memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada pemelajar bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana unsur budaya terkandung dalam cerita rakyat Danau Toba dan bagaimana pemanfaatannya dalam buku bahan ajar BIPA Sahabatku Indonesia untuk pemelajar BIPA 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan melakukan analisis terhadap teks cerita rakyat Danau Toba yang terdapat dalam buku bahan ajar BIPA Sahabatku Indonesia untuk pemelajar BIPA 4. Data dikumpulkan melalui pencermatan teks dan interpretasi terhadap unsur budaya yang terdapat dalam cerita rakyat tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks cerita rakyat Danau Toba dalam buku bahan ajar tersebut mengandung berbagai unsur budaya, termasuk bahasa daerah, pengetahuan lokal, mata pencaharian masyarakat setempat, dan aspek religi. Pemanfaatan cerita rakyat ini dalam buku bahan ajar BIPA Sahabatku Indonesia untuk pemelajar BIPA 4 dapat memberikan pengalaman belajar yang holistik, menggabungkan aspek linguistik dengan pemahaman mendalam tentang konteks budaya Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alus, C. (2014). Peran lembaga adat dalam pelestarian kearifan lokal suku sahu di desa balisoan kecamatan sahu kabupaten halmahera barat. Acta Diurna Komunikasi, 3(4).
Butar, C., Isman, M., & Syamsuryurnita. (2019). Peran Tradisi Lisan Mitos dan Poda Dalam Mewariskan Budaya dan Kearifan Lokal Pada Masyarakat Batak Toba (Role of oral tradition myth of tona and poda in inheriting local culture and wisdom in Toba batak communities). Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 83–90. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/view/165/126
Christian, J. (2021). Penciptaan Karya Fotografi Kultural Sebagai Identitas Wisata Budaya Kabupaten Samosir Di Danau Toba. E-Proceeding of Art & Design :, 8(5), 2099–2107.
Damanik, R. J., Nababan, S. A., Pulung Sumantri, Muhammad Ricky Hardiyansyah, Muhammad Adika Nugraha, & Abdul Azis. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Sumatera Utara di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Islam Sumatera Utara. Islamic Education, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.1018
Dharmawan, B., & Ginting, D. (2023). Analisis Penerjemahan Padanan Kata Kerja Pada Teks Cerita Rakyat Dalam Bahasa Indonesia Ke Bahasa Mandarin 印尼民间故事文本中中文动词对等词及其翻译分析. Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 11(2), 64–83. https://doi.org/10.9744/century.11.2.64-83
Dirga, R. N. (2018). Problematika Pemelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Timor Leste.
Fiskhas, P. (2023). Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kebutuhan Bahan Ajar BIPA Tingkat Pemula. GHÂNCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 7(1), 340–352. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11764
Ginting, S. D., & Marpaung, K. M. S. (2021). Analisis Dongen Danau Toba Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 33–42. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1538
Himawan, D. (2020). Implikatur Percakapan pada Prinsip Kerja Sama dalam Latihan Taekwondo di Dojang Universitas Airlangga: Kajian Pragmatik (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Kuswara, K., & Sumayana, Y. (2020). Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Pemelajar dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 5(1), 317–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.678
Kusmiatun, A. (2018). Cerita Rakyat Indonesia Sebagai Materi Pembelajaran Bipa: Mengusung Masa Lalu Untuk Pembelajaran Bipa Masa Depan. Diksi, 26(1), 24-28.
Murtianis, A., & Rohmadi, M. (2019). Kendala transfer budaya dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (bipa) di Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(1), 36-45.
Naitboho, O. D., Suratni, N. W., & Haryati, N. M. (2022). Pembelajaran Drama Monolog Dengan Cerita Legenda Danau Toba Menggunakan Metode Role Playing Di Sd Inpres Tubuhu ’ E , Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pensi, 2(1), 79–89.
Prambana, F. (2022). Penerapan Algoritma Galil Seiferas Pada Aplikasi Legenda Nusantara. Journal Global Tecnology Computer, 1(3), 109–114.
Purwulan, H. (2023). Peranan Pengajaran Sastra Dan Budaya Dalam Pembentukkan Karakter Pemelajar Sekolah Dasar. EDUSCOTECH, 4(2), 13–25.
Qur’ani, H. B. (2021). Citra Tokoh Perempuan Dalam Cerita Rakyat Jawa Timur. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 10(2), 176. https://doi.org/10.26499/jentera.v10i2.1468
Sonjaya, F. (2022). Unsur Intrinsik dalam Analisis Bandingan Cerita Rakyat Asal-Usul Danau Toba dengan Cerita Rakyat Tsuru No Ongaeshi. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 107–116. https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i2.126
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suyitno, Imam. (2008). Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Diksi, 15 (1), pp: 111-119.
Tupan, Anneke Heritaningsih. 2007. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Melalui Materi Otentik yang Bermuatan Budaya Indonesia. Seminar dan Lokakarya Internasional Pengajaran BIPA. Pusat Bahasa: Jakarta. 19 Juli 2007.
Widianingsih, A., Rohayati, N., & Hidayat, T. (2023). Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Novel Segala Yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 88-101.
Wirawan, A. K. (2018). Pembelajaran bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Metode Immersion Terintegrasi Budaya Indonesia. Diakses pada 16 Januari 2024, https://kbi.kemdikbud.go.id/.
Yolferi, Y. (2018). Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat Sebagai Media Pengenalan Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Diakses pada 16 Januari 2024, https://kbi.kemdikbud.go.id/.
Yumelking, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Outcome Based Education (OBE). In Aktualisasi dan Problematika dalam Pembelajaran.
Zakaria, M. (2023). Tanggapan Pemelajar Asing Tingkat Mahir dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Bahan Ajar Berbasis Web dengan Materi Cerita Pendek. GHÂNCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 7(1), 249–258. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11756
Zarkasyi, A. H., Gandhi, Z. I., & Tazali, R. M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Qawwaid dan Tarjamah pada Era Modern. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3451–3465. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3931
Published
14-06-2024
How to Cite
Rosa Lamria Mardiana Simbolon, & Yeti Mulyati. (2024). Unsur Budaya Teks Cerita Rakyat Danau Toba dalam Buku Bahan Ajar Bipa Sahabatku Indonesia untuk Pemelajar Bipa 4. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2639-2650. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3894
Section
Articles