Urgensi Pengembangan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berkreasi dan Berinovasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  • Zethly Ronaldo Universitas Sanata Dharma
  • Yuliana Setyaningsih Universitas Sanata Dharma
  • B. Widharyanto Universitas Sanata Dharma
Keywords: Instrumen Pengukuran, Berkreasi Dan Berinovasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi dari pengembangan instrumen pengukuran kemampuan berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner terbuka yang dibagikan kepada peserta didik kelas 9 di jenjang SMP. Terdapat tiga aspek yang diberikan dengan total 8 pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik memberikan tanggapan yang baik mengenai seluruh aspek kuesioner awal kebutuhan peserta didik. Hal ini bisa dilihat dengan skor rata-rata keseluruhan aspek adalah 4,29 atau 85,73%, dengan kategori “sangat setuju”. Aspek pertama mengenai ketersediaan bacaan dan pemberian tugas memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berkreasi dan berinovasi, memiliki skor rata-rata 4,04 dengan persentase 80,77, kategori “sangat setuju”. Aspek kedua mengenai strategi pembelajaran memiliki pengaruh dalam mengembangkan keterampilan berkreasi dan berinovasi, memiliki skor rata-rata 4,46 dengan persentase 89,23%, kategori “sangat setuju”. Aspek ketiga mengenai urgensi pengembangan instrumen pengukuran kemampuan berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, memiliki skor rata-rata 4,36 dengan persentase 87,18%, kategori “sangat setuju”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, E. N. (2015). Peran Strategi Pembelajaran Dan Implementasinya Pada Abad 21. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 1–5.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). buku cepi - Copy.pdf. In Evaluasi Program Pendidikan (p. 228).

Febriyanti, A. L., Harsiati, T., & Dermawan, T. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Kreatif Cerita Fantasi Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1399–1408.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas Dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v2i2.p67-86

Kartini, T., & Amalia, N. R. (2022). Efektivitas Metode Pemberian Tugas dalam Meningkatkan Kreativitas Anak pada Masa Pandemi di TK Meraih Bintang. Edu Happiness (Jurnal Ilmiah …, 1(1), 21–32. https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/jos/article/view/27

Mardhiyah Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Mastur, Sughirato, S. (2015). Jurnal Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X

Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.1

Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 364–370. e-mail: missindah49@gmail.com

World Intellectual Property Organization. (2022). The Global Innovation Index 2022 captures the innovation ecosystem performance of 132 economies and tracks the most recent global innovation trends. World Intellectual Property Organization. https://www.wipo.int/edocs/pubdocs/en/wipo-pub-2000-2022-section1-en-gii-2022-at-a-glance-global-innovation-index-2022-15th-edition.pdf

Yulanda Melia, Ni Ketut Suarni, G. N. S. (2021). Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif pada Masa Pra Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling, 6, 60–71.

Published
30-09-2023
How to Cite
Zethly Ronaldo, Yuliana Setyaningsih, & B. Widharyanto. (2023). Urgensi Pengembangan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berkreasi dan Berinovasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1276-1283. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3004
Section
Articles