Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Module Menulis Teks Berita Berancangan Konsep Diferensiasi untuk Siswa Jenjang SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4665

Authors

  • Aegustinawati Aegustinawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khaerudin Kurniawan Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

analisis kebutuhan, e-module, pembelajaran berdiferensiasi, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pendidik terhadap pengembangan bahan ajar berupa e-module yang berancangan konsep diferensiasi dalam materi menulis teks berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada 9 orang pendidik yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di 7 SMA Negeri di Kabupaten Bangka. Observasi dilakukan terhadap perangkat pembelajaran yang disiapkan pendidik. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa bahan ajar materi menulis teks berita masih berfokus pada buku teks. Di sisi lain, penerapan pembelajaran diferensiasi masih terbatas pada aspek konten, belum mencakup aspek proses dan produk. Sementara itu, bahan ajar berupa e-module berancangan konsep diferensiasi masih sangat terbatas. Pemanfaatan e-module diakui dapat melatih kemandirian peserta didik, menciptakan keefektifan proses pembelajaran, serta dapat memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran. Akan tetapi, pendidik mengaku memiliki keterbatasan dalam menyiapkan e-module khususnya yang berancangan konsep diferensiasi. Oleh sebab itu, pengembangan bahan ajar berupa e-module yang berancangan konsep diferensiasi dalam materi menulis teks berita perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan setiap peserta didik. E-module berancangan konsep diferensiasi dalam materi menulis teks berita yang dikembangkan harus sistematis, praktis, interaktif, variatif serta mudah digunakan oleh peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari (Issue 2). DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Aegustinawati, & Sunarya, Y. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Retensi Kelas di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Paedagogy, 10(3), 759. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568

Afrianto. (2018). Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4.0: Opportunities, Challenges and Strategies for Innovative Classroom Practices. Eltar Conference: Post Graduate of English Department, 1–13.

Ambarita, J., & Simanullang, P. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab .

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

AS, M. (2010). Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Pustaka.

Asri, A. S. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82. http://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret DOI: https://doi.org/10.22225/jr.3.1.94.70-82

Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222

Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, dan Menulis. Nahason Bastin Publishing(Online).

Bayumi, C., E., F., Elias, G., Hapizoh, & Ahmad, Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Deepublish .

Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754 DOI: https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754

Bondie, R. S., Dahnke, C., & Zusho, A. (2019). How Does Changing “One-Size-Fits-All” to Differentiated Instruction Affect Teaching? In Review of Research in Education (Vol. 43, Issue 1, pp. 336–362). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.3102/0091732X18821130 DOI: https://doi.org/10.3102/0091732X18821130

Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. PT Raja Grafindo Persada.

Darmayasa, I. Kadek., Jampel, I. Nyoman., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 53–65.

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65 DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Hikmat Kusumaningrat, & Purnama Kusumaningrat. (2017). Jurnalistik Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.

Hockett, J. A. (2018). Differentiation Strategies and Examples: Grade 6-12.

Hutagulung, O. J. R., Ramly, & Hajrah. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berorientasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kecerdasan Majemuk . JurnalOnom:Pendidika,Bahasa,DanSastra, 10((4)), 3629–3636. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4288

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736

I. Mushthofa. (2016). Belajar Menulis Teks Berita dengan Media Cetak Model Quantum Teaching. PT NEM.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Tahun 2017. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2019). Jenis-jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Yrama Widya .

Kowitlawakul, Y., Chan, M. F., Tan, S. S. L., Soong, A. S. K., & Chan, S. W. C. (2017). Development of An E-Learning Research Module Using Multimedia Instruction Approach. CIN: Computer, Informatic, Nursing, 35(3), 158–166. DOI: https://doi.org/10.1097/CIN.0000000000000306

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. doi: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-Learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007 DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Mabsutsah, N., & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588 DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588

Marisa, U., Yulianti, & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 323–330.

Marizal, Y., & Asri, Y. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flipping Book PDF Professional Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 135–152. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.34 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.343

Maulana, U., & Kustiono. (2022). Terampil Berkomunikasi Lisan dan Tulisan. PenerbitTataAkbar.

Nince, F. D., Astuti, R., & Saputro, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Statistika Terhadap Gaya Belajar Siswa. JIPP: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 43–54. DOI: https://doi.org/10.31571/jipp.v2i2.6250

Nugraha, S., Megawati, E., & Ikhwati, A. (2023). Pengembangan E-Modul Materi Teks Eksposisi berbasis Flipbook Heyzine untuk Siswa Kelas X SMA Fajrul Islam. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 115–123. https://doi.org/https://journal.unindra.ac.id/index.php/hortatori/index DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v7i2.2440

Nurbaiti, C., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2021). The Development of Electronic Module (E-Module) Carbohydrates Using The Professional FLIP PDF Application in Organic Cemistry Course. AIP Conference Proceedings, 2331. https://doi.org/10.1063/5.0041893 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0041893

Nurjayadi, M., Sadono, R., & Afrizal. (2021). Development of e-Module Structure and Protein Function with Flip PDF Professional Application Through Online Learning. AIP Conference Proceedings, 2331. https://doi.org/10.1063/5.0041891 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0041891

Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa . Guepedia.

Pramono, D., Ngabiyanto, Isnarto, & Saputro, I. H. (2021). Online Assessment pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19: Transformasi Dunia Pendidikan Menuju Paperless Policy. Indonesian Journal of Conservation , 10(2), 97–99. doi: https://doi.org/10.15294/ijc.v10i2.33096

Putri, B. C., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-modul berbasis Pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk Mendukung Pembelajaran Hybrid Learning di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.45002 DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.45002

Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. EduLib, 5(5), 102–113. DOI: https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Rannu, A., & Kunni, J. (2019). Teknik Mencari dan Menulis Berita. Jariah Publishing.

Safitri, S. N., Churiyah, M., Arief, M., & Zen, F. (2021). Pengembangan E-modul Berdasarkan Aplikasi PDF Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Kemampuan Belajar Mandiri Peserta Didik (E-Module Based on The Corporate PDF Flipbook Application Which is Useful in The Covid-19 Era). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(6), 589–599. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p589-599 DOI: https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p589-599

Septryanesti, N., & Lazulva, L. (2019). Desain dan Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 202–215. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5659 DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5659

Setyawan, W. H., & Nawangsari, T. (2021). Pengaruh E-Module Speaking Berbasis Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 339. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.339-346.2021 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.339-346.2021

idiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01 DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Sigalingging, R. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Implementasi Kurikulum Merdeka . Tata Akbar .

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Suparman, S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Pinus Book .

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2). DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Tiara Putri, & Basri, I. (2014). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 92(9), 1–8. DOI: https://doi.org/10.24036/108983-019883

Tomlinson, C. A. (1999). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD.

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differetiated Instructioin in Mixed-Ability Classroom. ASCD.

Triyono, S. (2021). Dinamika Penyusunan E-Modul. Penerbit Adab .

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Bumi Aksara.

Zakia Nur Jannah. (2020). Mendidik Anak Muslim Generasi Digital. Aluswah.

Published

2024-11-03

How to Cite

Aegustinawati, A., Yeti Mulyati, & Khaerudin Kurniawan. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Module Menulis Teks Berita Berancangan Konsep Diferensiasi untuk Siswa Jenjang SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4350–4364. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4665

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>