Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Module Menulis Teks Berita Berancangan Konsep Diferensiasi untuk Siswa Jenjang SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4665
Keywords:
analisis kebutuhan, e-module, pembelajaran berdiferensiasi, teks beritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pendidik terhadap pengembangan bahan ajar berupa e-module yang berancangan konsep diferensiasi dalam materi menulis teks berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada 9 orang pendidik yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di 7 SMA Negeri di Kabupaten Bangka. Observasi dilakukan terhadap perangkat pembelajaran yang disiapkan pendidik. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa bahan ajar materi menulis teks berita masih berfokus pada buku teks. Di sisi lain, penerapan pembelajaran diferensiasi masih terbatas pada aspek konten, belum mencakup aspek proses dan produk. Sementara itu, bahan ajar berupa e-module berancangan konsep diferensiasi masih sangat terbatas. Pemanfaatan e-module diakui dapat melatih kemandirian peserta didik, menciptakan keefektifan proses pembelajaran, serta dapat memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran. Akan tetapi, pendidik mengaku memiliki keterbatasan dalam menyiapkan e-module khususnya yang berancangan konsep diferensiasi. Oleh sebab itu, pengembangan bahan ajar berupa e-module yang berancangan konsep diferensiasi dalam materi menulis teks berita perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan setiap peserta didik. E-module berancangan konsep diferensiasi dalam materi menulis teks berita yang dikembangkan harus sistematis, praktis, interaktif, variatif serta mudah digunakan oleh peserta didik.
Downloads
References
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari (Issue 2). DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Aegustinawati, & Sunarya, Y. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Retensi Kelas di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Paedagogy, 10(3), 759. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568
Afrianto. (2018). Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4.0: Opportunities, Challenges and Strategies for Innovative Classroom Practices. Eltar Conference: Post Graduate of English Department, 1–13.
Ambarita, J., & Simanullang, P. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab .
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
AS, M. (2010). Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Pustaka.
Asri, A. S. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82. http://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret DOI: https://doi.org/10.22225/jr.3.1.94.70-82
Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222
Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca, dan Menulis. Nahason Bastin Publishing(Online).
Bayumi, C., E., F., Elias, G., Hapizoh, & Ahmad, Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Deepublish .
Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754 DOI: https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754
Bondie, R. S., Dahnke, C., & Zusho, A. (2019). How Does Changing “One-Size-Fits-All” to Differentiated Instruction Affect Teaching? In Review of Research in Education (Vol. 43, Issue 1, pp. 336–362). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.3102/0091732X18821130 DOI: https://doi.org/10.3102/0091732X18821130
Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. PT Raja Grafindo Persada.
Darmayasa, I. Kadek., Jampel, I. Nyoman., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 53–65.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65 DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Hikmat Kusumaningrat, & Purnama Kusumaningrat. (2017). Jurnalistik Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.
Hockett, J. A. (2018). Differentiation Strategies and Examples: Grade 6-12.
Hutagulung, O. J. R., Ramly, & Hajrah. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berorientasi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis Kecerdasan Majemuk . JurnalOnom:Pendidika,Bahasa,DanSastra, 10((4)), 3629–3636. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4288
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736
I. Mushthofa. (2016). Belajar Menulis Teks Berita dengan Media Cetak Model Quantum Teaching. PT NEM.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Tahun 2017. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .
Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2019). Jenis-jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Yrama Widya .
Kowitlawakul, Y., Chan, M. F., Tan, S. S. L., Soong, A. S. K., & Chan, S. W. C. (2017). Development of An E-Learning Research Module Using Multimedia Instruction Approach. CIN: Computer, Informatic, Nursing, 35(3), 158–166. DOI: https://doi.org/10.1097/CIN.0000000000000306
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. doi: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-Learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007 DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007
Mabsutsah, N., & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588 DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588
Marisa, U., Yulianti, & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 323–330.
Marizal, Y., & Asri, Y. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flipping Book PDF Professional Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 135–152. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.34 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.343
Maulana, U., & Kustiono. (2022). Terampil Berkomunikasi Lisan dan Tulisan. PenerbitTataAkbar.
Nince, F. D., Astuti, R., & Saputro, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Statistika Terhadap Gaya Belajar Siswa. JIPP: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 43–54. DOI: https://doi.org/10.31571/jipp.v2i2.6250
Nugraha, S., Megawati, E., & Ikhwati, A. (2023). Pengembangan E-Modul Materi Teks Eksposisi berbasis Flipbook Heyzine untuk Siswa Kelas X SMA Fajrul Islam. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 115–123. https://doi.org/https://journal.unindra.ac.id/index.php/hortatori/index DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v7i2.2440
Nurbaiti, C., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2021). The Development of Electronic Module (E-Module) Carbohydrates Using The Professional FLIP PDF Application in Organic Cemistry Course. AIP Conference Proceedings, 2331. https://doi.org/10.1063/5.0041893 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0041893
Nurjayadi, M., Sadono, R., & Afrizal. (2021). Development of e-Module Structure and Protein Function with Flip PDF Professional Application Through Online Learning. AIP Conference Proceedings, 2331. https://doi.org/10.1063/5.0041891 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0041891
Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa . Guepedia.
Pramono, D., Ngabiyanto, Isnarto, & Saputro, I. H. (2021). Online Assessment pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19: Transformasi Dunia Pendidikan Menuju Paperless Policy. Indonesian Journal of Conservation , 10(2), 97–99. doi: https://doi.org/10.15294/ijc.v10i2.33096
Putri, B. C., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-modul berbasis Pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk Mendukung Pembelajaran Hybrid Learning di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.45002 DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.45002
Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. EduLib, 5(5), 102–113. DOI: https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307
Rannu, A., & Kunni, J. (2019). Teknik Mencari dan Menulis Berita. Jariah Publishing.
Safitri, S. N., Churiyah, M., Arief, M., & Zen, F. (2021). Pengembangan E-modul Berdasarkan Aplikasi PDF Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Kemampuan Belajar Mandiri Peserta Didik (E-Module Based on The Corporate PDF Flipbook Application Which is Useful in The Covid-19 Era). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(6), 589–599. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p589-599 DOI: https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p589-599
Septryanesti, N., & Lazulva, L. (2019). Desain dan Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 202–215. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5659 DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5659
Setyawan, W. H., & Nawangsari, T. (2021). Pengaruh E-Module Speaking Berbasis Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 339. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.339-346.2021 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.339-346.2021
idiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01 DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Sigalingging, R. (2020). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Implementasi Kurikulum Merdeka . Tata Akbar .
Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Suparman, S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Pinus Book .
Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2). DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Tiara Putri, & Basri, I. (2014). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 92(9), 1–8. DOI: https://doi.org/10.24036/108983-019883
Tomlinson, C. A. (1999). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differetiated Instructioin in Mixed-Ability Classroom. ASCD.
Triyono, S. (2021). Dinamika Penyusunan E-Modul. Penerbit Adab .
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Bumi Aksara.
Zakia Nur Jannah. (2020). Mendidik Anak Muslim Generasi Digital. Aluswah.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.