Penerapan Model Inquiri dalam Pembelajaran Berbicara Siswa SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3523

Authors

  • M. Fachmy Achdan Kadir Universitas Negeri Makassar
  • Anshari Anshari Universitas Negeri Makassar
  • Agussalim Aj Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Keterampilan berbicara; model inquiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian penerapan model Inquiri siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros dan mendeskripsikan hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII A SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah puposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan statistika inferensial. Nilai rata-rata keterampilan berbicara pada pretest yaitu 57,65 dan nilai rata-rata keterampilan berbicara posttest yaitu 65,33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan skor rata-rata hasil tes antara pretest dan posstest dengan menggunakan rumus uji-t design ketiga, dapat diketahui bahwa nilai (thitung) yang diperoleh sebesar -4,266, jadi thitung = -4,266 dan ttabel = -1,37. Dengan demikian, thitung ≤ ttabel. Berdasarkan perhitungan, maka H0 diterima dan H1 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, N. 2014. Model Pembelajaran Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Tidak diterbitkan. SKTIP siliwangi. Bandung.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra Indonesia. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Mudini. 2009. Pembelajaran Berbicara (Modul Suplemen KKG). Jakarta: Depdiknas.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rohaniawati, Dede. 2016. Penerapan Pendekatan Inquiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Guru. Jurnal. Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol. 01 Februari 2016: ISSN 2301-7562. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1064

Rosita, Farida Yufarlina. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Berbicara. Jurnal. Inovasi Pembelajaran. Vol. 1 No. 1. Diakses Mei 2015. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Setyonegoro, Agus. 2013. Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara. Jurnal. Pena Vol. 3 No. Diakses 1 Juli 2013: ISSN 2089-3973.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2024-03-30

How to Cite

M. Fachmy Achdan Kadir, Anshari, A., & Agussalim Aj. (2024). Penerapan Model Inquiri dalam Pembelajaran Berbicara Siswa SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1398–1406. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3523

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)