Pengembangan Model Pembelajaran Menyampaikan Kritik Sosial dalam Teks Anekdot melalui Aktivitas Apresiasi Berbasis Proyek Video Sitkom

  • Alif Nursukma Putra Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Andajani
  • Didin Widyartono
Keywords: Apresiasi berbasis proyek, Kritik sosial, Model pembelajaran, Teks anekdot, Video sitkom

Abstract

Kompetensi menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot yang dipandang sederhana, menyebabkan kurangnya inovasi pada pembelajaran ini. Pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot melalui aktivitas apresiasi berbasis proyek video sitkom. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4-D Thiagarajan. Tahap pengembangan yang dilaksanakan (1) mendefiniskan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial, (2) merancang model pembelajaran menyampaikan kritik sosial, (3) mengembangkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial, (4) menyebarluaskan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial. Teknik analisis data kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Sementara itu, teknik analisis data kuantitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari angket penilaian dan hasil uji efektivitas. Hasil penelitiana adalah (1) ditemukan kesenjangan pada pembelajaran menyampaikan kritik sosial di sekolah sehingga diperlukan inovasi model pembelajaran; (2) dihasilkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial teks anekdot melalui aktivitas apresiasi berbasis proyek video sitkom dengan komponen sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dan sistem pendukung; (3) model pembelajaran yang dihasilkan di atas 80% valid, praktis, dan efektif; (4) model pembelajaran telah disebarluaskan terbatas kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah uji coba. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran layak  dan  dapat  diaplikasikan sebagai  alternatif  pengajaran komptensi menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMK Swasta Al Ma’shum Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP], 1(3), 200–208. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5416
Al-Ma’ruf, A. I. (2006). Pembelajaran Sastra Apresiatif dengan Rekreasi-Responsi-Redeskripsi dalam Perspektif KBK. Kajian Lingustik daan Sastra, 18(34), 16–37. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/5125
Anastasya, S. (2013). Teknik-Teknik Humor dalam Program Komedi di Televisi Swasta Nasional Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 1(1), 1–11. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/88
Ariadi, N. M. (2022). Model pembelajaran numbered head together untuk meningkatkan kemampuan menentukan struktur teks anekdot. Indonesian Journal of Educational Development, 3(3), 447–455. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367682
Aulia, F. T., & Gumilar, S. I. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia (1st ed., Vol. 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Damono, S. D. (2018). Alih Wahana (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Darmuki, A., Hidayati, N. A., Tanghal, A. B., & Esteban Jr. Alfredo M. (2023). Pengembangan dan Keefektifan Model Buku Teks Mata Kuliah Strategi Pembalajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 9(1), 223–238. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22635
Imrotin, Famsah, S., & Ambarwati, A. (2022). Pemanfaatan Anekdot dalam Membuat Komik Strip Bertema Sosial bagi Peserta Didik SMK Bidang Animasi: Kajian Sastra Interdisipliner. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 8(2), 303–316. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21721
Joyce, B., & Weil, M. (2003). Fifth Edition Models of Teaching. Prentice Hall of India, 1–479.
Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik:(Konsep dan Aplikasi) (2nd ed.). Ae Media Grafika.
Kartini, A., Sari, D. E., Syihabuddin, Youpika, F., & Damaianti, V. (2022). Pengembangan Instrumen Menulis Puisi melalui Aplikasi‘PAP’ Berbasis Android. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 8(2), 349–361. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21337
Kumar, J. A. (2021). Educational chatbots for project-based learning: investigating learning outcomes for a team-based design course. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00302-w
Laksono, A. T., & Baehaqie, I. (2015). Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot dengan Model Pembelajaran Role Playing “Pelayanan Publik” pada Peserta Didik Kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 8 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7383
Liantina Zulfa Khodijah, S., Andriani, N. F., & Nugraha, V. (2019). Pembelajaran Menganalisis Struktur Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievements Division (STAD). Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(4), 643–650. https://doi.org/10.22460/p.v2i4p%25p.3026
M, S. (2023). Prototipe Model Pembelajaran Adabul Muta ’allim untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Journal on Education, 06(01), 5662–5672. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3755
Mahfudoh, M., Mawadah, A. H., & Hadiansyah, F. (2023). Analisis Antropologi Sastra dalam Novel Telegram Titik Habis Karya Fathullah Wajdi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 6(2), 309–327. https://doi.org/10.24176/kredo.v6i2.8908
Maneking, C., Adi, A., & Iskandar, M. (2017). Penyutradaraan Program Televisi Sitkom Sebagai Bentuk Kritik Melalui Komedi. EProceedings of Art & Design, 4(1), 38–45.
Marjuki. (2020). 181 Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Remaja Rosdakarya.
Momang, H. D. (2021). Pengembangan Model Buku Ajar Digital Keterampilan Menyimak Berdasarkan Pendekatan Autentik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 7(1), 71–93. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202
Moody, H. L. B. (1972). Longman Handbooks for Language Teachers. The Teaching of Literature. Longman Group Ltd.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 125–135). Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_10
Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. UGM Press.
Priyatni, E., & Harsiati, T. (2016). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Bumi Aksara.
Puadi Ilyas, H. (2016). Retaining Literature in the Indonesian ELT Curriculum. Studies in English Language and Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.24815/siele.v3i1.3384
Puspitoningrum, E., Agan, S., & Rahmayantis, M. D. (2023). Model Pembelajaran Menulis Teks Anekdot melalui Virtual Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Siswa SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 6(1), 32–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Rahmayantis, M. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 2(1), 47–56. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043
Rahmayantis, M. D., & Nurlailiyah, N. (2020). Pengembangan Materi Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 6(2), 243–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025
Rofiuddin, A., Susanto, G., Widyartono, D., Sultan, S., Muzaki, H., & Panich, P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Daring Tingkat Pemula Rendah. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 153. https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3376
SEAQIL’s Team, Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2020). HOTS-Oriented Module: Project Based Learning (1st ed.). SEAMEO QITEP in Language. https://www.qiteplanguage.org/module
Sholekah, L. A. N., & Nuryatin Agus. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Kesantunan Berbahasa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11301
Siregar, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematang Siantar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 206–214. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3173
Susanti, Y., & Pratiwi, Y. (2018). Kritik Sosial dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X MA Bilingual Batu. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.17977/um007v2i22018p147
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Utomo, D. P. (2020). Mengembangkan Model Pembelajaran: Merancang dan Memadukan Tujuan, Sintaks, Sistem Sosial, Prinsip Reaksi, dan Sistem Pendukung Pembelajaran. In Bildung.
Wiradharma, G., Fahmi, Z., & Arisanty, M. (2022). Alih Wahana Folklor Indonesia dalam Tumbler Kopi. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8(1), 063. https://doi.org/10.30813/bricolage.v8i1.2902
Published
30-07-2023
How to Cite
Alif Nursukma Putra, Kusubakti Andajani, & Didin Widyartono. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Menyampaikan Kritik Sosial dalam Teks Anekdot melalui Aktivitas Apresiasi Berbasis Proyek Video Sitkom. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 848-870. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2826
Section
Articles