Pengembangan Model Pembelajaran Menyampaikan Kritik Sosial dalam Teks Anekdot melalui Aktivitas Apresiasi Berbasis Proyek Video Sitkom
Abstract
Kompetensi menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot yang dipandang sederhana, menyebabkan kurangnya inovasi pada pembelajaran ini. Pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot melalui aktivitas apresiasi berbasis proyek video sitkom. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4-D Thiagarajan. Tahap pengembangan yang dilaksanakan (1) mendefiniskan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial, (2) merancang model pembelajaran menyampaikan kritik sosial, (3) mengembangkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial, (4) menyebarluaskan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial. Teknik analisis data kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Sementara itu, teknik analisis data kuantitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari angket penilaian dan hasil uji efektivitas. Hasil penelitiana adalah (1) ditemukan kesenjangan pada pembelajaran menyampaikan kritik sosial di sekolah sehingga diperlukan inovasi model pembelajaran; (2) dihasilkan model pembelajaran menyampaikan kritik sosial teks anekdot melalui aktivitas apresiasi berbasis proyek video sitkom dengan komponen sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dan sistem pendukung; (3) model pembelajaran yang dihasilkan di atas 80% valid, praktis, dan efektif; (4) model pembelajaran telah disebarluaskan terbatas kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah uji coba. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran layak dan dapat diaplikasikan sebagai alternatif pengajaran komptensi menyampaikan kritik sosial dalam teks anekdot.
Downloads
References
Al-Ma’ruf, A. I. (2006). Pembelajaran Sastra Apresiatif dengan Rekreasi-Responsi-Redeskripsi dalam Perspektif KBK. Kajian Lingustik daan Sastra, 18(34), 16–37. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/5125
Anastasya, S. (2013). Teknik-Teknik Humor dalam Program Komedi di Televisi Swasta Nasional Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 1(1), 1–11. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/88
Ariadi, N. M. (2022). Model pembelajaran numbered head together untuk meningkatkan kemampuan menentukan struktur teks anekdot. Indonesian Journal of Educational Development, 3(3), 447–455. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367682
Aulia, F. T., & Gumilar, S. I. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia (1st ed., Vol. 1). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Damono, S. D. (2018). Alih Wahana (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Darmuki, A., Hidayati, N. A., Tanghal, A. B., & Esteban Jr. Alfredo M. (2023). Pengembangan dan Keefektifan Model Buku Teks Mata Kuliah Strategi Pembalajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 9(1), 223–238. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22635
Imrotin, Famsah, S., & Ambarwati, A. (2022). Pemanfaatan Anekdot dalam Membuat Komik Strip Bertema Sosial bagi Peserta Didik SMK Bidang Animasi: Kajian Sastra Interdisipliner. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 8(2), 303–316. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21721
Joyce, B., & Weil, M. (2003). Fifth Edition Models of Teaching. Prentice Hall of India, 1–479.
Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik:(Konsep dan Aplikasi) (2nd ed.). Ae Media Grafika.
Kartini, A., Sari, D. E., Syihabuddin, Youpika, F., & Damaianti, V. (2022). Pengembangan Instrumen Menulis Puisi melalui Aplikasi‘PAP’ Berbasis Android. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 8(2), 349–361. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21337
Kumar, J. A. (2021). Educational chatbots for project-based learning: investigating learning outcomes for a team-based design course. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00302-w
Laksono, A. T., & Baehaqie, I. (2015). Peningkatan Keterampilan Memproduksi Teks Anekdot dengan Model Pembelajaran Role Playing “Pelayanan Publik” pada Peserta Didik Kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 8 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7383
Liantina Zulfa Khodijah, S., Andriani, N. F., & Nugraha, V. (2019). Pembelajaran Menganalisis Struktur Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievements Division (STAD). Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(4), 643–650. https://doi.org/10.22460/p.v2i4p%25p.3026
M, S. (2023). Prototipe Model Pembelajaran Adabul Muta ’allim untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Journal on Education, 06(01), 5662–5672. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3755
Mahfudoh, M., Mawadah, A. H., & Hadiansyah, F. (2023). Analisis Antropologi Sastra dalam Novel Telegram Titik Habis Karya Fathullah Wajdi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 6(2), 309–327. https://doi.org/10.24176/kredo.v6i2.8908
Maneking, C., Adi, A., & Iskandar, M. (2017). Penyutradaraan Program Televisi Sitkom Sebagai Bentuk Kritik Melalui Komedi. EProceedings of Art & Design, 4(1), 38–45.
Marjuki. (2020). 181 Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Remaja Rosdakarya.
Momang, H. D. (2021). Pengembangan Model Buku Ajar Digital Keterampilan Menyimak Berdasarkan Pendekatan Autentik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 7(1), 71–93. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202
Moody, H. L. B. (1972). Longman Handbooks for Language Teachers. The Teaching of Literature. Longman Group Ltd.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 125–135). Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_10
Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. UGM Press.
Priyatni, E., & Harsiati, T. (2016). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Bumi Aksara.
Puadi Ilyas, H. (2016). Retaining Literature in the Indonesian ELT Curriculum. Studies in English Language and Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.24815/siele.v3i1.3384
Puspitoningrum, E., Agan, S., & Rahmayantis, M. D. (2023). Model Pembelajaran Menulis Teks Anekdot melalui Virtual Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Siswa SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 6(1), 32–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Rahmayantis, M. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 2(1), 47–56. https://doi.org/10.22219/kembara.v2i1.4043
Rahmayantis, M. D., & Nurlailiyah, N. (2020). Pengembangan Materi Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 6(2), 243–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025
Rofiuddin, A., Susanto, G., Widyartono, D., Sultan, S., Muzaki, H., & Panich, P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Daring Tingkat Pemula Rendah. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 153. https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3376
SEAQIL’s Team, Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2020). HOTS-Oriented Module: Project Based Learning (1st ed.). SEAMEO QITEP in Language. https://www.qiteplanguage.org/module
Sholekah, L. A. N., & Nuryatin Agus. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Kesantunan Berbahasa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11301
Siregar, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematang Siantar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 206–214. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3173
Susanti, Y., & Pratiwi, Y. (2018). Kritik Sosial dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X MA Bilingual Batu. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.17977/um007v2i22018p147
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Utomo, D. P. (2020). Mengembangkan Model Pembelajaran: Merancang dan Memadukan Tujuan, Sintaks, Sistem Sosial, Prinsip Reaksi, dan Sistem Pendukung Pembelajaran. In Bildung.
Wiradharma, G., Fahmi, Z., & Arisanty, M. (2022). Alih Wahana Folklor Indonesia dalam Tumbler Kopi. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 8(1), 063. https://doi.org/10.30813/bricolage.v8i1.2902
Copyright (c) 2023 Alif Nursukma Putra, Kusubakti Andajani, Didin Widyartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.