Pesan Asertif dalam Dokumen Kebijakan Pendidikan Kurikulum Merdeka: Sebuah Tinjauan Isi Wacana

  • Aldiri Septian Syafiudin Universitas Negeri Malang
  • Roekhan Roekhan Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Andajani Universitas Negeri Malang
Keywords: Pesan Asertif, Komunikasi Asertif, Tindak tutur ilokusi asertif, Wacana Kebijakan Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Analisis kualitatif isi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua pembahasan, yaitu (1) bagaimanakah jenis pesan asertif dalam wacana kebijakan pendidikan tentang kurikulum Merdeka dan (2) bagaimanakah isi pesan asertif dalam kebijakan pendidikan tentang kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif isi. Data penelitian ini adalah kalimat yang mengandung pesan asertif kebijakan pendidikan. Sumber data penelitian ini adalah wacana KM, meliputi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Permendikbud) dan Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). Hasil penelitian ini adalah ditemukan empat jenis pesan asertif dalam dokumen kebijakan pendidikan KM, yaitu 21 data pesan asertif informatif, 18 data pesan asertif instruktif, 8 data pesan asertif validatif, 4 data pesan asertif justifikatif. Tidak ditemukan adanya jenis pesan asertif klarifikatif maupun koersif mengindikasikan bahwa pemangku kebijakan (Kemendikbud dan Kepala BSAKP) merasa cukup jelas dan tegas dalam menyampaikan kebijakannya tanpa harus ada redaksi klarifikasi berupa penjelasan detail ulang. Selain itu, mereka juga lebih mengutamakan pendekatan yang persuasif dan edukatif, daripada menggunakan sanksi ataupun paksaan. Sanksi koersif diganti dengan pilihan kebijakan yang disesuaikan dengan kesiapan satuan pendidikan masing-masing. Selanjutnya, ditemukan empat isi wacana utama dalam dokumen kebijakan pendidikan tentang KM, meliputi perihal mengenai (1) penyampaian latar belakang, (2) penyampaian makna tuntutan utama kebijakan, (3) penyebutan keterkaitan dasar hukum (peraturan), dan (4) penyampaian tujuan pendidikan dalam KM. Selain itu, tidak dijelaskannya sanksi dan konsekuensi mengindikasikan bahwa secara eksplisit dampak apabila kurikulum ini tidak dilaksanakan juga tidak ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, A., Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Alberti, R. E., & Emmons, M. L. (2017). Your perfect right: A guide to assertive behavior (8th ed.). Impact Publishers.

Anderson, E. (2011). Democracy, Public Policy, and Lay Assessments of Scientific Testimony1. Episteme, 8(2), 144-164. https://doi.org/10.3366/epi.2011.0013

Bantam, D. J., Haerunnisa, A., Salsabilla, D. A., & Dewi, L. T. M. (2024). Gambaran Komunikasi Asertif Himapsi Unjaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Keilmuan Mandira Cendikia, 2(10), 17-24.

Charmaz, K., & Thornberg, R. (2021). The pursuit of quality in grounded theory. Qualitative research in psychology, 18(3), 305-327. https://doi.org/10.1080/14780887.2020.1780357

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hamidah, D. (2020). Kebijakan Pendidikan dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.250

Kholid, A. I., Ari, H. D. P.,Putri, I. R. R., Cendekia, C. A., Padmarani, K., Utomo, A. P. Y., & Darmawan, R. I. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Direktif Dalam Teks Editorial Pada “Surat Kabar Kompas” Dalam Kaitannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2), 21-44. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.396

Leonardo, L., & Azeharie, S. (2023). Representasi Komunikasi Asertif Ayah dan Anak dalam Film Ngeri-Ngeri Sedap (Analisis Semiotika Pierce). Kiwari, 2(4), 694-701.https://doi.org/10.24912/ki.v2i4.27278

Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790-816.https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.2708

Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88. https://doi.org/10.18196/jpk.v5i2.20682

Reimers, F. M., & Schleicher, A.(2020), "A framework to guide an education response to the COVID-19 Pandemic of 2020", OECD Policy Responses to Coronavirus (COVID-19), OECD Publishing, Paris,. https://doi.org/10.1787/6ae21003-en

Searle, J. R. (1969). Speech Acts: An Essay in The Philosophy of Language. Cambridge University Press.

Siahaan, S. M. (1990). Komunikasi: Pemahaman dan penerapannya. BPK Gunung Mulia.

Suhelayanti. (2019). Analisis Kebijakan Pendidikan. Lentera Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies (PFI LANGSA), 1 (1), 11 – 26. https://doi.org/10.32505/lentera.v1i1.1662

Sukataman, S., Wardhani, S. P., Musyaffa, K. B., & Alfiyah, S. (2023). Kritik Kepemimpinan Nadhiem Makariem Terhadap Kurikulum Merdeka. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(2), 116-129. https://doi.org/10.33507/ibtida.v3i2.1273

Teguh, M. T. S., Az-zahra, S. M., & Atikah, C. (2024). KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 759-766. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13354

Tiara, A., & Khotimah, W. Q. (2023). Inklusi pada Organisasi dalam Membangun Kemampuan Komunikasi Asertif Individu. Kaganga Komunika: Journal of Communication Science, 5(2), 222-236.

https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v5i2.3024

Utomo, A. P. Y., Farkhatunnisa, A., & Fitriyani, A. (2023). Tindak Tutur Asertif dan Direktif pada Novel" Tak Putus Dirundung Malang" Karya S. Takdir Alisjahbana. VOKAL: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 19-30. https://doi.org/10.33830/vokal.v2i1.3230.

Widjaja, A.W. (2000). Pengantar Studi Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Komunikasi Asertif Terhadap Pengelolaan Konflik. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v1i1.1392

Wilujeng, S. R., Syamsuddin, M. M., & Murtiningsih, R. S. (2020). Dinamika Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Filsafat. Humanika, 27(2), 170-183.

https://doi.org/10.14710/humanika.v27i2.34762

Published
14-06-2024
How to Cite
Syafiudin, A. S., Roekhan , R., & Kusubakti Andajani. (2024). Pesan Asertif dalam Dokumen Kebijakan Pendidikan Kurikulum Merdeka: Sebuah Tinjauan Isi Wacana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2651-2666. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3895
Section
Articles