Materi Bahasa dan Budaya dalam Program Siniar Bahasa Indonesia Bersama Windah di Spotify
Abstract
Materi bahasa dan materi budaya merupakan sarana belajar bahasa Indonesia yang digunakan dalam program siniar Bahasa Indonesia Bersama Windah di Spotify. Materi bahasa dan materi budaya dalam siniar BIPA memiliki keunikan dan kekhasan yang tidak dapat terlepas dari karakteristik dan kemahiran berbahasa pemelajar BIPA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan materi bahasa dan budaya dalam program siniar Bahasa Indonesia Bersama Windah di Spotify. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data verbal yang diperoleh dari tuturan penyiar siniar Spotify Bahasa Indonesia Bersama Windah. Data penelitian ini bersumber dari dokumentasi empat belas rekaman audio tuturan penyiar program siniar Bahasa Indonesia Bersama Windah tahun 2021–2023 yang memuat materi bahasa dan materi budaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam siniar Bahasa Indonesia Bersama Windah di Spotify memuat materi bahasa yang dapat dikategorikan dalam materi kosakata dan tata bahasa. Kosakata mencakup kosakata formal, kosakata informal, kosakata kata tunggal, kosakata kelompok kata, sedangkan tata bahasa mencakup kata berimbuhan, kata sandang, kata sapaan, kata penegasan, dan kata partikel. Materi budaya dapat dikategorikan dalam perilaku budaya, pengetahuan budaya, dan benda-benda budaya. Perilaku budaya mencakup cara hidup dan sopan santun, pengetahuan budaya mencakup bahasa, makanan, tradisi lisan, dan sistem religi, serta benda-benda budaya mencakup produk seni, teknologi tradisional, dan peninggalan sejarah.
Downloads
References
Arimi, S. (2019). Analisis Korelasi Kompetensi dan Materi Ajar BIPA di INCULS, FIB-UGM. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI 2019, 34–67. http://kipbipa.appbipa.or.id/unduh/Pembicara%204%20%28Sailal%20Arimi%29.pdf
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja. Jurnal Skripta, 5(2), 33–39. https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.424
Bachtiar, A. (2019). Representasi Ideologi melalui Piranti Linguistik dalam Wacana Berita Elit Politik di Kompas.com (Kajian Analisis Wacana Kritis Fairclough) [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/13083/1/Jurnal%20Tesis%20Akbar.pdf
Dewanti, F. C., Ahsin, M. N., & Fathurohman, I. (2020). Penggunaan Lagu Karya Band Wali sebagai Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Seminar Internasional - SEMAR BIPA UMK 2020 , 149–156. https://conference.umk.ac.id/index.php/semarbipa/article/view/284
Dewi, N. R., & Saputra, D. (2021). Transportasi Tradisional Sado di Kota Jambi 1980-2010. Jurnal Istoria Prodi Pendidikan Sejarah, 5(1), 65–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/istoria.v5i1.104
Ertinawati, Y., & Nurjamilah, A. S. (2020). Analisis Variasi Kata Sapaan antara Penjual dan Pembeli di Pasar Induk Cikurubuk Tasikmalaya Ditinjau dari Perspektif Pragmatik. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 10(Volume 10), 126–139. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.3027
Febriani, L. (2023). Bentuk Kosakata Tunggal dan Bentuk Kosakata Kompleks pada Siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Purwokerto Tahun Pelajaran 2021-2022 [Universitas Muhammadiyah Purwokerto]. https://repository.ump.ac.id/15351/
Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi Lisan sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat. Jurnal Fonema: Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 48–66. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1
Hashemi, A., & Daneshfar, S. (2018). The Impact of Different Teaching Strategies on Teaching Grammar to College Students. Theory and Practice in Language Studies, 8(3), 340. https://doi.org/10.17507/tpls.0803.10
Hermansya, M. Y., Suyatno, & Yuniseffendri. (2022). Presentation of Indonesian Cultural Elements in BIPA Teaching Materials Published by the Ministry of Education and Culture. Jurnal DISASTRI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(3), 68–79. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/disastri.v4i3.3714
Hermoyo, P. R., & Suher. (2017). Peranan Budaya Lokal dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Aasing (BIPA). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 120–126. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v1i2b.1060
Indahsari, D. (2020). Using podcast for EFL students in language learning. JEES (Journal of English Educators Society), 5(2), 103–108. https://doi.org/10.21070/jees.v5i2.767
Juwanda, J., Zulaeha, I., Mardikantoro, H. B., & Yuniawan, T. (2023). Characteristics of Indonesian Teaching Materials for Foreign Speakers for the Business Communication Purposes. ISET: International Conference of Science, Education and Technology, 389–395. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/iset
Kariarta, I. W. (2019). Kontemplasi di antara Mitos dan Realitas (Contemplation between Myths and Realities). Jurnal Jñānasiddhânta, 1(1), 37–47. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/jnana.v1i1.344
Kusmiatun, A. (2021). Pariwisata dalam Bingkai Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Seminar Nasional PIBSI ke-43 “Potensi Budaya, Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya untuk Pengembangan Pariwisata dan Industri Kreatif”", 458–475. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.249
Kusmiatun, A., Suyitno, I., Widodo, H. S., & Basuki, I. A. (2017). Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) Learning for Academic Purposes. IJSSES: International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4), 197–207. https://doi.org/10.23918/ijsses.v3i4p197
Laila, N. A., & Ibrahim, N. (2021). Struktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 395. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.37179
Maharani, T., & Astuti, E. S. (2018). Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10(1), 121–142. https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.121-142
Mardiah, Z., Dewi, K. R., Tausi, E. M., & Azizah, S. F. N. (2018). Sapaan “Mbak” dan “Mas” Merebak Digunakan di Jakarta: Sebuah Kajian Sosiolinguistik. 532–536. https://kolita.atmajaya.ac.id/assets/uploads/K16/532-536%20Zaqiatul%20Mardiah,%20Kharisma%20Rosma%20Dewi,%20Elco%20Mytha%20Tausi,%20Siti%20Fajriah%20Nur%20Azizah.pdf
Nurnovika, A. (2019). Perbandingan Partikel Preposisi Bahasa Indonesia dengan Bahasa Korea: Sebuah Analisis Kontrastif. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 11. https://doi.org/10.30659/j.7.1.11-24
Nursyairofi, M. H., Usman, R., & Susanto, G. (2020). Korelasi, Motivasi, dan Prospek terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Amerika di Program BIPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1225–1236. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Oktavia, W., & Hayati, N. (2020). Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah pada Masa Pandemi COVID 19 (Coronavirus Disease 2019). Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2607
Google Play. (2023). Spotify: Putar Musik & Podcast. https://play.google.com/store/search?q=spotify&c=apps&hl=id&gl=US
Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022
Rahmayati, H. (2022). Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Level A-1 dengan Menggunakan Permainan Kartu Kata dan Kartu Gambar. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (APIC), 5(2), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no2.99
Rejeki, W. P., Manaf, N. A., Juita, N., & Jamaluddin, N. (2023). Analisis Wacana Kritis Perspektif Nourman Fairlough dalam Berita Daring. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(3), 151–159. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrmAnalisisWacanaKritisPerspektifNourmanFairloughdalamBeritaDaring
Saaristo, P. (2015). Grammar is the heart of language: grammar and its role in language learning among Finnish university students. Dalam J. Jalkanen, E. Jokinen, & P. Taalas (Ed.), Voices of pedagogical development – Expanding, enhancing and exploring higher education language learning (hlm. 279–318). Research-publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2015.000296
Saddhono, K. (2018). Aspek Budaya dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10107
Saputra, Y. L., Noviatri, N., & Syafyahya, L. (2022). Prefiks {meN-} dalam Kumpulan Cerpen Kupu-Kupu Banda Mua Karya Elly Delfia: Tinjauan Morfologi. Puitika, 18(2), 39. https://doi.org/10.25077/puitika.18.2.34-51.2022
Sari, C. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Kosakata melalui Aplikasi Kuis Kosakata Daring bagi Pemelajar BIPA Level A2. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) , 3(2), 125–132. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.4209
Shofiyaturrosyidah, Kanzunnudin, M., & Ahsin, M. N. (2021). Analisis Unsur Budaya Buku Ajar BIKOM: BIPA Komunikasi Perkantoran Pemula A. Potensi Budaya, Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya untuk Pengembangan Pariwisata dan Industri Kreatif, 173–180. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/pibsi.v43i1.224
Sneddon, J. N., Adeelar, A., Djenar, D., & Ewing, M. (2012). Indonesian: A Comprehensive Grammar (2nd Edition). Routledge.
Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. Holt, Rinehart and Winston.
Strickland, B. K., Brooke, J. M., Zischke, M. T., & Lashley, M. A. (2021). Podcasting as a tool to take conservation education online. Ecology and Evolution, 11(8), 3597–3606. https://doi.org/10.1002/ece3.7353
Sucahyo, N. (2019). Bahasa Indonesia Makin Diminati Orang Asing. https://www.voaindonesia.com/a/bahasa-indonesia-makin-diminati-orang-asing/5030734.html
Sugiono, S. (2021). Podcast: Budaya Digital dalam Aspek Edukasi Selama Pandemi COVID-19. Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi, 4(2), 108–118. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i2.256
Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia begi Penutur Asing (BIPA). Dalam Sukatman, Muti’ah Arju, & A. Taufiq (Ed.), Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global (hlm. 55–70). FKIP Universitas Jember. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4856
Suyitno, I. (2021). Pembelajaran BIPA: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikanya. Refika Aditama.
Tomlinson, B., & Masuhara, H. (2018). The Complete Guide to the Theory and Practice of Materials Development for Language Learning. John Wiley & Sons.
Turmuzi, A. (2020). Tradisi Lisan Naskah Bekesah Puspakrama (Tinjauan Semiotik). PENAOQ: Jurnal Sastra, Budaya dan Pariwisata, 1(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.51673/penaoq.v1i1.241
Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36–44. https://doi.org/10.35814/coverage.v8i2.588
We are Social. (2022). Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/
Copyright (c) 2024 Rizkia Nur Farikha, Imam Suyitno, Didin Widyartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.