Rekonstruksi Kreatif Cerita Pendek Menjadi Cerita Mini
Abstract
Penelitian ini berfokus pada proses rekonstruksi cerita pendek menjadi cerita mini, sebuah metode yang memungkinkan peningkatan kreativitas dan kepadatan naratif dalam sastra kontemporer. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi teknik-teknik yang efektif dalam mengkondensasi elemen-elemen cerita pendek tanpa mengurangi esensi dan pesan yang ingin disampaikan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengamati dan menganalisis berbagai cerita pendek yang telah berhasil diubah menjadi cerita mini yang telah dipilih oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekonstruksi cerita pendek menjadi cerita mini tidak hanya memerlukan pemahaman yang mendalam tentang struktur naratif, tetapi juga kepekaan terhadap nilai estetika dan ritme bahasa. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam studi sastra dan menawarkan panduan praktis bagi penulis yang ingin mengembangkan kemampuan mereka dalam menciptakan cerita mini yang berdampak dan menggugah.
Downloads
References
Alanshor, I. A., & Syahid, A. H. (2023). Tren Perubahan Sosial: Transgresi dan Inovasi dalam Gaya Sastra Kontemporer. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 6(02), 154-171.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.a
Astuti, A., Novitasari, L., & Suprayitno, E. (2023). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Tak Semanis Senyummu Karya Sirojuth. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1).
Drakel, W. J., Pratiknjo, M. H., & Mulianti, T. (2018). Perilaku mahasiswa dalam menggunakan media sosial di Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.
Febrianti, F., Suntoko, S., & Pratiwi, W. D. (2021). Ekranisasi Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Madani Ke Film Assalamualaikum Calon Imam Karya Findo Purnowo Hw. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9591-9599.
Febrianti, N. A. (2023). Analisis penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebagai pembentukan keterampilan berpikir kritis. Prosiding Samasta.
Hamidah, A. A. A., Rosalina, S., & Triyadi, S. (2023). Kajian sosiolinguistik ragam bahasa gaul di media sosial Tiktok pada masa pandemi covid-19 dan pemanfaatannya sebagai kamus bahasa gaul. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 61-68.
Iskandar, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, Dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.
Iskandar, V. N. A., & Harsiati, T. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(2), 98-109.
Iswara, T. W. (2020). Analisis Struktur Dan Makna Film Into The Wood Dengan Perspektif Fantastik Tzevan Todorov. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 22-31.
Jayanti, N. K. T., & Fristyawan, I. M. J. (2024). Menemukenali Bahasa Figuratif Dalam Cerita Pendek" Kisah I Swarnangkara Si Penjaga Hutan" Karya I Nyoman Suarjana. Kulturistik: Jurnal Bahasa dan Budaya, 8(1).
Juniarti, Y. (2020, January). Pentingnya keterampilan menulis akademik bagi mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 185-189).
Mulyono, M. (2022). Mengantisipasi radikalisme dengan pemahaman komprehensif tentang cara berpikir radikal sebagai gerakan literasi sastra dan budaya bagi taruna akpol. Tanggon Kosala, 11(2), 485-501.
Rumanti, N. P. Y., Rasna, I. W., & Suandi, I. N. (2021). Analisis gaya bahasa kumpulan cerpen Sagra karya Oka Rusmini dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 119-129.
Sani, R., Permana, I., & Sukawati, S. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Cerpen Anak “Petualangan Banyu Ke Negeri Jauh” Karya Sri Handayaningsih Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 119-126.
Sarasati, B., & Nurvia, O. (2021). Emosi Dalam Tulisan. Psibernetika, 14(1).
Setiawan, S. (2017). Kajian Kode Bahasa, Sastra Dan Budaya Dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2013 Sebagai Pemilihan Bahan Ajar Prosa Fiksi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah Fkip Unpas Bandung: Kode Bahasa: Kode Sastra: Kode Budaya: Bahan Ajar. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(2), 103-111.
Setiyaningsih, M., & Rahmawati, L. E. (2022). Bentuk Tindak Tutur Ekspresif dalam Mini Seri “Sore: Istri dari Masa Depan” Karya Yandy Laurens. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 85-98.
SUHENDI, S. N. (2023). Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Dankebahasaandalam Cerita Rakyat Dan Cerpendengan Model Problem Based Learningberorientasi Pada Peningkatan Kemampuan Berkomunikasipeserta Didik Kelas X Smkn 2 Bandungtahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Ulwatunnisa, M. (2023). Refleksi Masyarakat Indonesia Masa Kini Melalui Cerpen Terbitan Kompas. Journal of Literature and Education, 1(2), 75-82.
Wahyudi, I., & Wati, R. (2021). Fenomena Sastra Cyber: Tren Menulis Cerita Sastra dalam Bingkai Media Sosial. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 91-98.
Qur’ani, H. B., Musaffak, M., & Widodo, J. (2024). Pendampingan Penulisan Cerita Pendek Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2330-2335.
Copyright (c) 2024 Dwi Ariana Irawati, Roekhan Roekhan, Kusubakti Andajani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.