Implementasi Pembelajaran Materi Cerita Pendek Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP di Kabupaten Bondowoso

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5449

Authors

  • Adlina Adlina Universitas Negeri Malang
  • Moch. Syahri Universitas Negeri Malang
  • Didin Widyartono Universitas Negeri Malang

Keywords:

pembelajaran cerita pendek, bahan ajar,dan kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bahan ajar berdasarkan fungsinya, bentuknya, strategi pembelajaran, model dan metode yang digunakan pada pembelajaran materi cerita pendek kelas VIII SMP di Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi mengenai perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh dari angket wawancara guru, kuisioner peserta didik dan pengamatan di kelas. Responden merupakan lima guru bahasa Indonesia dan 152 Peserta didik kelas VIII Fase D SMP dari sekolah yang berbeda di SMP Swasta Kabupaten Bondowoso yaitu yaitu SMP YIMA Islamic School, SMP Katholik Indra Prastha, SMP Islam Terpadu BIC, SMP Muhammadiyah Bondowoso, dan SMP Islam Darul Ihsan. Peneliti menganalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi pembelajaran merupakan tahap krusial dalam memastikan tujuan pendidikan tercapai secara efektif dan bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran cerita pendek, selain buku utama dari Kemendikbud, guru juga memilih buku teks pendamping dari penerbit swasta yaitu dari penerbit Tiga Serangkai, Erlangga, dan Intan Pariwara. Lalu terdapat beberapa sekolah yang sudah mulai menggunakan bahan ajar digital dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar digital tersebut berupa power point, barcode dan ¬e-book. Stategi pembelajaran yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Selanjutnya, penggunaan bahan ajar materi cerita pendek berdasarkan model dan metode pembelajarannya yaitu model pembelajaran bermasis alam dan model pembelajaran outdoor learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Ghofur. (2020). PEngembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam PembelajaraN IPS. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985 DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985

Anjeliani, S., Yanti, L. D., Aisyah, S., Saputra, M. R., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 4(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V4i2.416 DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.416

Amiliya, R., & M, A. D. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam untuk Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 79–87. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158 DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158

Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165

Awaludin, Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). The Development of Hypermedia Based E-Book for Integral Calculus Subject. International Journal of Online Biomedical Engineering, 16(4), 109–127. DOI: https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13393

Fadhilatanni, I. (2020). Analisis Penggunaan Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas X Dalam Perspektif Kebijakan Perbukuan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 109–116. https://doi.org/10.21009/PIP.342.5 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.342.5

Farman, I., Yusniati, & Marela, A. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Powerpoint Berbasis 3d Terhadap Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.44

Handoyo, B. (2021). Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/geografi-untuk-sma-kelas-xi

Hartati, S. (2022). Peran Pendidikan Berbasis Alam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Alami AnaK. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(2), Article 2. DOI: https://doi.org/10.56393/lentera.v2i1.1153

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Academia Publication.

Lestari, D., & Okta, J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(10), 12–26. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i10.747

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1). http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum MerdekA. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392 DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Ramadhani, N. N., & Farhurohman, O. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. 8.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. DOI: https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.7064

Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187

Simatupang, A. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 765–773. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125 DOI: https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125

Suryani, N. A., Martati, B., & Setiawan, F. (2023). Analisis Karakter Mandiri Dalam Kegiatan Outdoor Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3225 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3225

Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644

Wulansari, B. Y. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli LingkungaN. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), Article 2. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v5i2.575

Published

2025-05-03

How to Cite

Adlina, A., Moch. Syahri, & Didin Widyartono. (2025). Implementasi Pembelajaran Materi Cerita Pendek Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP di Kabupaten Bondowoso . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2136–2149. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5449

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)