Implementasi Pembelajaran Materi Cerita Pendek Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP di Kabupaten Bondowoso
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5449
Keywords:
pembelajaran cerita pendek, bahan ajar,dan kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bahan ajar berdasarkan fungsinya, bentuknya, strategi pembelajaran, model dan metode yang digunakan pada pembelajaran materi cerita pendek kelas VIII SMP di Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi mengenai perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh dari angket wawancara guru, kuisioner peserta didik dan pengamatan di kelas. Responden merupakan lima guru bahasa Indonesia dan 152 Peserta didik kelas VIII Fase D SMP dari sekolah yang berbeda di SMP Swasta Kabupaten Bondowoso yaitu yaitu SMP YIMA Islamic School, SMP Katholik Indra Prastha, SMP Islam Terpadu BIC, SMP Muhammadiyah Bondowoso, dan SMP Islam Darul Ihsan. Peneliti menganalisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi pembelajaran merupakan tahap krusial dalam memastikan tujuan pendidikan tercapai secara efektif dan bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran cerita pendek, selain buku utama dari Kemendikbud, guru juga memilih buku teks pendamping dari penerbit swasta yaitu dari penerbit Tiga Serangkai, Erlangga, dan Intan Pariwara. Lalu terdapat beberapa sekolah yang sudah mulai menggunakan bahan ajar digital dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar digital tersebut berupa power point, barcode dan ¬e-book. Stategi pembelajaran yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Selanjutnya, penggunaan bahan ajar materi cerita pendek berdasarkan model dan metode pembelajarannya yaitu model pembelajaran bermasis alam dan model pembelajaran outdoor learning.
Downloads
References
Abd Ghofur. (2020). PEngembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam PembelajaraN IPS. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985 DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985
Anjeliani, S., Yanti, L. D., Aisyah, S., Saputra, M. R., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 4(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V4i2.416 DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.416
Amiliya, R., & M, A. D. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam untuk Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 79–87. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158 DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165
Awaludin, Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). The Development of Hypermedia Based E-Book for Integral Calculus Subject. International Journal of Online Biomedical Engineering, 16(4), 109–127. DOI: https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13393
Fadhilatanni, I. (2020). Analisis Penggunaan Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas X Dalam Perspektif Kebijakan Perbukuan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 109–116. https://doi.org/10.21009/PIP.342.5 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.342.5
Farman, I., Yusniati, & Marela, A. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Powerpoint Berbasis 3d Terhadap Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i1.44
Handoyo, B. (2021). Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan. https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/geografi-untuk-sma-kelas-xi
Hartati, S. (2022). Peran Pendidikan Berbasis Alam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Alami AnaK. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(2), Article 2. DOI: https://doi.org/10.56393/lentera.v2i1.1153
Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207
Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Academia Publication.
Lestari, D., & Okta, J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(10), 12–26. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i10.747
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1). http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum MerdekA. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392 DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Ramadhani, N. N., & Farhurohman, O. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. 8.
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. DOI: https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.7064
Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187
Simatupang, A. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 765–773. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125 DOI: https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125
Suryani, N. A., Martati, B., & Setiawan, F. (2023). Analisis Karakter Mandiri Dalam Kegiatan Outdoor Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3225 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3225
Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644
Wulansari, B. Y. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli LingkungaN. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), Article 2. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v5i2.575
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.