Keefektifan Model Pembelajaran Air (Audiotory Intellectually Repetition) dalam Pembelajaran Menyimak

  • M Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sehe Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Besse Herdiana Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Model Pembelajaran, Auditory Intellectually Repetition, Menyimak Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak mahasiswa semester IV.B Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV.B Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo yang berjumlah 40 orang. Hasil dalam penelitian ini adalah hasil pembelajaran menyimak mahasiswa semester IV.B Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo sebelum diajar menggunakan model pembelajaran AIR (Audiotory Intellectually Repetition) dikategorikan sangat rendah dan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran AIR (Audiotory Intellectually Repetition) dikategorikan sedang, aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR (Audiotory Intellectually Repetition) berada pada kategori aktif, dan respons mahasiswa terhadap model pembelajaran AIR (Audiotory Intellectually Repetition) dalam kategori cenderung positif. Dengan demikian, dikatakan bahwa model pembelajaran AIR (Audiotory Intellectually Repetition) efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak mahasiswa semester IV.B Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anna, S., & Suparman, S. (2018). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi

Mengunakan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1

Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan

Sastra, 2(2).

Beta, P., Salvia, R., & Herdiana, B. (2020). Etnografi Komunikasi Tata Cara Bertutur

Masyarakat Suku Padoe. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(1), 527-

Ernawati, NLS dan IW Rasna. 2020. Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik

dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Bahasa Indonesia Vol 9 No 2.

Huda, Miftahul. 2018. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar:

Yogyakarta.

Mustiningtyas, Putri. dkk. 2022. Hubungan Keterampilan Menyimak Cerita pada Anak

Usia Dini dengan Penggunaan Media Animasi Audio Visual dalam Pembelajaran di

Kb. At-Taqwa Tahun Pelajaran 2021/2022. PROCEEDINGS Membangun Karakter

dan Budaya Literasi dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-ruzz Media.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar

Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa,

Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma:

Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327

Published
28-05-2023
How to Cite
Zulham, M., Sehe, & Besse Herdiana. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Air (Audiotory Intellectually Repetition) dalam Pembelajaran Menyimak. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 689-698. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2600
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)