Keefektifan Teknik Imagine terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo

  • Sehe
Keywords: Teknik Imagine (khayalan Visual), Menulis Puisi Bebas

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan teknik imagine terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Teknik pengambilan sampel diambil secara purposive sampling. Tujuh kelas homogen dirandom untuk menentukan dua kelas perlakuan. Dari dua kelas terpilih, dirandom kembali untuk menentukan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perlakuan pada kelas eksperimen adalah menerapkan teknik imagine (khayalan visual) terhadap kemampuan menulis puisi bebas dan kelas kontrol tanpa menerapkan teknik imagine (khayalan visual). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian ujian atau tes. Analisis statistika yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian adalah analisis statistika deskriptif dan inferensial. Kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Palopo yang menerapkan teknik imagine (khayalan visual) dan kemampuan kelas kelas VIII D SMP Negeri 2 Palopo yang tanpa menerapkan teknik imagine (khayalan visual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik Imagine efektif digunakan terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Keefektifan yang dimaksud berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 73,96 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 11,70.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, 1981. A Glossary Of Literary Terms. New York: Holt-Rinehart and Winston.
Altenbernd, Lewis. 1969. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Koreksi Secara Langsung. Jurnal. Wawancara, Dan Dokumentasi. 1-238. https//unnes.ac.id. Diakses 22 Desember 2018.

Aminuddin. 1985. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Dewi, Wahyu Oktarina. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Imagine dengan Media Poster untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batangan Pati. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Surabaya.

Djumingin, Sulastringsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Gr afindo Persada.
Hasuna, Aulia. 2017. Penerapan Strategi Imagine Dalam Meningkatka Kemampuan Menulis Puisi Bebas. Jurnal. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 151-162. https://stkipbjm.ac.id. Diakses 11 Desember 2018.
http://edisusilo09071991.blogspot.com/2015/01/cara-menulis-puisi-bebas.html
https://id.wikihow.com/Menuliskan-Puisi-Bebas.
Maman, Suryaman, Wiyatmi. 2012. Puisi Indonesia, Yogyakarta: Ombak.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Indonesia.
Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Djoko, Rachmat. 2012. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Preminger, Alex (ed) dkk. 1974. Prenceton Encylofedia of Poetry and Poetics. New Jessery: Princenton University Press.

Sari, Eka Purnama. 2014. Keefektifan Teknik Imagine dalam Pembelajaran Puisi Lirik. Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Bandung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Indonesia Bandung.

Sefta, Kurniawan. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa dengan Menerapkan Teknik Imagine (Khayalan Visual) di Kelas XII Bahasa SMAN 4 Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Bengkulu.

Silberman. 2007. Analisis Penerapan Metode Image Streaming (Pengaliran Imaji) Dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal. Bahasa Indonesia. 25-39. https//scholar.google.co.id. Diakses 11 Desember 2018.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjiman P. 1992. Memahami Certa Rekaan. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Tarigan, Henry, Guntur. 2013. Menulis. Bandung: Angkasa.

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Published
30-05-2020
How to Cite
Sehe. (2020). Keefektifan Teknik Imagine terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 507-526. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.265
Section
Articles