Respons Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Berbasis Audio Visual
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia SD berbasis audio visual. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas F Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tahun akademik 2020/2021. Peneliti sebagai instrumen akan mempermudah menggali informasi yang menarik meliputi informasi lain dari yang lain (temuan-temuan yang menarik), yang tidak direncanakan sebelumnya, yang tidak terduga terlebih dahulu atau yang tidak lazim terjadi. Pada penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung lainnya yaitu angket respons. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat ditarik simpulan bahwa respons mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan media berbasis audio visual dan respons mahasiswa terhadap media pembelajaran bahasa Indonesia SD berbasis audio visual berada pada kategori positif.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta
Haryoko, Sapto. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro. Vol. 5 No. 1. Makassar
Karman, Andi. 2013. Pengembangan Media E-learning Berbasis Web dalam Pengajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Nafiah, Himatun. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Kelas IV Mind Guntur Kabupaten Demak. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang
Priandono, Febrian Eko, dkk. 2012. Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 1 No. 3.Universitas Jember
Purwono, Joni, dkk. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2 No. 2. UNS
Satria, Ketut, dkk. 2013. Pengembangan Media Audiovisual pada Mata Diklat Penerapan Efek Khusus pada Objek Produksi Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). Vol. 2 No. 1. Singaraja
Setyanta, Yustinus Budi. 2011. Media Pembelajaran Sastra Berbasis Internet. E-Jurnal Dinas Pendidikan Surabaya. Vol. 1. Surabaya
Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran (Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar). PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Copyright (c) 2021 M Zulham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.