Etika Menulis Pesan Mahasiswa terhadap Dosen melalui Aplikasi Whatsapp
Abstract
Penggunaan media komunikasi berupa telepon sangat efektif digunakan
dalalam proses komunikaasi agar komunikasi lebih lancar antara dosen dan
mahasiswa. Untuk berkomunikasi dengan dosen mahasiswa memanfaatkan
aplikasi whatsapp agar lebih mudah dan lebih mengefisienkan waktu yang
ada. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan etika
komunikasi menulis pesan mahasiswa terhadap dosen Universitas
Cokroaminoto Palopo melalui aplikasi whatsapp, 2) Faktor yang
menyebabkan mahasiswa menulis pesan terhadap dosen Universitas
Cokroaminoto Palopo melalui wahtsapp. Metode yang digunakan adalah
metode deskrptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan
yaitu wawancara semi-terstruktur dan melalui transkrip percakapan menulis
pesan berupa teks yang diambil secara langsung dari mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan: 1) Etika komunikasi menulis pesan mahasiswa
terhadap dosen Universitas Cokroaminoto Palopo sudah sesuai dengan
situasi dan kondisi, 2) Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa
menuliskan pesan terhadap dosen Universitas Cokroaminoto Palopo, yaitu
untuk memperoleh informasi apakah dosen yang bersangkutan masuk
mengajar atau tidak, untuk melakukan konsultasi pembimbingan, Kampus
merdeka, Magang 1, Magang 2, Magang 3, Pramuka, Proposal, Skripsi,
melakukan komunikasi mengenai administratif terhadap dosen PA, dosen
pembimbing dan berbagai informasi tentang kepentingan akademik yang
lainnya berhubungan dengan keperluan dunia kampus. Dari data yang
diperoleh secara langsung dari percakapan chat antara dosen dam
mahasiswa, hanya sedikit Mahasiswa yang menulis pesan secara pribadi
terhadap dosen yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Hasil penelitian ini
berguna untuk dosen dan mahasiswa sebagai referensi dalam menggunakan
aplikasi whatsapp.
Downloads
References
Abdul Chaer dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rike
Cipta
Brown dan Yule. 2004. Language Assement: principles and classroom
Practices. Write Palains, New York: Pearson Education.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kuaalitatif Analisis Data. Jakarta:
rajawali Press.
Etik. 2013. Kemampuan Menulis Wacana Dialogmelalui Media Tayangan
Vidio Siswa kelas X SMA Frater Palopo. Proseding Seminar Nasional
Vol. 1 No.1, Dapat diakses: https://journal.uncp.ac.id
Hanafie Mahtika & Nurharsya. 2013. Pendidikan Moral dan Etika. Jakarta:
IPB Press.
Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Umum.
Wijayanti Sri Hapsari dkk. 2022. Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial
Geerasi Milineal. Jurnal Komunikasin. Vol. 16. Nomor 2 hal. 129-
Dapat diakses http://creativecommons.org/licences/by-sa/4.0
Copyright (c) 2023 Etik, Sunarni Yassa, Sehe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.