Pengaruh Metode Stimulus Respon terhadap Daya Serap pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara

  • M Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Metode Stimulus Respon, Keterampilan Berbicara, Daya Serap

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Hasil daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo sebelum dan setelah diterapkan metode stimulus respon pada pembelajaran keterampilan berbicara, (2) peningkatan daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo setelah penerapan metode Stimulus Respon pada pembelajaran keterampilan berbicara. Satuan eksperimen adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 6 Palopo dengan jumlah siswa 32 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil daya serap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal (pretest)  dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo sebelum diterapkan metode stimulus respon pada pembelajaran keterampilan berbicara berada pada kategori sangat rendah, (2) Hasil daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo setelah diterapkan metode stimulus respon pada pembelajaran keterampilan berbicara berada pada kategori sangat tinggi, (3) Terjadi peningkatan daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo setelah penerapan metode Stimulus Respon pada pembelajaran keterampilan berbicara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode stimulus respon berpengaruh terhadap daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo pada pembelajaran keterampilan berbicara.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Akhadiat, Sabarti. dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: IKAPI.

Haduyanto. 2001. Membudayakan Kebiasaan Menulis. Sebuah Pengantar. Jakarta: PT. Fikahati Aneska

Keraf, Goris. 1994. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah

Kusumah, Encep, dkk. 2003. Menulis 2. Jakarta: Pusat Penerbitan Univeritas Terbuka.

Kusnandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Liang Gie, The. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Melki. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Ringkasan dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Baebunta Kabupaten Luwu Utara: Skripsi.Makassar: UNM.

Solihatin, Etin. 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardhani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. Yunus, Mohammad & Suparno. 2007. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
20-05-2021
How to Cite
Zulham, M. (2021). Pengaruh Metode Stimulus Respon terhadap Daya Serap pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 203-212. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.617
Section
Articles