Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Index Card Match Siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu
https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2489
Keywords:
Membaca pemahaman, index card matchAbstract
Penelitian ini bertujuan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran index card match siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan dua kelompok. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas siswa kelas VIII.4 yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman, yaitu 84,92, sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman, yaitu 92,84. Hasil pencapaian KKM siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman sebelum menggunakan model pembelajaran index card match yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 22 sampel (88%), sedangkan hasil pencapaian KKM siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman setelah menggunakan model pembelajaran index card match yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 23 sampel (92%). Perolehan nilai rata-rata dan hasil pencapaian KKM menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran index card match lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran index card match dalam membaca pemahaman siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Dengan demikian, siswa dapat dikatakan mampu dalam membaca pemahaman karena siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas mencapai 85%.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta.
Jakarta.
Ahuja, Pramila dan Ahuja, G.C. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Terjemahan
Martiani, Tina. Kiblat Buku Utama. Bandung.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Insan Madani. Yogyakarta.
Harjasujana, Akhmad Slamet dan Yeti Mulyati. 1996. Membaca 2. Depdikbud.
Jakarta
Hikmawan. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran SQ3R dalam Peningkatan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi
tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo.
Phoenix, Tim Pustaka. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pustaka Phoenix. Jakarta.
Rahmawati, Eka Fajar. 2014. Penggunaan Metode Active Learning Tipe Index Card Match
dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman
Konsep Siswa Kelas V SDN Bangunkerto, Turi, Sleman. Skripsi tidak diterbitkan.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Rantelili, Jepriyanti. 2016. Deskripsi Penggunaan Model Inkuiri pada Pembelajaran
Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Skripsi tidak
Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126. DOI: https://doi.org/10.30605/ethicallingua.v4i2.624
diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo.
Seputri, Windi. 2016. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Belopa Kabupaten Luwu. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas
Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v5i1.42
Cokroaminoto Palopo.
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Alfabeta. Bandung.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.
Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.