Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Index Card Match Siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2489

Authors

  • Abd. Rahim Ruspa
  • Sehe Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nirwana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syindi Abidin Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Membaca pemahaman, index card match

Abstract

Penelitian ini bertujuan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran index card match siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan dua kelompok. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas siswa kelas VIII.4 yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman, yaitu 84,92, sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman, yaitu 92,84. Hasil pencapaian KKM siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman sebelum menggunakan model pembelajaran index card match yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 22 sampel (88%), sedangkan hasil pencapaian KKM siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam membaca pemahaman setelah menggunakan model pembelajaran index card match yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 23 sampel (92%). Perolehan nilai rata-rata dan hasil pencapaian KKM menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran index card match lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran index card match dalam membaca pemahaman siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Dengan demikian, siswa dapat dikatakan mampu dalam membaca pemahaman karena siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas mencapai 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta.

Jakarta.

Ahuja, Pramila dan Ahuja, G.C. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Terjemahan

Martiani, Tina. Kiblat Buku Utama. Bandung.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Insan Madani. Yogyakarta.

Harjasujana, Akhmad Slamet dan Yeti Mulyati. 1996. Membaca 2. Depdikbud.

Jakarta

Hikmawan. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran SQ3R dalam Peningkatan Membaca

Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi

tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo.

Phoenix, Tim Pustaka. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pustaka Phoenix. Jakarta.

Rahmawati, Eka Fajar. 2014. Penggunaan Metode Active Learning Tipe Index Card Match

dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman

Konsep Siswa Kelas V SDN Bangunkerto, Turi, Sleman. Skripsi tidak diterbitkan.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Rantelili, Jepriyanti. 2016. Deskripsi Penggunaan Model Inkuiri pada Pembelajaran

Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Skripsi tidak

Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126. DOI: https://doi.org/10.30605/ethicallingua.v4i2.624

diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas Cokroaminoto Palopo.

Seputri, Windi. 2016. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2

Belopa Kabupaten Luwu. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: FKIP-Universitas

Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v5i1.42

Cokroaminoto Palopo.

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Alfabeta. Bandung.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Yogyakarta

Published

2023-05-03

How to Cite

Abd. Rahim Ruspa, Sehe, Nirwana, & Syindi Abidin. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Index Card Match Siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 457–468. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2489

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>