Analisis Pendidikan Karakter dalam Novel “Bedebah Di Ujung Tanduk” Karya Tere Liye Menggunakan Media Audio Visual di SMP Yapis Manokwari
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan karakter dalam novel Bedebah di Ujung Tanduk karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan karakterisasi Albertine Minderop. Data tersebut dimanfaatkan sebagai bahan ajar pendidikan karakter di SMP Yapis Manokwari dalam bentuk media audio visual. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif jenis analisis isi. Data bersumber dari novel Bedebah di Ujung Tanduk yang diperoleh dengan cara membaca, mencatat, dan merevisi. Teori yang digunakan adalah 18 nilai pendidikan karakter dari Kemendikbud, media ajar audio visual, dan karakterisasi Minderop. Berdasarkan pembahasan, ditemukan 10 nilai pendidikan karakter, yakni 1) jujur 2) pekerja keras, 3) kreatif 4) bersahabat 5) rasa ingin tahu 6) cinta damai 7) disiplin 8) peduli sosial, 9) menghargai prestasi 10) toleransi. Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media audio visual dalam bentuk video tergolong sukses. Media ini mampu memotivasi dan membangkitkan semangat belajar serta memermudah proses pemahaman materi ajar oleh siswa.
Downloads
References
Fransiska, Octo. 2014. ‘Kepribadian Tokoh Utama Dalam Roman Momo Karya Michael Ende : Analisis Psikologi Sastra’. Skripsi sarjana. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryanta, agung tri. 2012. Kamus kebahasaan dan kesusastraan. Surakarta: PT.
Kaliem, Desemberina Natalia. 2019. ‘Analisis Karakter Tokoh Perempuan Dalam Novel Mawar Hitam Tanpa Akar Karya Aprilia R. A Wayar’. Skripsi Sarjana. Manokwari: Universitas Papua.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat. 2008. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Liye, Tere. 2021. Bedebah Di Ujung Tanduk. Depok: PT. Sabak Grib Nusantara.
Mansim, Devi. 2020. ‘Analisis Karakteristik Tokoh-Tokoh Dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia Dengan Pendekatan Kepribadian Humanistic Abraham Maslow’. Skripsi Sarjana. Manokwari:Universitas Papua.
Mariong, Arista Analita. 2020. ‘Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Kau, Aku Dan Sepucuk Angpau Merah Karya Tere Liye Dengan Pendekatan Karakterisasi Albertine Minderop’. Skripsi Sarjana.Manokwari: Universitas Papua.
Minderop, Albertine. 2013. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Pustaka Obor.
Mukminin, Iksan Muhammad. 2020. ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu’. Skripsi Sarjana. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Priyanti, Sherly. 2020. ‘Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Cahaya Di Penjuru Hati Karya Alberthiene Endah’. Jurnal. Malang: Universitas Negeri Malang
Robaniyah. 2020.‘Analisis Karakter Tokoh Dalam Film Dilan 1990 Dengan Pendekatan Karakterisasi’. Skripsi Sarjana. Manokwari: Universitas Papua.
Rumainum, Merry Ch. ‘Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Kota Emas Karya Ishak Samuel Kijne’. Jurnal Triton Pendidikan.83
Sulisetyorini, Dwi Dan Andalas, Eggy Fajar. 2017. Kajian teori dan penerapannya dalam penelitian. Malang: Madani
Supriyati, Ninik. 2015. ‘Metode Penelitian Gabungan (Mixed Methods)’. Jurnal. Surabaya: Widyaswara BDK Surabaya
Surakarta Sinergi Media.
Susetyo, Beny. 2016. ‘Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Di SDN Gambiran Yogyakarta Tahun 2016’. Jurnal. Yogyakarta: SDN gambiran yogyakarta
Syakur, Maulidah Abdan. 2018. ‘Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Materi Dongeng Pada Murid Kelas V’. Jurnal. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Telleng, Rizky Tungga Takumansang. 2016. ‘Analisis Karakter Tokoh Utama Dan Gambaran Kehidupan Dalam Novel David Copperfield Karya Charles Dickens’. Skripsi Sarjana. Manado: Universitas Samratulangi.
Wenipada, Fransiska M. 2020. ‘Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Air Mata Surga Karya E. Rokajat Asura Pendekatan Karakterisasi’. Skripsi Sarjana. Manokwari: Universitas Papua.
Copyright (c) 2023 Akhiruddin, Insum Malawat, Nursalam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.