Analisis Pendidikan Karakter dalam Novel “Bedebah Di Ujung Tanduk” Karya Tere Liye Menggunakan Media Audio Visual di SMP Yapis Manokwari

  • Akhiruddin Universitas Papua
  • Insum Malawat Universitas Papua
  • Nursalam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon
Keywords: pendidikan karakter, novel, media audio visual, karakterisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan karakter dalam novel    Bedebah di Ujung Tanduk karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan karakterisasi Albertine Minderop. Data tersebut dimanfaatkan sebagai bahan ajar pendidikan karakter di SMP Yapis Manokwari dalam bentuk media audio visual.       Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif jenis analisis isi. Data bersumber dari   novel Bedebah di Ujung Tanduk yang diperoleh dengan cara membaca, mencatat, dan merevisi. Teori yang digunakan adalah 18 nilai pendidikan karakter dari Kemendikbud, media ajar audio visual, dan karakterisasi Minderop. Berdasarkan         pembahasan, ditemukan 10 nilai pendidikan karakter, yakni 1) jujur 2) pekerja keras, 3) kreatif 4) bersahabat 5) rasa ingin tahu 6) cinta damai 7) disiplin 8) peduli sosial, 9)    menghargai prestasi 10) toleransi. Pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media audio visual dalam bentuk video tergolong sukses. Media ini mampu     memotivasi       dan membangkitkan semangat belajar serta memermudah proses pemahaman materi ajar oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Byl, Jein Jeklin. 2016. ‘Analisis Karakteristik Tokoh-Tokoh Dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia Dengan Pendekatan Kepribadian Humanistic Abraham Maslow’. Skripsi Sarjana. Manado: Universitas Samratulangi.
Fransiska, Octo. 2014. ‘Kepribadian Tokoh Utama Dalam Roman Momo Karya Michael Ende : Analisis Psikologi Sastra’. Skripsi sarjana. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryanta, agung tri. 2012. Kamus kebahasaan dan kesusastraan. Surakarta: PT.
Kaliem, Desemberina Natalia. 2019. ‘Analisis Karakter Tokoh Perempuan Dalam Novel Mawar Hitam Tanpa Akar Karya Aprilia R. A Wayar’. Skripsi Sarjana. Manokwari: Universitas Papua.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat. 2008. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Liye, Tere. 2021. Bedebah Di Ujung Tanduk. Depok: PT. Sabak Grib Nusantara.
Mansim, Devi. 2020. ‘Analisis Karakteristik Tokoh-Tokoh Dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadia Dengan Pendekatan Kepribadian Humanistic Abraham Maslow’. Skripsi Sarjana. Manokwari:Universitas Papua.
Mariong, Arista Analita. 2020. ‘Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Kau, Aku Dan Sepucuk Angpau Merah Karya Tere Liye Dengan Pendekatan Karakterisasi Albertine Minderop’. Skripsi Sarjana.Manokwari: Universitas Papua.
Minderop, Albertine. 2013. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Pustaka Obor.
Mukminin, Iksan Muhammad. 2020. ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu’. Skripsi Sarjana. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Priyanti, Sherly. 2020. ‘Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Cahaya Di Penjuru Hati Karya Alberthiene Endah’. Jurnal. Malang: Universitas Negeri Malang
Robaniyah. 2020.‘Analisis Karakter Tokoh Dalam Film Dilan 1990 Dengan Pendekatan Karakterisasi’. Skripsi Sarjana. Manokwari: Universitas Papua.
Rumainum, Merry Ch. ‘Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Kota Emas Karya Ishak Samuel Kijne’. Jurnal Triton Pendidikan.83
Sulisetyorini, Dwi Dan Andalas, Eggy Fajar. 2017. Kajian teori dan penerapannya dalam penelitian. Malang: Madani
Supriyati, Ninik. 2015. ‘Metode Penelitian Gabungan (Mixed Methods)’. Jurnal. Surabaya: Widyaswara BDK Surabaya
Surakarta Sinergi Media.
Susetyo, Beny. 2016. ‘Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus Dan RPP Melalui Supervisi Akademik Di SDN Gambiran Yogyakarta Tahun 2016’. Jurnal. Yogyakarta: SDN gambiran yogyakarta
Syakur, Maulidah Abdan. 2018. ‘Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Materi Dongeng Pada Murid Kelas V’. Jurnal. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Telleng, Rizky Tungga Takumansang. 2016. ‘Analisis Karakter Tokoh Utama Dan Gambaran Kehidupan Dalam Novel David Copperfield Karya Charles Dickens’. Skripsi Sarjana. Manado: Universitas Samratulangi.
Wenipada, Fransiska M. 2020. ‘Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Air Mata Surga Karya E. Rokajat Asura Pendekatan Karakterisasi’. Skripsi Sarjana. Manokwari: Universitas Papua.
Published
05-04-2023
How to Cite
Akhiruddin, Malawat, I., & Nursalam. (2023). Analisis Pendidikan Karakter dalam Novel “Bedebah Di Ujung Tanduk” Karya Tere Liye Menggunakan Media Audio Visual di SMP Yapis Manokwari . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 357-372. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2346
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)