Keefektifan Metode Group Investigation dalam Pembelajaran Menyimak Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan penggunaan metode Group Investigation dan metode konvensional dalam pembelajaran menyimak puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo yang berjumlah 257 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X-E sebagai kelas control dan kelas X- F sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah tes hasil menyimak puisi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik tes. Data hasil penelitian dianlisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode Group Investigation efektif digunakan dalam menyimak puisi. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya siswa yang mampu menyimak puisi, yaitu sebesar (76.9%) dengan nilai rata-rata 80; (2) metode konvensional tidak efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak puisi. Hal tersebut dibuktikan oleh kurangnya siswa yang mampu menyimak puisi, yaitu hanya sebesar (33.3%) dengan nilai rata-rata 70; (3) ada perbedaan keefektifan penggunaan metode Group Investigation dengan metode konvensional dalam pembelajaran menyimak puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Hasil analisis uji-t yang menunjukkan thitung yaitu 3,624. Ini berarti secara signifikan HO ditolak dan H1 diterima sehingga ada perbedaan keefektifan penggunaan metode Group Investigation dan metode konvensional dalam pembelajaran menyimak puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Dalam hal ini, metode Group Investigation lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi parnasian dibandingkan metode konvensional.
Kata kunci: Keefektifan, Metode Group Investigation, Puisi
Downloads
References
Arends RI. 1997. Classroom Instruction and Management. Bostom: The MC Graw Hill Companies, Inc.
Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 12 Nomor 1 April 2011 Halaman 81- 86. Online. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.
Herawati, Ety. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Wera Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 3 No. 1 Hal. 154 – 165. On Line. Ejournal.mandalanursa.org/index.php. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.
Madeamin, Sehe. 2020. Keefektifan Teknik Imagine terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol 6 (1):507-526.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Rohmah, Muttafaqur. 2017. Geliat Industri Sastra di Sekolah: Pembelajaran Sastra Berbasis Industri Kreatif. JURNAL PENA INDONESIA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya. Vol 3 (1): 31-39.
Sunaryo, Hari. 2011. Pembelajaran Sastra Kreatif Produktif dalam Konteks Multikultur Bagi Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi di SMP Kota Malang. ABMAS: Media Komunikasi dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat.Diakses, 26 Maret 2020.
Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yumasnaini. 2013. Efektivitas Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) terhadap Keterampilan Menulis Artikel oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Artikel.
Zulham, M. & Beta, Pancana. 2019. Penerapan Teknik Imajinasi Metafor Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol 5 (1): 275-290.
Copyright (c) 2022 Akhiruddin, Nursalam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.