Keefektifan Metode Group Investigation dalam Pembelajaran Menyimak Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo

Keywords: Kata kunci: Keefektifan, Metode Group Investigation, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan penggunaan metode Group Investigation dan metode konvensional dalam pembelajaran menyimak puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo yang berjumlah 257 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X-E sebagai kelas control dan kelas X- F sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini adalah tes hasil menyimak puisi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik tes. Data hasil penelitian dianlisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode Group Investigation efektif digunakan dalam menyimak puisi. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya siswa yang mampu menyimak puisi, yaitu sebesar (76.9%) dengan nilai rata-rata 80; (2) metode konvensional tidak efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak puisi. Hal tersebut dibuktikan oleh kurangnya siswa yang mampu menyimak puisi, yaitu hanya sebesar (33.3%) dengan nilai rata-rata 70; (3) ada perbedaan keefektifan penggunaan metode Group Investigation dengan metode konvensional dalam pembelajaran menyimak puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Hasil analisis uji-t yang menunjukkan thitung yaitu 3,624. Ini berarti secara signifikan HO ditolak dan H1 diterima sehingga ada perbedaan keefektifan penggunaan metode Group Investigation dan metode konvensional dalam pembelajaran menyimak puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Dalam hal ini, metode Group Investigation lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi parnasian dibandingkan metode konvensional.

Kata kunci: Keefektifan, Metode Group Investigation, Puisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arends RI. 1997. Classroom Instruction and Management. Bostom: The MC Graw Hill Companies, Inc.
Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 12 Nomor 1 April 2011 Halaman 81- 86. Online. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.
Herawati, Ety. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Wera Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 3 No. 1 Hal. 154 – 165. On Line. Ejournal.mandalanursa.org/index.php. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.
Madeamin, Sehe. 2020. Keefektifan Teknik Imagine terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol 6 (1):507-526.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Rohmah, Muttafaqur. 2017. Geliat Industri Sastra di Sekolah: Pembelajaran Sastra Berbasis Industri Kreatif. JURNAL PENA INDONESIA: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya. Vol 3 (1): 31-39.
Sunaryo, Hari. 2011. Pembelajaran Sastra Kreatif Produktif dalam Konteks Multikultur Bagi Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi di SMP Kota Malang. ABMAS: Media Komunikasi dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat.Diakses, 26 Maret 2020.
Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yumasnaini. 2013. Efektivitas Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) terhadap Keterampilan Menulis Artikel oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Artikel.
Zulham, M. & Beta, Pancana. 2019. Penerapan Teknik Imajinasi Metafor Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol 5 (1): 275-290.
Published
10-05-2022
How to Cite
Akhiruddin, & Nursalam. (2022). Keefektifan Metode Group Investigation dalam Pembelajaran Menyimak Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Kabupaten Wajo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 292-300. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1723
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)