Analisis Pemahaman Membaca Kritis Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako
Abstract
Studi ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman membaca kritis mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jenis studi ini adalah kualitiatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam studi ini mencakup observasi dan wawancara, dokumetasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih kurang mampu memahami aktivitas membaca kritis berdasarkan keterampilan membaca kritis model Facione melalui soal tes yang disajikan. Keterampilan membaca kritis model Facione terbagi atas enam keterampilan dengan setiap sub keterampilan memiliki indikator. Kemampuan mahasiswa dalam membaca kritis pada berita menunjukkan hasil yang cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 68 dengan kualifikasi cukup baik, terdapat 3 mahasiswa memperoleh nilai dengan kualifikasi baik, 23 mahasiswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi cukup baik, dan 4 mahasiswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi kurang baik.
Downloads
References
Aisiah. (2019). Budaya baca dan Membaca Kritis Bagi Mahasiswa. Univeristas Negeri Padang.
Alfalah, Adib; Razak, A. (2023). Prates Keterampilan Membaca Kritis Aspek Nonnaratif Artikel Ilmiah JurnalOnline. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 755–764. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.547
Anggraini, D., & Suyata, P. (2014). Karakteristik Soal Uasbn Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Daerah Istimewa Yogyakarta Pada Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 57. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2644
Apriyanti, D. K. (2022). Kemampuan Membaca Kritis Teks Berita Pada Mahasiswa Strata-1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Angkatan 2020. UNILA, 2020.
Asrianti, A. (2019). Representasi Kekuasaan Dalam Wacana Kelas Di Sekolah Menengah Pertama. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(1), 14. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i1.7384
Azizah, A. R. (2014). Peningkatan Membaca Kritis Artikel Dengan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas Viii Smp Pelita Harapan Pondok Pinang, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. In UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Vol. 7, Issue 2).
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia; menggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar (A. S. Pratiwi, Ed.; 1st ed.). EDU PUBLISHER.
Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi) (32nd ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Riadi, B. (2015). Kemampuan Membaca Kritis Dengan Menggunakan Teknik SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 7823–7830.
Runi; N.R. (2023). Ini Alasan Syaiful Huda Prihatin dengan Indeks Literasi Indonesia. Dpr. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/44041/t/Ini Alasan Syaiful Huda Prihatin dengan Indeks Literasi Indonesia,
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Zainal, A. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.
Copyright (c) 2024 Irwansyah Irwansyah, Ulinsa Ulinsa, Sitti Harisah, Nur Halifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.