Analisis Pemahaman Membaca Kritis Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako

  • Irwansyah Irwansyah Universitas Tadulako
  • Ulinsa Ulinsa Universitas Tadulako
  • Sitti Harisah Universitas Tadulako
  • Nur Halifah Universitas Tadulako
Keywords: membaca kritis, teks berita

Abstract

Studi ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman membaca kritis mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jenis studi ini adalah kualitiatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam studi ini mencakup observasi dan wawancara, dokumetasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih kurang mampu memahami aktivitas membaca kritis berdasarkan keterampilan membaca kritis model Facione melalui soal tes yang disajikan. Keterampilan membaca kritis model Facione terbagi atas enam keterampilan dengan setiap sub keterampilan memiliki indikator. Kemampuan mahasiswa dalam membaca kritis pada berita menunjukkan hasil yang cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 68 dengan kualifikasi cukup baik, terdapat 3 mahasiswa memperoleh nilai dengan kualifikasi baik, 23 mahasiswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi cukup baik, dan 4 mahasiswa mendapatkan nilai dengan kualifikasi kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisiah. (2019). Budaya baca dan Membaca Kritis Bagi Mahasiswa. Univeristas Negeri Padang.

Alfalah, Adib; Razak, A. (2023). Prates Keterampilan Membaca Kritis Aspek Nonnaratif Artikel Ilmiah JurnalOnline. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 755–764. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.547

Anggraini, D., & Suyata, P. (2014). Karakteristik Soal Uasbn Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Daerah Istimewa Yogyakarta Pada Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 57. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2644

Apriyanti, D. K. (2022). Kemampuan Membaca Kritis Teks Berita Pada Mahasiswa Strata-1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Angkatan 2020. UNILA, 2020.

Asrianti, A. (2019). Representasi Kekuasaan Dalam Wacana Kelas Di Sekolah Menengah Pertama. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(1), 14. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i1.7384

Azizah, A. R. (2014). Peningkatan Membaca Kritis Artikel Dengan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas Viii Smp Pelita Harapan Pondok Pinang, Kebayoran Lama Jakarta Selatan. In UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Vol. 7, Issue 2).

Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia; menggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar (A. S. Pratiwi, Ed.; 1st ed.). EDU PUBLISHER.

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi) (32nd ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Riadi, B. (2015). Kemampuan Membaca Kritis Dengan Menggunakan Teknik SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 7823–7830.

Runi; N.R. (2023). Ini Alasan Syaiful Huda Prihatin dengan Indeks Literasi Indonesia. Dpr. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/44041/t/Ini Alasan Syaiful Huda Prihatin dengan Indeks Literasi Indonesia,

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Zainal, A. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.

Published
08-09-2024
How to Cite
Irwansyah, I., Ulinsa, U., Sitti Harisah, & Nur Halifah. (2024). Analisis Pemahaman Membaca Kritis Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3815-3824. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4400
Section
Articles