Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskripsi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 31 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, dan evaluasikarangan narasi siswa. Data kemampuan siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan penskoran data nilai, perhitungan nilai ketuntasan individu, dan menentukan nilai rata-rata siswa atau disebut mean. Hasil penelitian diperoleh data bahwa siswa kelas VII A SMP Negeri 17 Palu belum maksimal. Hipotesis yang menyatakan bahwa Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu masih rendah. Dinyatakan diterima dengan, kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 75. Terdapat 11 siswa yang dinyatakan tuntas sedangkan 20 siswa dinyatakan tidak tuntas. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil nilai rata-rata 71,41 atau sama dengan 71 nilai yang diperoleh tidak tuntas.
Downloads
References
Azizah. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan
media audio visual pada siswa kelas V SD. Basic EducatioN, 5(24), 2–313.
Damayanti. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak
Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646-2653.
Hamalik, O. (2022). Media Pendidikan. Alumni.
Hamsa, A. (2023). Perbandingan Kompetensi Literasi Siswa SMP 99 Malengkeri
Kemitraan Program Kampus Mengajar dan SMP Muhammadyah 5 Mariso
Nonkemitraan Program Kampus Mengajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan
Sastra, 9(2), 832–838.
Listyarini, F. &. (13 C.E.). Analisis Kemampuan Penggunaan Ejaan dalam Karangan
Narasi Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. Lingua: Jurnal Bahasa Dan
Sastra, 2017(1), 68-76.
Lubis. (2017). Keterampilan menulis esai dalam pembentukan berpikir kritis pada
mahasiswa PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. PELOPOR : Jurnal Pendidikan, 6(2).
Muradi. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia. Jurnal AlMaqayis, 1(1).
Semadi. (2019). Pemakaian Jenis Dan Fungsi Kalimat Dalam Menentukan Kualitas
Karangan Narasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Denpasar. Stilistika: Jurnal
Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(2), 307-326.
Soelistiowati. (2018). Film Zootopia: Media Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan
Menulis Narasi Kelas 8 SMP Negeri 22 Surabaya. Lingua Franca: Jurnal Bahasa,
Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 82-93.
Subekti. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan
Media Gambar pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baturaden. Metafora: Jurnal
Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 10–23.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suratinoyo. (2013). Cerita Rakyat Daerah Minahasa: Implementasi Short Film Animasi
D. Jurnal Teknik Informatika, 2(2)
Copyright (c) 2023 Hasnur Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.