Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu

  • Hasnur Ruslan Universitas Tadulako
Keywords: Menulis, Karangan Narasi , Media Film.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kuantitatif dengan menggunakan metode deskripsi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 31 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, dan evaluasikarangan narasi siswa. Data kemampuan siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan penskoran data nilai, perhitungan nilai ketuntasan individu, dan menentukan nilai rata-rata siswa atau disebut mean. Hasil penelitian diperoleh data bahwa siswa kelas VII A SMP Negeri 17 Palu belum maksimal. Hipotesis yang menyatakan bahwa Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu masih rendah. Dinyatakan diterima dengan, kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 75. Terdapat 11 siswa yang dinyatakan tuntas sedangkan 20 siswa dinyatakan tidak tuntas. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil nilai rata-rata 71,41 atau sama dengan 71 nilai yang diperoleh tidak tuntas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan

media audio visual pada siswa kelas V SD. Basic EducatioN, 5(24), 2–313.

Damayanti. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak

Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646-2653.

Hamalik, O. (2022). Media Pendidikan. Alumni.

Hamsa, A. (2023). Perbandingan Kompetensi Literasi Siswa SMP 99 Malengkeri

Kemitraan Program Kampus Mengajar dan SMP Muhammadyah 5 Mariso

Nonkemitraan Program Kampus Mengajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan

Sastra, 9(2), 832–838.

Listyarini, F. &. (13 C.E.). Analisis Kemampuan Penggunaan Ejaan dalam Karangan

Narasi Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. Lingua: Jurnal Bahasa Dan

Sastra, 2017(1), 68-76.

Lubis. (2017). Keterampilan menulis esai dalam pembentukan berpikir kritis pada

mahasiswa PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. PELOPOR : Jurnal Pendidikan, 6(2).

Muradi. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia. Jurnal AlMaqayis, 1(1).

Semadi. (2019). Pemakaian Jenis Dan Fungsi Kalimat Dalam Menentukan Kualitas

Karangan Narasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Denpasar. Stilistika: Jurnal

Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(2), 307-326.

Soelistiowati. (2018). Film Zootopia: Media Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan

Menulis Narasi Kelas 8 SMP Negeri 22 Surabaya. Lingua Franca: Jurnal Bahasa,

Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 82-93.

Subekti. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan

Media Gambar pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baturaden. Metafora: Jurnal

Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 10–23.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suratinoyo. (2013). Cerita Rakyat Daerah Minahasa: Implementasi Short Film Animasi

D. Jurnal Teknik Informatika, 2(2)

Published
22-10-2023
How to Cite
Hasnur Ruslan. (2023). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Film Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1403-1410. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2790
Section
Articles