Penerapan Metode Letterland dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini

Authors

  • Juliani Bahagia Bangun Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Imamah Imamah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Brigita Puridawaty Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Chandra Apriansyah Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6971

Keywords:

Metode Letterland, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini, Pembelajaran Multisensori

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran penting dalam pembentukan dasar kemampuan berbahasa anak, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah penguasaan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Letterland dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris kepada anak usia dini di PAUD Karunia Global School Jambi. Urgensi penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi cara efektif dalam mengajarkan kosakata bahasa Inggris dengan pendekatan multisensori yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di PAUD Karunia Global School Jambi, yang terletak di Kota Jambi, Indonesia. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari lima guru dan 30 anak-anak usia 4-6 tahun yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode Letterland. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dengan instrumen yang dirancang untuk menggali pemahaman guru dan respons anak-anak terhadap metode yang diterapkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik, dengan triangulasi data untuk memastikan keabsahan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Letterland efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak-anak, karena penggunaan karakter-karakter yang menyenangkan dan teknik pengajaran yang melibatkan banyak indra. Penelitian ini juga menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode ini, termasuk keterlibatan guru, motivasi anak, dan dukungan orang tua. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Inggris yang lebih menyenangkan bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Ariyani, N. P., Faridi, A., & Rozi, F. (2021). The Use of Content Analysis to Assess Letterland Book for Kindergarten Students. English Education Journal, 11(3), 383–391. https://doi.org/10.15294/eej.v11i1.45450

Ghofur, A., Kuipers, J. C., & Askuri, A. (2021). Instructional Design: Multi-Site Study of the Integration of Islam in Science Teaching in Java, Indonesia. Indonesian Journal of Islamic

Henderson, L. M., van Rijn, E., James, E., Walker, S., Knowland, V. C. P., & Gareth Gaskell, M. (2021). Timing storytime to maximize children’s ability to retain new vocabulary. Journal of Experimental Child Psychology, 210, 105207. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105207

Husein, R., & Pulungan, A. H. (2020, November). The Use of Letterland Strategies in Teaching English Vocabulary to Young Learners. In The 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2020) (pp. 302-305). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.063

Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856

Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3281–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841

Kadar, K., Wahab, R., & Fatonah, S. (2020). Community Based Early Childhood Education Management. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 192-205. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i2.2667

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Leonard, L. (2016). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Mohamad, A. M. (2020). QUIZIZZ sebagai E-Penilaian Norma Baharu terhadap Penutur Antarabangsa dalam Kursus Bahasa Melayu: QUIZIZZ as a New Norm E-Assessment on International Speaker for Malay Language Subject. Pendeta, 11, 80-92.

Otoluwa, M. H., Rasid Talib, R., Tanaiyo, R., & Usman, H. (2022). Enhancing Children’s Vocabulary Mastery Through Storytelling. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(2), 249–260. https://doi.org/10.21009/jpud.162.05

Pambudi, A. F., Sugiyanto, Hidayatullah, F., & Purnama, S. K. (2021). Physical Activity Model To Develop Basic Movement Skills in Kindergarten Students Based on Physical Literacy. Physical Education Theory and Methodology, 21(4), 323–329. https://doi.org/10.17309/tmfv.2021.4.06

Priyanti, N., & Jhoni Warmansyah. (2021). The Effect of Loose Parts Media on Early Childhood Naturalist Intelligence. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 239–257. https://doi.org/10.21009/jpud.152.03

Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409

Rasmani, U. E. E., Palupi, W., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Improving Early Childhood Education Management through Problem Identification of Institutions. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 307–314. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.888

Rosidah, C. T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 38. https://doi.org/10.29407pn.v4i1.12368

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31894

Sari, N. R., & Widyasari, C. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6045–6056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3352

Setiyana, T., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio, 18(1), 118–128. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.9438

Situmorang, N. I. F., Anggraini, N., Qonitah, M., Az-Zahra, Z., Erli, I. S., & Pebriana, P. H. (2025). The Implementation of Phonics Method to Improve Reading Skills in Language Learning. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(1), 152–164. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i1.395

Sunarti, S., Linarsih, A., Amalia, A., Ali, M., & Miranda, D. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris melalui Metode Phonics pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(6), 9525–9534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4134

Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Wahidah, A. F. N., & Maemonah, M. (2020). Moral Thought of Early Childhood in Perspective Lawrence Kohlberg. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i1.5991

Widuroyekti, B., Sambada, D., & Prastiti, T. D. (2017). Kegiatan Pengembangan Keaksaraan Berbasis Pendidikan Karakter Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan, 17(2), 93–103. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.266.2016

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263

Published

2025-12-02

How to Cite

Bangun, J. B., Imamah, I., Puridawaty, B., & Apriansyah, C. (2025). Penerapan Metode Letterland dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1920–1933. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6971

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 

You may also start an advanced similarity search for this article.