Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6144Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Aktivitas Guru, Respon SiswaAbstract
Urgensi dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas kemampuan siswa, khususnya dalam bidang matematika melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning. Model discovery learning merupakan suatu proses pencarian pengetahuan yang dilakukan oleh siswa untuk menemukan suatu permasalahan. Berdasarkan wawancara pada saat kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah 1 yang dilakukan di SMK Negeri 3 Kediri, selama proses pembelajaran berlangsung belum optimal karena kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah masih belum maksimal, guru dan siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keterlaksanaan model melalui aktivitas guru dan respon siswa selama pembelajaran serta penerapan model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan aktivitas guru melalui observasi yang telah dilakukan, respon siswa melalui angket yang diisi di akhir pertemuan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kelas X Kuliner 4 berjumlah 36 siswa. Jenis instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan dan angket. Teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung saat guru menerapkan model pembelajaran. Data yang diperoleh adalah data aktivitas guru melalui proses obsservasi dan data angket tertutup dan terbukaBerdasarkan hasil penelitian peroleh bahwa sintaks model mampu diterapkan meskipun belum optimal, berdasarkan respon siswa cenderung setuju dalam menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model discovery learning mampu meningkatkan keaktifan siswa, menemukan ide, mampu memudahkan dalam menyelesaikan masalah. Namun, untuk Materi Trigonometri beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami. Pada pernyataan pertama 34 siswa menyatakan setuju bahwa model discovery learning mampu meningkatkan keaktifan selama pembelajaran. Pernyatan kedua 33 siswa menyatakana baahwa dengan berkelompok mudah menemukan ide ide baru. Pernyataan ketiga 32 siswa memberikan pendapat bahwa mudah dalam menyelesaikan masalah. Pernyataan keempat 34 siswa memahami materi yang diberikan. Pernyataan kelima 22 siswa menyatakan bahwa materi yang disampaikan jelas dan mudah dimengerti, namun ada beberapa siswa yang menyatakan kurang memahami materi.
Downloads
References
Akramunnisa, A., Prasti, D., & Dodi, D. (2023). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas X SMAN 19 Luwu . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.222
Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferiensi berbantuan E-LKPD untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan (Widyayari), 24(1), 55-63. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813406
Aristiyo, D. N. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Quizlet Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 5(1), 89-95. https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5680
Asdamayanti, N., Nasution , E. Y. P., & Sari, M. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Madrasah Aliyah pada materi SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141-1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084
Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10.(4), 2129-2144. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767
Cholid, C., Ahmadi, A., & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis pada siswa kelas X pada materi perbandingan trigonometri menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 89-100. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5720
Cintia,, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67-75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8
Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2014), 1469-1479.
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-modul dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107-2118.
Jumasrin, J. (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Shautut Tarbiyah, 25(1), 84-107.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.44
Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar: Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Pratidina, D. A., & Nindiasarii, H. (2023). Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kerangka Kerja TpaCK. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 1841-1850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.15834
Putri , A. N., Nasri, W. O. L. A., & Renata, D. (2022). Discovery learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(1) 33-38. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i1.6770
Rahayu, A. S. (2023). Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jember Materi Perbandingan Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi College Bowl. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1), 42-48. https://doi.org/10.51878/science.v3i1.2077
Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.15
Sapitri, L., Syofni, S., & Suanto, E. (2021). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi trigonometri untuk kelas X SMK/MAK. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 7-18. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12378
Sholikhah, U., Machmud, T., & Pauweni, K. A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Guided Discovery Learning pada Materi Trigonometri di Kelas X. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 248-256. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i2.828
Sriwahyuni, K., & Maryati, i. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) 335-344. https://karya.brin.go.id/id/eprint/16821
Triyono, M., & Fauziyah, N. (2023). Analisis Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Guided Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 298-308. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6512
Wulansari, S. R. (2023). Penggunaan Media Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Bilangan Pecahan Pada Siswa SDN Tambakmas 01 Madiun . Jurnal Literasi Digital, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.54065/jld.3.1.2023.180
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dike Septiarani, Darsono Darsono, Dian Devita Yohanie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.