Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kediri

Authors

  • Dike Septiarani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Darsono Darsono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Devita Yohanie

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6144

Keywords:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Aktivitas Guru, Respon Siswa

Abstract

Urgensi dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas kemampuan siswa, khususnya dalam bidang matematika melalui penggunaan model pembelajaran discovery learning. Model discovery learning merupakan suatu proses pencarian pengetahuan yang dilakukan oleh siswa untuk menemukan suatu permasalahan. Berdasarkan wawancara pada saat kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah 1 yang dilakukan di SMK Negeri 3 Kediri, selama proses pembelajaran berlangsung belum optimal karena kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah masih belum maksimal, guru dan siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keterlaksanaan model melalui aktivitas guru dan respon siswa selama pembelajaran serta penerapan model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan aktivitas guru melalui observasi yang telah dilakukan, respon siswa melalui angket yang diisi di akhir pertemuan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kelas X Kuliner 4 berjumlah 36 siswa. Jenis instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan dan angket. Teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung saat guru menerapkan model pembelajaran. Data yang diperoleh adalah data aktivitas guru melalui proses obsservasi dan data angket tertutup dan terbukaBerdasarkan hasil penelitian peroleh bahwa sintaks model mampu diterapkan meskipun belum optimal, berdasarkan respon siswa cenderung setuju dalam menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan model discovery learning mampu meningkatkan keaktifan siswa, menemukan ide, mampu memudahkan dalam menyelesaikan masalah. Namun, untuk Materi Trigonometri beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami. Pada pernyataan pertama 34 siswa menyatakan setuju bahwa model discovery learning mampu meningkatkan keaktifan selama pembelajaran. Pernyatan kedua 33 siswa menyatakana baahwa dengan berkelompok mudah menemukan ide ide baru. Pernyataan ketiga 32 siswa memberikan pendapat bahwa mudah dalam menyelesaikan masalah. Pernyataan keempat 34 siswa memahami materi yang diberikan. Pernyataan kelima 22 siswa menyatakan bahwa materi yang disampaikan jelas dan mudah dimengerti, namun ada beberapa siswa yang menyatakan kurang memahami materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akramunnisa, A., Prasti, D., & Dodi, D. (2023). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas X SMAN 19 Luwu . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 75–81. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.222

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferiensi berbantuan E-LKPD untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan (Widyayari), 24(1), 55-63. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813406

Aristiyo, D. N. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Quizlet Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 5(1), 89-95. https://doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5680

Asdamayanti, N., Nasution , E. Y. P., & Sari, M. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Madrasah Aliyah pada materi SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141-1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10.(4), 2129-2144. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Cholid, C., Ahmadi, A., & Oktaviani, D. N. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis pada siswa kelas X pada materi perbandingan trigonometri menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 89-100. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5720

Cintia,, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67-75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2014), 1469-1479.

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-modul dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107-2118.

Jumasrin, J. (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Shautut Tarbiyah, 25(1), 84-107.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.44

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar: Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Pratidina, D. A., & Nindiasarii, H. (2023). Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Kerangka Kerja TpaCK. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 1841-1850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.15834

Putri , A. N., Nasri, W. O. L. A., & Renata, D. (2022). Discovery learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(1) 33-38. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i1.6770

Rahayu, A. S. (2023). Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jember Materi Perbandingan Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi College Bowl. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1), 42-48. https://doi.org/10.51878/science.v3i1.2077

Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.15

Sapitri, L., Syofni, S., & Suanto, E. (2021). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi trigonometri untuk kelas X SMK/MAK. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 7-18. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.12378

Sholikhah, U., Machmud, T., & Pauweni, K. A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Guided Discovery Learning pada Materi Trigonometri di Kelas X. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 248-256. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i2.828

Sriwahyuni, K., & Maryati, i. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) 335-344. https://karya.brin.go.id/id/eprint/16821

Triyono, M., & Fauziyah, N. (2023). Analisis Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Guided Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 298-308. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6512

Wulansari, S. R. (2023). Penggunaan Media Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Bilangan Pecahan Pada Siswa SDN Tambakmas 01 Madiun . Jurnal Literasi Digital, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.54065/jld.3.1.2023.180

Published

2025-07-20

How to Cite

Septiarani, D., Darsono, D., & Yohanie, D. D. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 891–900. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6144

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.