Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Teks Prosedur dengan Media Canva pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Indramayu

Authors

  • Nur Fadia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Eli Herlina Universitas Wiralodra
  • Saroni Saroni Universitas Wiralodra
  • Komariah Komariah Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6109

Keywords:

Hasil Belajar, Teks Prosedur, Media Canva

Abstract

Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks prosedur. Metode penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus difokuskan pada penerapan media Canva dalam pembelajaran teks prosedur pada 30 siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Indramayu. Instrumen penelitian meliputi lembar penilaian hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pedoman wawancara, serta dokumentasi foto dan hasil desain siswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan capaian hasil belajar antarsiklus, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada nilai rata-rata siswa, dari 65,00 pada Siklus I menjadi 85,00 pada Siklus II. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 33,33% menjadi 100%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media canva secara maksimal dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks prosedur sekaligus mendorong keterlibatan aktif dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, S. (2021). Penerapan media pembelajaran Qr Code berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20228

Ajijah, N., Juidah, I., Nasihin, A., & Kurniyah, Y. (2025). Respons Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Teks Prosedur Menggunakan Pendekatan Crt Berbantuan Aplikasi Canva Di Kelas Vii. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 520-527. https://doi.org/10.31943/bi.v10i2.1271

Annissa, A., & Wikarya, Y. (2022). Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 2(2), 90-94. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v2i2.307

Azhar, M., Wahyudi, H., & Yolanda, D. (2024). Integrasi teknologi dalam buku ajar: menyongsong keterampilan abad 21. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1).

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2021). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Darmawanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi melalui Media Canva dan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 66-72. https://doi.org/10.56916/jipi.v1i2.170

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). "Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling". American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Fauziah, N. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hanifah, N., & Sukartiningsih, W. (2024). Fenomena Media Kolaborasi Tiktok-Canva dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Kemampuan Menulis Teks Prosedur di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 349-359.

Ibrahim, N. W., Manoarfa , M., Ismail, M. F., & Irawan, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 5(2), 134–144. https://doi.org/10.54065/jld.5.2.2025.668

Imban, R. D. (2024). Implementasi Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 482-492.

Lubis, N. A., Saragih, R. M. B., & Matondang, K. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis Budaya Melayu dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 4(1), 08-15.

Mappasoro, M. I. A., & Ulinnuha, Z. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Membedakan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Flashcard . Jurnal Dieksis ID, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.216

Maulinda, T. N., Megawati, E., & Rafidah, F. (2024). Efektivitas Pengembangan E-Modul Interaktif Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur Berbasis Canva. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 486-493. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v8i3.19323

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Nugroho, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Canva Terhadap Belajar Menulis Teks Prosedur. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1238-1242. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2199

Rakhmanda, T. D., & Pranoto, A. (2025). Peningkatan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa dengan Metode PjBL (Project Based Learning) Melalui Media Canva pada Kelas IX-E SMP Negeri 13 Surabaya Tahun Ajaran 2025-2026. Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 86-92. https://doi.org/10.62354/jep.v2i1.39

Saqjuddin, S., & Saputra, E. E. (2025). Pengembangan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(2), 65-74. https://doi.org/10.54297/jpmd.v1i2.1210

Satrio, O., Harjono, H. S., & Wini, L. O. (2025). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa SMP dengan Pemanfaatan Media Visual. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 11(1), 767-774. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5311

Taufik, T. (2022). Penerapan Blanded Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis TIK. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.2.1.2022.109

Toma, A. A., & Reinita, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran canva berbasis model problem based learning di kelas iv sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 32(2), 162-177. https://doi.org/10.17977/um009v32i22023p162-177

Yanah, T., Sholeh, M., & Naufal, M. Z. (2024). Penerapan Model Multiliterasi Berbasis Media Canva Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas Vii SMPN 1 Sliyeg Tahun Ajaran 2024/2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 831-842. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19019

Published

2025-12-15

How to Cite

Fadia, N., Herlina, E., Saroni, S., & Komariah, K. (2025). Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Teks Prosedur dengan Media Canva pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Indramayu. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 2001–2011. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6109

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.