Hubungan Etos Kerja, Komitmen Kerja dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Banjarbaru
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5159Keywords:
Hubungan, Etos Kerja, Komitmen Kerja, Motivasi Berprestasi, Kinerja GuruAbstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di tingkat SMA, khususnya di Kota Banjarbaru. Guru memiliki peran yang sangat krusial dalam proses pendidikan, dan kualitas kinerja mereka dapat berdampak langsung pada pencapaian hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan etos kerja, komitmen kerja, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di Kota Banjarbaru sebanyak 153 orang, dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diolah melalui analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) Etos kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,320, (2) Komitmen kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,280, (3) Motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 0,350, (4) Etos kerja terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,310, (5) Komitmen kerja terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,340, (6) Etos kerja melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 0,180, (7) Komitmen kerja melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 0,210. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R Square untuk variabel kinerja guru adalah 0,680, yang berarti etos kerja, komitmen kerja, dan motivasi berprestasi secara simultan memengaruhi kinerja guru sebesar 68%, sedangkan sisanya sebesar 32% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Downloads
References
Abas, I., Bahri, S., & Rasyid, S. (2024). Hubungan kemampuan manajerial kepala sekolah, stres dan etos kerja terhadap komitmen guru. Hijri, 13(2), 149-168. http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v13i2.21019
Abdurahman, A., Zaharuddin, Z., & Pratikno, Y. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kinerja Guru (Di Sekolah Islam Terpadu SMPIT Assalam Curug (Kabupaten Tangerang). Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 4(04), 348-355. https://doi.org/10.54209/jasmien.v5i01.599
Aslindawati, A., Caska, C., & Mahdum, M. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kreativitas Guru Terhadap Kinerja Guru SD Se-Gugus I Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 5(2), 180-188.
Astuti, H., Rokhmat, J., & Sudirman, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.42
Bakir, A. H., & Setiawan, B. A. (2020). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 117-126. https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i2.3946
Citra, M., Acepudin, A., & Saputra, D. (2022). Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4652-4661. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3606
Dharma, E., Lie, D., Silalahi, M., Matondang, S., & Siregar, L. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Etos Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa Yang Dimediasi Oleh Kinerja Guru. Jurnal Darma Agung, 31(2). http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.3027
Diana, R., Kristiawan, M., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan dan kinerja guru terhadap mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 769-777. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1221
Gunawan, F. (2024). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Melalui Komunikasi Pada MAN 1 Sijunjung. Journal of Business and Market Innovations (JBMI), 1(1 Oktober), 20-36.
Hersanti, D. W., & Rahmatika, D. N. (2020). Analisis Pengaruh Quality of Work Life, Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 5(1).
Ingo, F., Arsyad, A., & Mas, S. R. (2022). Pengaruh Budaya Kerja, Komitmen Kerja, Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Berprestasi Guru Madrasah Se-Kabupaten Pohuwato. Normalita (Jurnal Pendidikan), 10(3).
Ismawantini, N. K. L., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 81-90. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2794
Kailola, L. G. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Kerja, Self Learning dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kota Depok, Jawa Barat. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(2), 61-70.
Kusnadi, K. (2024). Pengaruh Kompetensi Sosial, Iklim Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru di SLB Se-Kota Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 7(1), 156-165.
Monika, I. G. A., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Etos Kerja Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 138-147. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2801
Munjasari, D. N., & Izzati, U. A. (2021). Hubungan Antara Etos Kerja dengan Komitmen Organisasi Pada Guru SMK Swasta X. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4), 102-114. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i4.41149
Nirmalawati, N., Azhar, A., & Gimin, G. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Efikasi Diri terhadap Etos Kerja Guru Perempuan di SD Negeri Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Instructional Development Journal, 4(3), 299-305. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.19069
Rahino, R., Noor, M., & Andayani, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 7(1), 10-20. http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v7i1.2070
Sahabuddin, S. (2022). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan, Kompensasi Dan Kebijakan Karir Terhadap Motivasi Berprestasi Guru Sma Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 11(4), 335-353. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i4.3110
Satriani, F., Eddy, S., & Ahyani, N. (2023). Pengaruh Motivasi dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Program Sekolah Penggerak. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(1), 93-103. https://doi.org/10.31539/alignment.v6i1.5447
Sularno, M., Hamdi, Y., Gunawan, H. T., & Albar, M. A. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru dan Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 33 Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1489-1496. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3143
Turu, D. W. S., & Yunarti, B. S. (2022). Anteseden Dan Konsekuensi Keterlibatan Otoritas Gereja Dalam Seleksi Pada Peningkatan Motivasi Berprestasi Dan Kinerja Guru Pak Papua Selatan. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 17(2), 507-529. https://doi.org/10.34152/fe.17.2.507%20-%20529
Yudana, I. M., & Agung, A. A. G. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Etos Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 160-171. https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v12i2.407
Yusuf, A., & Elsandra, Y. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Oleh Motivasi Kerja di SMP Negeri 1 Rao. Ensiklopedia of Journal, 6(1), 137-146. https://doi.org/10.33559/eoj.v6i1.2001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.