Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6090Keywords:
Integrasi, Kecerdasan Buatan, Project Based Learning, Keterampilan Psikomotorik, Pembelajaran IPAAbstract
Konteks pendidikan guru sekolah dasar, keterampilan psikomotorik tetap menjadi aspek yang krusial psikomotorik tetap menjadi aspek yang krusial namun menantang, khususnya dalam implementasi praktis pembelajaran praktikum (IPA). Keterampilan ini penting untuk mendukung pemahaman konseptual melaui eksperimen langsung dan kegiatan praktik. Sementara itu, Integrasi Kecerdasa Buatan (AI) ke dalam pembelajaran berbasis proyek (PBL) telah menunjukkan potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, pemanfaatannya dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik siswa masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi calon guru sekolah dasar mengenai integrasi AI dalam PBL dalam mata kuliah pendidikan sains, dengan fokus pada pengembangan psikomotorik keterampilan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan 14 mahasiswa semester enam dari program PGMI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menganggap AI bermanfaat selama tahap perencanaan proyek, khususnya dalam pencarian informasi dan eksplorasi ide. Namun, perannya dalam meningkatkan keterampilan psikomotorik masih dianggap terbatas. Mahasiswa cenderung lebih mengandalkan pengalaman langsung, modul instruksional, dan bimbingan dosen untuk memperkuat kemampuan praktis. Oleh karena itu, integrasi AI dalam PBL harus diimbangi dengan keterlibatan fisik aktif untuk melestarikan aspek-aspek penting dari pembelajaran praktikum. Oleh karena itu, integrasi AI dalam PBL harus diimbangi dengan keterlibatan fisik aktif untuk melestarikan aspek-aspek penting dari pembelajaran sains. Penelitian ini menekankan bahwa praktik langsung dan fasilitasi dosen tetap menjadi elemen kunci dalam mengembangkan kompetensi psikomotori di kalangan calon guru sekolah dasar
Downloads
References
Alexandrowicz, V. (2024). Artificial Intelligence Integration in Teacher Education : Navigating Benefits , Challenges , and Transformative Pedagogy. 13(6), 346–364. https://doi.org/10.5539/jel.v13n6p346
Arianti, J., Oktaviani, M., Najdah T, N. T., & Sinambela, Y. P. P. (2024). Analisis Bibliometrik Publikasi Perkembangan Artificial Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 477–487. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.854
Astuti, I. A. D., Nursatyo, K. I., Hanafi, I., & ... (2023). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPA: Study Literature Review. … Physics: Journal of …, 5(1), 34–43.
Baskara, F. X. R., Winarti, E., & Prasetya, A. E. (2024). Peningkatan Efektivitas Project-Based Learning Melalui Integrasi Kecerdasan Buatan. Madaniya, 5(3), 904–918. https://doi.org/10.53696/27214834.863
Elektro, P. T., Teknik, F., & Medan, U. N. (2024). Studi Dampak Penerapan Teknologi Artificial Intelligence terhadap Pemahaman Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Medan. 2(December), 66–71. https://doi.org/10.5281/zenodo.14460756
Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(5), 107–116. https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580
Hidayah, R., Fajaroh, F., & Narestifuri, R. E. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning Pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 503–520. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1016
Isfathia N., Arfilia W, R. M. S. (2024). Keefektifan Model Project Based Learning (PJBL) Berbantu Media Konkret Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran Vol., 4(4), 430–442. https://doi.org/10.51878/educational.v4i4.3828
Khomsah, S. N., & Darmanto, E. (2024). Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence pada Siswa Sekolah Dasar. 7(0).
Kusmarni, Y., Santosa, A. B., & Winarti, M. (n.d.). Artificial Intelligence In Project-Based Learning as a Resource for Learning Local History In Bandung. 24(2024), 118–133.
Kyselova, O. (2024). Implementing Project-Based Learning Using Artificial Intelligence. Проблеми Сучасних Трансформацій. Серія: Педагогіка, 4. https://doi.org/10.54929/2786-9199-2024-4-06-02
Marcelina, S., Cahaya, S., Triana, Y., & Hartanto, T. J. (2024). Peningkatan Keterampilan Psikomotor dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Direct Instruction berbantuan Praktikum pada Materi Pengukuran. 8(3), 386–396.
Najwa, H. (2024). Efektivitas Penerapan Metode PjBL dengan Perangkat Lunak Sketchup dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Pada Mata Pelajaran APLIB. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(2), 256–262.
Patty, J., Que, S. R., & Ilmiah. (2023). Pemanfaatan artificial intelligence ( Ai ) dalam penulisan artikel ilmiah. Communnity Development Journal, 4(4), 9318–9322.
Rahardian, Rifky Lana, Trisna Rukhmana, Al-Ikhlas, Iriana Bakti, Anang Susilo, R. N. (2024). Efektivitas Penggunaan Ai Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Edu Research, 6(1), 37–48.
Ruiz Viruel, S., Sánchez Rivas, E., & Ruiz Palmero, J. (2025). The Role of Artificial Intelligence in Project-Based Learning: Teacher Perceptions and Pedagogical Implications. Education Sciences, 15(2). https://doi.org/10.3390/educsci15020150
Sahari, S. (2016). identifikasi kelemahan dan tantangan pada implementasi pembelajaran ipa terpadu di madrasasah ibtidaiyah serta usulan solusinya. 1–23.
Studi, J., Pengetahuan, I., Elfira, R., Islam, U., & Datokarama, N. (2024). Teknologi Artificial Intellegence dan Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu. 5(2), 213–223. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol5.Iss2.469
Sugiyono, L. (2020). Analisis Situasi Pembangunan Manusia di Jawa Tengah. Indonesian Journal of Applied Statistics, 3(1), 12. https://doi.org/10.13057/ijas.v3i1.39910
Taroreh, B. (2021). Analisis Tematik Data Kualitatif Pada Pengembangan Perangkat Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR). SNFKIP 2021: Pendidikan Bagi Masyarakat Di Daerah 3T, 17, 167–176.
Yulianti, R., Samsudin, A., & Mariam, S. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Lingkungan untuk Mengetahui Gambaran Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(1), 80–88.
Yuliantika, D. (2022). Implementasi Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam dalam Penguatan Kualitas Psikomotorik Siswa. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 12–22.
Zainuddin, A., Harahap, P., & Naldi, W. (2023). Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 601–614. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuyut Yuyut, Alif Hasanah, Darnanengsih Darnanengsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.