Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tema 2. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Model penelitian adalah model penelitian Eksperimen. Bentuk penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian adalah nonequivalent control group design. Popolasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN23 Menyumbung Sintang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan kelas IVA sebagai kelas kontrol 20 orang. Teknik sampling adalah PurposiveSampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, komunikasi langsung, pengukuran, dan Dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah Lembar Tes, validitas, reabilitas, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian: hasil observasi siswa kelas eksperimen rata-rata pertemuan pertama dan kedua 100% kriteria sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis pretest kelas eksperimen dan kontrol nilai Sig.(2-tailed) = 0,335> nilai α =0,05 artinya hipotesis ditolak. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2. Uji hipotesis posttest kelas eksperimen dan kontrol nilai Sig.(2-tailed) = 0,00< nilai α =0,05 artinya hipotesis diterima. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2. Uji hipotesis kelas eksperimen pretest dan postettst nilai Sig.(2-tailed) = 0,00 < nilai α =0,05 artinya hipotesis diterima. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2. Uji hipotesis kelas eksperimen pretest dan postettst diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,00 < nilai α =0,05 artinya hipotesis diterima. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2.
Downloads
References
Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Reneka Cipta
Daryanto (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta :Gava Media
Wedyawati, N., Setyawan, A. E, Dike, D., Lisa, Y., Wibowo, D. C. (2020). Design of Gamikar (Game Mitigasi Kebakaran) for High-Grade Elementary Student. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems.176-185.
Dores, O. J., Wibowo, D. C., Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). 242-254.
Sugiyono, S. (2016). Metode pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, S. (2011). Metode penelitian kombenasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwanda, S. (2011). Desain Eksperimen Untuk Prnrlitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta
Subekti, M. R. (2019). Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Shooting Bola Basket Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 73-86.
Subekti, M. R. (2018). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri UntukMeningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245
Wibowo, D. C., Deta, Y., Dores, O. J. (2020). Efektivitas Belajar Dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 228–241
Copyright (c) 2021 Muhammad Rian Subekti, Dwi Cahyadi Wibowo, Silvina Triani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.