Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2019/2020

  • Muhammad Rian Subekti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa Sintang
  • Dwi Cahyadi Wibowo Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa Sintang
  • Silvina Triani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa Sintang
Keywords: pendekatan saintifik, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tema 2. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Model penelitian adalah model penelitian Eksperimen. Bentuk penelitian adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian adalah nonequivalent control group design. Popolasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN23 Menyumbung Sintang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan kelas IVA sebagai kelas kontrol 20 orang. Teknik sampling adalah PurposiveSampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, komunikasi langsung, pengukuran, dan Dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah Lembar Tes, validitas, reabilitas, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian: hasil observasi siswa kelas eksperimen rata-rata pertemuan pertama dan kedua 100% kriteria sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis pretest kelas eksperimen dan kontrol nilai Sig.(2-tailed) = 0,335> nilai α =0,05 artinya hipotesis ditolak. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2. Uji hipotesis posttest kelas eksperimen dan kontrol nilai Sig.(2-tailed) = 0,00< nilai α =0,05 artinya hipotesis diterima. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2. Uji hipotesis kelas eksperimen pretest dan postettst nilai Sig.(2-tailed) = 0,00 < nilai α =0,05 artinya hipotesis diterima. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2. Uji hipotesis kelas eksperimen pretest dan postettst diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,00 < nilai α =0,05 artinya hipotesis diterima. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada pembelajaran Tema 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Reneka Cipta

Daryanto (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta :Gava Media

Wedyawati, N., Setyawan, A. E, Dike, D., Lisa, Y., Wibowo, D. C. (2020). Design of Gamikar (Game Mitigasi Kebakaran) for High-Grade Elementary Student. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems.176-185.

Dores, O. J., Wibowo, D. C., Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). 242-254.

Sugiyono, S. (2016). Metode pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, S. (2011). Metode penelitian kombenasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwanda, S. (2011). Desain Eksperimen Untuk Prnrlitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta

Subekti, M. R. (2019). Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Shooting Bola Basket Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 73-86.

Subekti, M. R. (2018). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri UntukMeningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245

Wibowo, D. C., Deta, Y., Dores, O. J. (2020). Efektivitas Belajar Dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 228–241

Published
23-03-2021
How to Cite
Subekti, M. R., Wibowo, D. C., & Triani, S. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 1 Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 39-48. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/493
Section
Regular Articles