Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Papan Pecahan Pada Materi Pecahan

  • Muhammad Syawal Rahman Universitas Negeri Gorontalo
  • Gamar Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Sakinah Aries Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Hasil Belajar, Media Papan Pecahan, Talking Stick

Abstract

Masalah pada penelitian ini, Apakah dengan model pembelajaran talking stick berbantuan media papan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas V di SDN 1 Limboto. Tujuan pada penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media papan pecahan pada materi pecahan Di Kelas V SDN 1 Limboto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes, observasi dan dokumentasi. Pada saat observasi awal kemampuan yang diperoleh siswa masih sangat rendah yakni hanya 13 orang siswa atau 62% yang mendapat ketuntasan belajar. Pada pelaksanaan penelitian Siklus I terjadi peningkatan yakni berjumlah 15 orang siswa atau 71%. Hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yakni 80%, sehingga penelitian akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya yakni Siklus II. Pada Siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa berjumlah 20 orang siswa atau 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media papan pecahan secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Limboto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, P. S., Sajida, A. H., Habibah, P. J. M., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6846

Afriliyani, R. D., & Permatasari, N. (2024). Implementasi Model Pbl (Problem Based Learning), Metode Bernyanyi Dan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 21-31. https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12613

Baid, N., Hulukati, E., Usman, K., & Zakiyah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2),164–172. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16342

Bruhn, S., & Lüken, M. M. (2023). A framework to characterize young school children’s individual mathematical creativity—an integrative review. Asian Journal for Mathematics Education, 2(1), 116–144. https://doi.org/10.1177/27527263231163267

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Leony Sanga Lamsari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73– 80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sukwatus Sujai, I. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329

Mulyani, D. S. A. M. S. D. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 23 Takku Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Global Journal Teaching Professional, 1, 192–206.

Nurlaela, E. S., Fikri, A., Rahmawati, A., Rahayu, E. B., Wirayudha, S., & Al- Anshori, A. M. (2023). Hakikat Penelitian Tindakan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 124–139.

Nugroho, E., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Media Papan Kebun Operasi Hitung Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1624-1630. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5472

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Paryshuri, K. P., Hariyani, S., & Rahaju, R. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Materi Statistik melalui Pembelajaran NHT Berbantuan Power Point. JIPMat, 7(1), 42-54. https://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.11717

Seika Ayuni, I. G. A. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Siregar, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 3(2), 100. https://doi.org/10.22373/biotik.v3i2.999

Sulistyowati, R., Wulandari, S. S., & Suratman, B. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Keahlian Bisnis Manajemen Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal ABDI, 4(1), 6. https://doi.org/10.26740/ja.v4n1.p6-11

Surnyadewi, E., & Ismaimuza, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Limit Fungsi Siswa Kelas Xi Ipa 2 SMA Negeri 6 Palu. Aksioma, 7(1), 100-115. https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.185

Yao, Y., Jia, S., & Cai, J. (2023). Beyond computation: Assessing in-service mathematics teachers’ conceptual understanding of fraction division through problem posing. Asian Journal for Mathematics Education, 2(4), 413–429. https://doi.org/10.1177/27527263231217826

Published
18-10-2024
How to Cite
Rahman, M. S., Abdullah, G., & Aries, N. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Papan Pecahan Pada Materi Pecahan . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1049-1058. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4322