Kemampuan Berpikir Kritis: Bagaimana Ketergantungan AI dan Cognitive Offloading menjadi Faktor yang Mempengaruhi dengan Diperkuat oleh Adversity Quotient

Authors

  • Umi Maghfiroh Universitas Negeri Semarang
  • Ratieh Widhiastuti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6738

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Artificial Intelligence, Cognitive Offloading

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah memahami dampak penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan cognitive offloading terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di era digital dan revolusi industri 4.0, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia. Pentingnya urgensi ini diperkuat oleh kebutuhan untuk mengungkap peran Adversity Quotient (AQ) sebagai variabel pemoderasi dalam interaksi kompleks antara teknologi, kognisi, dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh ketergantungan AI dan cognitive offloading terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan AQ sebagai variabel moderasi. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 121 mahasiswa Pendidikan Ekonomi FEB UNNES angkatan 2023–2024 sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode SEM-PLS menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa ketergantungan pada AI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (β = 0,348; t = 3,562; p = 0,000). Cognitive offloading tidak menunjukkan pengaruh signifikan (β = 0,022; t = 0,193; p = 0,847). AQ juga tidak berperan sebagai moderator pada hubungan AI maupun cognitive offloading dengan kemampuan berpikir kritis (β = -0,039; t = 0,259; p = 0,796) dan (β = -0,064; t = 0,437; p = 0,662). Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam pendidikan tidak melemahkan, melainkan justru meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kurikulum perlu disesuaikan agar dosen dapat merancang tugas yang menuntut pemikiran strategis dengan dukungan AI. Meskipun AQ tidak memoderasi pengaruh AI, penguatan karakter seperti kemandirian, resiliensi, dan ketahanan mental tetap diperlukan dalam proses pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Artanto, F., Fahlevi, R., & Ajeng Rachmayani, N. (2021). Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Pada Hubungan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk (Studi Kasus Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesia). Surya Informatika, 11(01), 42. https://doi.org/10.48144/suryainformatika.v11i1.1123

Amalia, P., Majid, H. A., & As, I. (2024). Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. 3, 26–31. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3134

Andi, A., & Ani, Y. (2019). Analisis Faktor Siswa Mengunakan M- Learning Dengan Metode Structural Partial Least Square. Inti Nusa Mandiri, 14(2), 133–138.

Anwar, A. S., & Siswanto, D. S. (2020). Pengaruh Differensiasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pendekatan Partial Least Square SEM SmartPLS. KarismaPro, 11(2), 58–73. https://doi.org/10.53675/karismapro.v2i2.108

Arifin, A., Magito, M., Perkasa, D. H., & Febrian, W. D. (2023). Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(01), 24–33. https://doi.org/10.59422/global.v1i01.130

Armansyah, M. Nurwahidin, S. et al. (2022). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 6(1), 77–86.

Bimantari, A. N., Ghofur, M. A., Ekonomika, F., & Surabaya, U. N. (2025). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan , Locus of Control Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Kewirausahaan Mahasiswa Dengan Pendekatan PLS-SEM. 4(2), 6631–6636.

Faisal, M. (2024). Dampak kecerdasan buatan (AI) terhadap pola pikir cerdas mahasiswa di Pontianak. https://doi.org/10.37010/nuc.v5i1.1684

Firdaus, J. A., Ummah, R. I., Aprialini, R. R., & Faizin, A. (2025). Ketergantungan Penggunaan Kecerdasan Buatan ( AI ) pada Tugas Akademik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. 14(1), 1203–1214. https://doi.org/10.58230/27454312.1634

Fridayani, J. A., Riastuti, A., & Jehamu, M. A. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Journal of Business Management Education |, 7(3), 1–8. https://doi.org/10.17509/jbme.v7i3.51324

Furadantin, N. R. (2018). Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018. Academia (Accelerating the World’s Research), 2.

Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.373

Gerlich, M. (2025). AI Tools in Society: Impacts on Cognitive Offloading and the Future of Critical Thinking. Societies, 15(1), 1–28. https://doi.org/10.3390/soc15010006

Naini, A. N., Sudirman, A. A., Rokani, M., & Ishak, I. D. (2025). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di TK Damhil Kota Gorontalo. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 641-651. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.2045

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLs. Jangan Belajar, 1(was), 1–4.

Kamil, I., Miranda, T., & Setiawan, A. R. (2025). Pengaruh Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Terhadap Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. JEDBUS (Journal of Economic and Digital Business), 2(1), 33-41.

Magdalena, M., & Sanoto, H. (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 4(4), 3270–3278.

Malik, P. (2020). Cognitive offloading an emerging concept: A review study. International Journal of Home Science, 6(2), 80–84.

Meyerhoff, H. S., Grinschgl, S., Papenmeier, F., & Gilbert, S. J. (2021). Individual differences in cognitive offloading: a comparison of intention offloading, pattern copy, and short-term memory capacity. Cognitive Research: Principles and Implications, 6(1). https://doi.org/10.1186/s41235-021-00298-x

Morrison, A. B., & Richmond, L. L. (2020). Offloading items from memory: individual differences in cognitive offloading in a short-term memory task. Cognitive Research: Principles and Implications, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s41235-019-0201-4

Mulyani, S., Tazliqoh, A. Z., & Ekawaty, N. (2025). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja (Studi Kasus pada Lulusan Tahun 2023 dan 2024 di SMK Negeri 1 Cikampek). Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 6289–6302. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i3.19608

Norpin, N., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(1), 444–448. https://doi.org/10.56338/jks.v7i1.4896

Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja Di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38–52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519

NYani Suryani, C. E. (2023). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kompetensi Sebagi Variabel Intevening Pada PT. Sisir Katarindo Kabupaten Bekas. Aleph, 87(1,2), 149–200.

Rachmawati, D. A., Muhtarom, A., Cahyano Puguh, & Yaskun Mohammad. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Promosi, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepuasan Konsumen pada UMKM Kabupaten Lamongan (Metode Structural Equation Modelling (SEM)- Partial Least Square (PLS)). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 8(1), 33–39.

Sada Harahap, K., Sumartini, & Sthevany. (2023). Study Of Quality Control Of Tuna Loin Precooked Frozen Products Using The Likert Scale Method In Tuna Freezing Company X. Aurelia Journal, 5(1), 29–8.

Sayyida, S. (2023). Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Smartpls Dalam Menyelesaiakan Permasalahan Di Bidang Ekonomi. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 4(1), 6–13. https://doi.org/10.24929/missy.v4i1.2610

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Tonra, W. S., & Ishak, H. (2019). Pengurangan Beban Kognitif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Numeracy, 6(1), 111–121.

Wulandari, P. A. A., & Bagia, I. W. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pada Pegawai Puskesmas. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 251. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i2.28701

Yusuf, M. (2022). Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, dan Persepsi Risiko terhadap Niat Beli Motor Listrik menggunakan Metode SEM - PLS. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 6(2), 241–248. https://doi.org/10.33379/gtech.v6i2.1685

Zen Anwar Saeful Basyari, M. H. M. (2024). Peran dan Dampak Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(3), 462–481. https://doi.org/10.70287/epistemic.v4i1.78.

Published

2025-09-14

How to Cite

Maghfiroh, U., & Widhiastuti, R. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis: Bagaimana Ketergantungan AI dan Cognitive Offloading menjadi Faktor yang Mempengaruhi dengan Diperkuat oleh Adversity Quotient. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1464–1478. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6738

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.