Pengaruh Partisipasi Aktif Orangtua dan Penguasaan Konsep Kognitif Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

  • Norma Pravitasari Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Partisipasi Aktif Orangtua, Penguasaan Konsep Kognitif, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel diambil sebanyak 67 orang siswa dengan teknik Proporsional Cluster Random Sampling dari SMA di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) Ada pengaruh langsung penguasaan konsep kognitif matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 3) Ada pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap penguasaan konsep kognitif matematika. 4) Ada pengaruh tidak langsung antara partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penguasaan konsep kognitif matematika. Implikasi penelitian, bahwa dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa perlu dilakukan peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan konsep kognitif. Baik orangtua, guru, komponen sekolah perlu memberikan perhatian dan dorongan terhadap siswa di sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Batang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aisyah, T. S. (2008). Penerapan Strategi Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNPAS.

Budiyono. (2007). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penilaian Yang Efektif. Didownload di http://www.uns.ac.id/cp/penelitian.php

Filsaime, K. D. (2007). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kosim, M. (2007). Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. (2008). Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo. U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagimana Mengembangkan Pada Peserta Didik, Makalah.

Published
17-08-2020
How to Cite
Pravitasari, N. (2020). Pengaruh Partisipasi Aktif Orangtua dan Penguasaan Konsep Kognitif Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 206-211. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.308
Section
Regular Articles