Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Chatgpt dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6796Keywords:
Pengaruh, Artificial Intelligence, Chatgpt, Kemandirian Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pemanfaatan teknologi digital, khususnya artificial intelligence ChatGPT, serta kemandirian belajar yang berpotensi meningkatkan motivasi belajar siswa, yang merupakan faktor kunci keberhasilan pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan penggunaan ChatGPT dan kemandirian belajar secara parsial maupun simultan terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian terdiri dari 144 siswa kelas X-1 sampai X-4, dengan sampel 100 siswa yang ditentukan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Data dikumpulkan melalui angket untuk masing-masing variabel, dan instrumen diuji validitas serta reliabilitasnya. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, linearitas), uji hipotesis parsial (t-test), dan uji hipotesis simultan (F-test).Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan ChatGPT berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (t = 4,56; p < 0,05), (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (t = 5,12; p < 0,05), dan (3) Penggunaan ChatGPT dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar (F = 18,45; p < 0,05; R² = 0,42).Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan ChatGPT dan kemandirian belajar secara parsial maupun simultan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo.
Downloads
References
Afid, A. A., Nuvitalia, D., & Sanjaya, D. (2024). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 121–127. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.445
Anggaraini, F. D. P., Aprianti, Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2018). Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i1.2453
Ardelia, D., Caska, R., & Henny, C. (2025). Dampak Artificial Intelligence terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi. 4(1), 814–822.
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.
Firdaus Umar, A. F., Yusuf, A., Amini, A. R., & Alhadi, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(2), 121–133. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20670
Firjatullah, J., Swaramarinda, D. R., & Febriantina, S. (2025). The Influence of Artificial Intelligence (Cici AI Application), Learning Independence, and Learning Environment on Office Technology Learning Outcomes: Pengaruh Penggunaan Kecerdasan Buatan (Aplikasi Cici AI), Kemandirian Belajar, dan Lingkungan Belajar t. RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies, 6(3), 222–234. https://doi.org/https://doi.org/10.52187/rdt.v6i3.354
Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper (SENAPAN), 3(1), 83–91. https://doi.org/10.33005/senapan.v3i1.288
Ilmaknun, L., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 416–423. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1401
Kusworo, K., Goreta, G., Hanafi, I., Djoko Susanto, T. T., & Astuti, I. A. D. (2024). Chat GPT sebagai Era Baru dalam Transformasi Pembelajaran: Systematic Literature Review. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 480. https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.17991
Muhammad Nur Rachman Nidhi Suryono, Rommy Esvaldo Bhagaskara, Muhammad Aldi Pratama, & Arista Pratama. (2023). Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Produktivitas Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 364–373. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.511
Nelliraharti. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Journal of Education Science (JES), 10(1), 139. https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3993
Nita, S., Sussolaikah, K., & Aldida, J. D. (2023). The Role of Artificial Intelligence-Based Technology with ChatGPT as an Educational Learning Media Innovation in Indonesia. International Journal of Multidisciplinary Sciences and Arts, 2(2), 235–241. https://doi.org/10.47709/ijmdsa.v2i2.3333
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730
Nurdiana, A., & Caswita, C. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Trigonometri Berdasarkan Prestasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 315–325. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2548
Prambudi, A. R., & Sinaga, F. M. (2024). Penggunaan ChatGPT sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. JICN - Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 9853–9860. https://doi.org/https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1788
Rahman, R., & Fuad, M. (2024). Peran Motivasi Dan Displin Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(2), 172–180. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.122
Salmi, J., & Setiyanti, A. A. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 399–406. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233
Sarkum. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smkn Ti Iklasiyah Dumai. Jurnal Tafidu, 1(1), 265–272. https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.202
sholehah, C. A., Islam, M. H., & Solihin, M. (2025). Implementation of Artificial Intelligence-Based Adaptive Learning Technology in Islamic Religious Education Subjects at SMK Negeri 2 Kraksaan Implementasi Teknologi Pembelajaran Adaptif Berbasis Artificial Intelligence pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 436–448. https://doi.org/https://doi.org/10.55583/jkip.v6i2.1359
Utami, D. S., Putri, S. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pentingnya Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2071–2082. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.557
Wahab, G. A., & Rahmah, H. (2025). Implementasi nilai-nilai moral etik melalui pembelajaran pedagogi dengan pendekatan artificial intelligence dalam membentuk karakter peserta didik. Indonesian Journal of Humanities and Social Science, 6(2), 371–386. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ijhass.v6i2.7428
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bayu Cahya Satria, Cahyo Apri Setiaji, Lukman Fadhiliya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







