Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama pada Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo

  • Hamriati Sahruddin SMP Negeri 3 Palopo
Keywords: diskusi, keputusan bersama, pembelajaran PKn

Abstract

Upaya peningkatan Pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama bertolak dari kenyataan di lapangan dan hasil wawancara dengan guru PKn sekaligus guru kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Penguasaan materi oleh siswa masih sangat kurang, dibuktikan nilai awal yang didapat murid sebelum penelitian adalah 20 % murid memperoleh ketuntasan belajar. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini difokuskan pada mata PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam dua sub pokok bahasan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metode diskusi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam konsep tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metod diskusi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini di susun dengan satuan siklus secara berdaur ulang berulang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi yang terdiri dari enam tahap yaitu (1) tahap pembangkitan semangat belajar, (2) tahap pambagian kelompok, (3) tahap ekplorasi dengan bertukar pikiran antar sesama murid dan guru, (4) tahap mengaitkan pembelajaran dengan realitas kenyataan lingkungan murid, (5) tahap kesimpulan, dan (6) tahap penilaian. Akan dapat meningkatkan kemampuan pada bidang studi PKn, konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam dua sub pokok bahasan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas Murid kelas VII SMP Negeri 3 Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Permata Insan Madani.

Muslich, M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rumiati, (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grahindo Persada.

Samira, (2008). Peranan Pembelajaran PKn Dalam Meningkatkan Moral Murid di SMP, Makassar: Universitas Negeri Makassar

Zarkasi, F. (2009). Belajar Cepat dengan Diskusi. Surabaya: Indah Surabaya.

Published
22-05-2019
How to Cite
Sahruddin, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama pada Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 91-105. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1361
Section
Regular Articles