Studi Perbandingan Prestasi Siswa SD Dengan MI Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 4 Palembang

  • Aditya Selfina UIN Raden Fatah Palembang
  • Fuaddilah Ali Sofyan UIN Raden Fatah Palembang
Keywords: perbandingan, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII yang berlatar belakang SD dan MI serta untuk mengetahui perbandingan nilai atau prestasi hasil belajar anak SD dan MI pada mata pelajaran matematika yang dilakukan di SMP Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif (membandingkan). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palembang pada semester ganjil 2019/2020 yang berjumlah 312 siswa. Sampel yang dipilih adalah siswa SD diambil secara propostional random sampling, sedangkan anak MI dipilih secara probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil raport siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan SPSS Versi 16 (uji t) dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar matematika pada siswa yang berlatar belakang SD di SMP Negeri 4 Palembang adalah 83,41, (2) Rata-rata hasil belajar matematika pada siswa yang berlatar belakang MI di SMP Negeri 4 Palembang adalah 82,90, (3) Dari hasil analisis uji t atau T-test menyatakan tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa yang berlatar belakang  SD maupun MI, walaupun terdapat sedikit selisih dalam nilai yang diperoleh siswa yang berlatar belakang SD dengan MI, namun itu bukanlah selisih yang membedakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hellen, A. (2003). Bimbingan dan Konswling. Jakarta: Quantum Teaching.

Sudijono, A. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anwar, C. (2017). Teori-teori Pendidikan. Jakarta:IRCiSoD.

Dara, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Media Internet dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Fauzan, A. (2016). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Disiplin Kerja Guru. Jurnal. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tilaar, H. A. R. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Humaira, S. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerangka Manusia melaui Media Kerangka Manusia dan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Lampuneurut Aceh Besar. Jurnal Universitas Syiah Kuala.

Hajar, I. (1996). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hajar, I. (1996). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anggoro, M. T. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media.

Muhibbin, S. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundari, N. (2008). Perbandingan Prestasi Belajar antara Siswa Sekolah Dasar Unggulan dan Siswa Sekolah Dasar Non-Unggulan di Kabupaten Serang. Jurnal.

Noor Komari, P. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan,Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal. Universitas Indraprasta PGRI.

Nurmiana & Suhaibah. (2017). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan Sekolah Dasar (SD) Dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam Tapaktuan.

Hardinata, P. D. (2018). Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa antara lulusan Madrasah Aliyah dan lulusan Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan.

Rohmalia, W. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Ronny, K. (2007). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.

Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. (2002). Metode Statiska. Bandung:Tarsio.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Yatim, R. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: UNESA University Press.

Published
17-08-2020
How to Cite
Selfina, A., & Sofyan, F. A. (2020). Studi Perbandingan Prestasi Siswa SD Dengan MI Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 4 Palembang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 174-182. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.294
Section
Regular Articles