Studi Perbandingan Prestasi Siswa SD Dengan MI Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 4 Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII yang berlatar belakang SD dan MI serta untuk mengetahui perbandingan nilai atau prestasi hasil belajar anak SD dan MI pada mata pelajaran matematika yang dilakukan di SMP Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif (membandingkan). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palembang pada semester ganjil 2019/2020 yang berjumlah 312 siswa. Sampel yang dipilih adalah siswa SD diambil secara propostional random sampling, sedangkan anak MI dipilih secara probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil raport siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan SPSS Versi 16 (uji t) dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar matematika pada siswa yang berlatar belakang SD di SMP Negeri 4 Palembang adalah 83,41, (2) Rata-rata hasil belajar matematika pada siswa yang berlatar belakang MI di SMP Negeri 4 Palembang adalah 82,90, (3) Dari hasil analisis uji t atau T-test menyatakan tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa yang berlatar belakang SD maupun MI, walaupun terdapat sedikit selisih dalam nilai yang diperoleh siswa yang berlatar belakang SD dengan MI, namun itu bukanlah selisih yang membedakan.
Downloads
References
Hellen, A. (2003). Bimbingan dan Konswling. Jakarta: Quantum Teaching.
Sudijono, A. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anwar, C. (2017). Teori-teori Pendidikan. Jakarta:IRCiSoD.
Dara, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Media Internet dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Fauzan, A. (2016). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Disiplin Kerja Guru. Jurnal. Universitas Pendidikan Indonesia.
Tilaar, H. A. R. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Humaira, S. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerangka Manusia melaui Media Kerangka Manusia dan Media Gambar Siswa Kelas IV SDN Lampuneurut Aceh Besar. Jurnal Universitas Syiah Kuala.
Hajar, I. (1996). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hajar, I. (1996). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggoro, M. T. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media.
Muhibbin, S. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sundari, N. (2008). Perbandingan Prestasi Belajar antara Siswa Sekolah Dasar Unggulan dan Siswa Sekolah Dasar Non-Unggulan di Kabupaten Serang. Jurnal.
Noor Komari, P. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan,Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal. Universitas Indraprasta PGRI.
Nurmiana & Suhaibah. (2017). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan Sekolah Dasar (SD) Dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam Tapaktuan.
Hardinata, P. D. (2018). Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa antara lulusan Madrasah Aliyah dan lulusan Sekolah Umum. Jurnal Pendidikan.
Rohmalia, W. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Ronny, K. (2007). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.
Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana. (2002). Metode Statiska. Bandung:Tarsio.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Yatim, R. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: UNESA University Press.
Copyright (c) 2020 Aditya Selfina, Fuaddilah Ali Sofyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.