Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran CIRC pada Siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 3 Palopo

  • Abdul Halim SMA Negeri 3 Palopo
Keywords: Hasil Belajar Matematika, CIRC, PTK

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika yang diajar  melalui model  pembelajaran  CIRC (Cooperative, Integrated, reading and Composition) Pada Siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 3 Palopo semester genap  tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 30 siswa. Pelaksanaan tindakan ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dengan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes pada setiap akhir siklus dan lembaran observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh dari analisis kuantitatif  yaitu skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 63,87 berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 14,67 dari skor ideal 100, skor maksimum 80 dan skor minimum 30. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar  matematika siswa yaitu 77 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 5,74. Dari skor ideal 100,  skor maksimum 85 dan skor minimum 60. Sedangkan analisis secara kualitatif, terjadi perubahan perilaku siswa yang mengalami peningkatan  yang ditunjukkan oleh frekuensi kehadiran dengan persentase  pada siklus I hanya 94,17 % dan pada siklus II meningkat menjadi 96,67 % terjadi pula  peningkatan perhatian, minat dan motivasi siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan oleh guru, hal ini ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah siswa yang mampu menyelesaikan soal-soal matematika, menjawab pertanyaan secara lisan, bertanya tentang materi yang telah dibahas, serta berkurangnya siswa yang melakukan kegiatan lain pada saat proses belajar mengajar berlangsung.  Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 3 Palopo  mengalami  peningkatan  setelah diberikan tindakan melalui model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, reading and Composition), walaupun secara klasikal ketuntasan belajar tidak mencapai 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

B. S. N. P. (2007). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD (SD/MI/SDLB). Depdiknas, Jakarta.

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019, October). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).

Hamalik, U. (2009) Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129.

Slavin, R, E. (2009). CooporativeLlearning (teori, riset dan praktik). Bandung: Nusamedia.

Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirodikromo, S. (2007) Matematika SMA Kelas XI Program Ilmu alam. Jakarta: Erlangga.

Yulianni. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Nembered Heads Together (NHT) pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kajang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar. Tidak diterbitkan

Yulianni, (2009) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Pada Materi Listrik Dinamis. Tidak diterbitkan.

Published
27-08-2020
How to Cite
Halim, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran CIRC pada Siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 310-318. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.313
Section
Regular Articles