Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia
Abstract
Corona Virus yang dinyatakan sebagai pandemi sejak awal tahun 2020 menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah sistem daring atau e-learning pada semua tingkatan pendidikan. SMA Negeri 1 Palopo Merupakan salah satu sekolah yang menerapkan sistem tersebut khususnya pada Mata Pelajaran Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan harapan siswa SMA Negeri 1 Palopo dalam pembelajaran daring mata pelajaran Kimia. Penelitian dilakukan pendekatan ex post facto, dengan metode pengumpulan data menggunakan angket Skala Likert yang disebarkan secara online melalui Google Form dan WhatsApp group setiap kelas. Data dari 61 siswa yang mengisi kuesioner kemudian diolah dengan aplikasi SPSS 23. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara persepsi dan harapan siswa dalam pembelajaran Mata Pelajaran Kimia sistem daring di SMA Negeri 1 Palopo selama masa pandemi Covid-19.
Downloads
References
Adila, K., & Harisah, Y. (2020). Persepsi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 401–406.
Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasisis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. https://doi.org/10.1051/matecconf/20152805003
Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (Issue December 2019). Universitas terbuka.
Butarbutar, F. T. S., & Haryanto, Y. (2017). Kajian Signifikansi Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan e-Learning Pada Siswa SMK Global Informatika Tangerang. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi). https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.13 DOI: https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.13
COL. (2020). Guidelines on Distance Education during COVID-19. COMMONWEALTH OF LEARNING.
Hartley, D. E. (2001). Selling E Learning. Hartley, DAmerican Society for Training and Development.
Horton, W. (2001). Leading e-learning. American Society for Training and Development.
Isman, A., Gazi, Z. A., & Aksal, F. A. (2004). Students’ Perceptions of Online Learning. Nurse Educator, 29(3), 111–115. https://doi.org/10.1097/00006223-200405000-00009 DOI: https://doi.org/10.1097/00006223-200405000-00009
Leavitt, H. J., & Zarkasi, M. (1992). Psikologi manajemen: sebuah pengantar bagi individu, dan kelompok di dalam organisasi. Erlangga.
Nazarwaty, N. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 2 MAN 1 BANJARMASIN. Jurnal Socius. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v6i1.3352 DOI: https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v6i1.3352
Riduwan & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. In Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cetakan kedua. Alfabeta. https://doi.org/10.1007/978-3-662-49054-9_2900-1
Rimawati, E., & Harjanto, S. (2016). Pengaruh persepsi guru smp terhadap minat memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, 71–83. DOI: https://doi.org/10.30646/sinus.v15i1.263
Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. PT Elex Media Komputindo.
Rumapea, S. A., & Surendro, K. (2007). Perencanaan Arsitektur Enterprise Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Usulan Dinas Perizinan). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI).
Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Pendidikan. In Statistika Untuk Penelitian.
Tatang, S. (2012). Ilmu Pendidikan. CV Pustaka Setia.
Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran. Bumi Aksara.
Wati, L. N. (2018). Metodologi Penelitian Terapan: Aplikasi SPSS, Eviews, Smart PLS, dan Amos (Kedua (ed.)). Pustaka Amri.
Copyright (c) 2020 Ria Irawati, Rustan Santaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.