Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia

  • Ria Irawati SMA Negeri 1 Palopo
  • Rustan Santaria Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo
Keywords: Covid-19, e-learning, persepsi, remote learning

Abstract

Corona Virus yang dinyatakan sebagai pandemi sejak awal tahun 2020 menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah sistem daring atau e-learning pada semua tingkatan pendidikan. SMA Negeri 1 Palopo Merupakan salah satu sekolah yang menerapkan sistem tersebut khususnya pada Mata Pelajaran Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan harapan siswa SMA Negeri 1 Palopo dalam pembelajaran daring mata pelajaran Kimia. Penelitian dilakukan pendekatan ex post facto, dengan metode pengumpulan data menggunakan angket Skala Likert yang disebarkan secara online melalui Google Form dan WhatsApp group setiap kelas. Data dari 61 siswa yang mengisi kuesioner kemudian diolah dengan aplikasi SPSS 23. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara persepsi dan harapan siswa dalam pembelajaran Mata Pelajaran Kimia sistem daring di SMA Negeri 1 Palopo selama masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adila, K., & Harisah, Y. (2020). Persepsi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online pada Pelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 401–406.

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasisis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. https://doi.org/10.1051/matecconf/20152805003

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (Issue December 2019). Universitas terbuka.

Butarbutar, F. T. S., & Haryanto, Y. (2017). Kajian Signifikansi Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan e-Learning Pada Siswa SMK Global Informatika Tangerang. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi). https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.13

COL. (2020). Guidelines on Distance Education during COVID-19. COMMONWEALTH OF LEARNING.

Hartley, D. E. (2001). Selling E Learning. Hartley, DAmerican Society for Training and Development.

Horton, W. (2001). Leading e-learning. American Society for Training and Development.

Isman, A., Gazi, Z. A., & Aksal, F. A. (2004). Students’ Perceptions of Online Learning. Nurse Educator, 29(3), 111–115. https://doi.org/10.1097/00006223-200405000-00009

Leavitt, H. J., & Zarkasi, M. (1992). Psikologi manajemen: sebuah pengantar bagi individu, dan kelompok di dalam organisasi. Erlangga.

Nazarwaty, N. (2017). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 2 MAN 1 BANJARMASIN. Jurnal Socius. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v6i1.3352

Riduwan & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. In Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cetakan kedua. Alfabeta. https://doi.org/10.1007/978-3-662-49054-9_2900-1

Rimawati, E., & Harjanto, S. (2016). Pengaruh persepsi guru smp terhadap minat memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, 71–83.

Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. PT Elex Media Komputindo.

Rumapea, S. A., & Surendro, K. (2007). Perencanaan Arsitektur Enterprise Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Usulan Dinas Perizinan). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI).

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Pendidikan. In Statistika Untuk Penelitian.

Tatang, S. (2012). Ilmu Pendidikan. CV Pustaka Setia.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran. Bumi Aksara.

Wati, L. N. (2018). Metodologi Penelitian Terapan: Aplikasi SPSS, Eviews, Smart PLS, dan Amos (Kedua (ed.)). Pustaka Amri.

Published
23-08-2020
How to Cite
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286
Section
Regular Articles